Hubungan Panjang-Berat Ikan Lumi-lumi (Harpadon nehereus) yang Didaratkan di Tempat Pelelangan Ikan Kuala Tuha, Nagan Raya, Provinsi Aceh

Anita Anita, Rika Astuti, Arif Nasution

Abstract


Ikan lumi-lumi (Harpadon nehereus) merupakan jenis ikan yang lembek dan memiliki nilai ekonomis cukup tinggi untuk dapat dimanfaatkan secara lestari dan berkelanjutan. Penelitian mengenai hubungan panjang-berat ikan lumilumi yang didaratkan di Tempat Pelelangan Ikan Kuala Tuha, telah dilakukan pada bulan Maret sampai bulan April 2021. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan panjang-berat dan faktor kondisi ikan lumilumi (Harpadon nehereus) yang didaratkan di Tempat Pelelangan Ikan Kuala Tuha, Nagan Raya. Pengambilan sampel ikan lumi-lumi diperoleh dengan cara mendatangi setiap nelayam yang menangkap ikan lumi-lumi di TPI Kuala Tuha, Nagan Raya. Ikan yang diperoleh dihitung jumlahnya, di ukur panjang total dengan menggunakan mistar ukur, ditimbang berat ikan dengan menggunakan timbangan elektrik. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan selama dilapangan jumlah hasil tangkapan ikan lumi-lumi adalah 67 ekor, dimana untuk jantan ada 23 ekor, dan betina berjumlah 44 ekor. Berdasarkan hasil pengukuran panjang-berat ikan lumi-lumi (Harpadon nehereus), maka dapat diasumsikan bahwa pola pertumbuhan ikan lumi-lumi dengan jenis kelamin jantan menunjukkan bahwa pola pertumbuhan bersifat issometrik, artinya pola pertumbuhan panjang sama dengan pola pertumbuhan berat ikan lumilumi. Sedangkan jenis kelamin betina memiliki pola pertumbuhan yang bersifat allometrik negatif, artinya pertambahan panjang tubuh ikan lumi-lumi lebih cepat dari pada pertambahan berat tubuh ikan lumi-lumi. Berdasarkan hasil analisis faktor kondisi menunjukkan keadaan ikan lumi-lumi termasuk kategori golongan ikan kurang pipih (kurus). Hal ini disebabkan karena faktor sebaran ikan lumi-lumi yang berbeda-beda, dan variasi ukuran panjang-berat yang ditemukan selama penelitian dilapangan.

Full Text:

PDF

References


Affandi R &Tang U.M. 2002. FisiologiHewan Air. Pekanbaru. Unri Press. 217p.

Bailly, N. 2010. Harpodon translucens Saville-Kent, 1889. FishBase. Accessed through: World Register of Marine Species at.

Effendie M.I. 2002 Biologi Perikanan. Yayasan Pustaka Nusatama, Yogyakarta.157 hlm.

Effendie, M. I. (1997). Biologi perikanan. Yayasan Pustaka Nusatama. Yogyakarta.

Fahmi. (2001). Reproduksi Ikan Laut Tropis. Oseana, Volume XXVI, No. 2. Hal. 17 – 24.

Hasnila, M. (2014). Identifikasi Hasil Tangkapan Utama Nelayan di TPI Kuala Tadu Kabupaten Nagan Raya. Aceh Barat: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Teuku Umar. Aceh Barat.

Irfan, M, et al., 2013. Hubungan Pertumbuhan dengan Fekunditas Harpodon nehereus yang berasal dari Perairan Juata Laut Kota Tarakan. Jurnal Harpodon Borneo. Vol 6 (2).

Laga, A. (2015). Kajian Ekobiologi Ikan Pepija (Harpadon nehereus Hamilton, 1822) Sebagai Dasar Pengelolaan Berkelanjutan di Perairan Pulau Tarakan. Disertasi. Institut Pertanian Bogor.

Putri, R.E., Samiaji, J. Nurrachmi, I. 2013. Pola Pertumbuhan dan Indeks Kematangan Gonad pada Ikan Lomek (Harpodon nehereus) di Perairan Dumai Provinsi Riau. https://repository.unri.ac.id/handle/123456789/1128.




DOI: https://doi.org/10.35308/jaas.v7i2.8851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Aceh Aquatic Sciences

Jurnal Of Aceh Aquatic Sciences were published by Department of Aquatic Resources, Faculty of Fisheries and Marine Science, Teuku Umar University
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat,Aceh 23681, Indonesia
Contact Person/WA : +6285277554546 | +6282312486563