Hubungan Panjang Berat Cumi-Cumi (Doryteuthis Gahi) Dan Faktor Kondisi Di PPi Ujong Baroeh Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat

Heriansyah Heriansyah, Ahmad Basirin

Abstract


Indonesia memiliki wilayah pesisir dan lautan yang cukup luas dan berpotensi besar dalam sumber daya perikanan kelas Cephalopoda (cumi-cumi), yaitu salah satu kelompok binatang lunak yang tidak bertulang belakang (invertebrata). Perairan Indonesia memiliki potensi sumber daya perairan laut yang cukup besar, diantaranya adalah ikan pelagis, kerang, udang, lobster dan cumi-cumi. Kontribusi cumi-cumi sangat sedikit dibandingkan dengan produksi total perikanan Indonesia yaitu hanya 0,8%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan panjang berat serta dapat mengetahui pola pertumbuhan dan faktor kondisi cumi-cumi Doryteuthis gahi ) yang didaratkan di PPI Ujong Baroeh Kecamatan Johan Pahlawan. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan dimulai dari bulan Januari - Maret 2022. Berlokasi di PPI Ujong Baroeh Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang dalam pelaksanaanya dilakukan melalui teknik survei yaitu melakukan kegiatan pengamatan secara langsung dilapangan dengan bertanya terhadap nelayan. Pola pertumbuhan cumi-cumi Doryteuthis gahi yang didaratkan di PPI Ujong Baroeh tergolong allometrik negatif dengan nilai b = 1,298 yang pertumbuhan panjang lebih cepat dibanding dengan berat. Nilai faktor kondisi cumi-cumi (Doryteuthis gahi ) rata- rata 1,02 yang didaratkan di PPI Ujong Baroeh bentuk tubuh termasuk kurus dan kecil berdasarkan selama pengamatan penelitian yang dilakukan di PPI Ujong Baroeh. 


References


Adisti. 2010. Kajian biologi reproduksi ikan tembang (Sardinella maderensis Lowe, 1838) di perairan Teluk Jakarta yang didaratkan di PPP Muara Angke, Jakarta Utara [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Diana, F. Mahjali,S, Edwarsyah, Rozi, A. 2010. Rumpon Reef Piramit Sebagai Ekosistem Baru Biota Laut. Jurnal Ilmiah Pembangunan Aceh.

Effendie, I, M. 2002. Biologi perikanan.Yayasan Pustaka Nusantara. Bogor. 163. Effendie MI. 2002. Biologi Perikanan. Yogyakarta (ID): Yayasan Pustaka Nusantara.

Ecoutine et al 2005. Pendugaan koefisien pertumbuhan (L∞, K, t0) berdasarkan data frekuensi panjang. Jurnal Ilmu-ilmu Perairan dan Perikanan Indonesia. 4(1): 75-84.

Hadi, S. 2004. Metodologi Research. Andi offset. Yogyakarta. 336 hlm

Kastawi . 2003. Beberapa aspek biologi cumicumi jamak (Loligo Duvaucelli). Jawa barat.

Muchlisin, Z.A., Muhadjier, A., Zulkarnaini., Purnawan, S., Cheng, S.H., & Setiawan, I., 2014. Hubungan Panjang Berat dan Faktor Kondisi Tiga Spesies Cumi Hasil Tangkapan Nelayan di Perairan Laut Aceh Bagian Utara. Jurnal Ilmu-Ilmu Hayati Dan Fisik. 16(2):72–77.

Mulyono et al. 2017. Biologi laut. Djambatan. Jakarta. 540 hal.

Mohamed, S.K., and G.S. Rao. 2014. Seasonal Growth, Stock Recruitment and Prediction of Yield of Indian Squid Loligo Duracell (d’Orbigny) Exploited from Karnataka Coastal Indian Journal Fisheries. 44: 25 – 41.

Nuzapril, 2014. Karakteristik Pertumbuhan Cumi Kuping (Euprymna morsei, Verrill) yang didaratkan di PPI Tambaklarok, Semarang. Vol :3.

Omar, A. 2002. Biologi reproduksi cumi-cumi (Sepioteuthis lessoniana Lesson, 1830). Thesis Program Pascasarjana, Bogor: Institut Pertanian Bogor (IPB).

Prima dan R. Puspari. 2011. Model Produksi dan laju Tangkap Kapal bouke yang Berbasis di PPN Kejawanan.

Sarwojo. 2012. Serba-serbi Dunia Molusca.http://budidayanews.blogsp ot.com. Diakses pada Tanggal 22 oktober 2012.

Pelu. 2012. Beberapa Karakteristik Biologi Cumi-cumi (Squids) Lonawarta. Balai Penelitian dan penembangan sumber daya laut Ambon. Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.35308/jaas.v6i2.7486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal of Aceh Aquatic Sciences

Jurnal Of Aceh Aquatic Sciences were published by Department of Aquatic Resources, Faculty of Fisheries and Marine Science, Teuku Umar University
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat,Aceh 23681, Indonesia
Contact Person/WA : +6285277554546 | +6282312486563