ANALISA TINGKAT EFESISENSI WATER TUBE PADA BOILER UNIT II MENGUNAKAN METODE LANGSUNG

Dadang Ferdian, Herdi Susanto

Abstract


Boiler atau ketel uap merupakan suatu bejana/wadah yang didalam nya berisi air atau fluida lain untuk di panaskan. Boiler juga mempunyai peranan penting dalam kelangsungan kerja pabrik kelapa sawit, yang fungsinya untuk menghasilkan uap/steam yang digunakan untuk membangkitkan listrik dan kebutuhan pabrik. Efesiensi pada boiler didapatkan dengan perbandingan panas dari proses pembakaran bahan bakar. Campuran bahan bakar yang di gunakan pada pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT . Socpindo Kebun Seunagan adalah fiber dan cangkang, dimana bahan bakar fiber 75% dan cangkang 25%, penelitian ini dilakukan pada  PT . Socpindo Kebun Seunagan. Pengambilan data di  lakukan selama tiga hari dengan lima jam perharinya.dan penelitian ini untuk mengetahui tingkat efesiensi boiler dengan menggunakan bahan bakar campuran fiber dan cangkang. Dari penelitian yang di ambil setiap jam nya selama tiga hari yaitu pada tanggal 21, 22, 23 april 2022 selama lima jam dari waktu awal beroperasi didapatkan nilai efesiensi tertinggi di hari ke tiga yaitu sebesar 94,5% dan terdapat nilai terendah di hari ke dua sebesar 62%. Dari hasil tersebut dipengaruhi oleh steam flow yang nilainya selaluberubah.

ANALISA TINGKAT EFESISENSI WATER TUBE PADA BOILER UNIT II MENGUNAKAN METODE LANGSUNG


Full Text:

PDF

References


Sagiji, M., Prabowo, E., & Antono, V. (2015). Analisa Perhitungan Efesiensi Boiler Beban Maksimal Dengan Metode Input-Output Dan Heat Loss Unit 1 PLTU 3 Banten (Doktoral dissertation, Sekolah tinggi Teknik PLN).

Maulizar, A., Masykur, M., & Supardi, J. (2022). ANALISIS pH, TDS, TOTAL HARDNESS, ALKALINITY, DAN SILICA PADA BOILER FEET WATER DI PT. SOCFINDO PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI SEUNAGAN. Jurnal Mekanova: Mekanikal, Inovasi dan Teknologi, 8(1), 129-134.

PT. Socfindo (persero), 2022. Industry | Update, Profil PT. Socfindo Kebun Senagan, Nagan Raya, July 2022, http:/www.socfindo.co.id.

Pratama, N. M., Danial, D., & Taufiqurrahman, M. Analisa Efesiensi Water Tube Boiler Dengan Menggunakan Metode Langsung.JTRAIN:Jurnal Teknologi Rekayasa Teknik Mesin, 2(2), 105-110

Zakaria, Z., & Susanto, H. (2022). ANALISA KERUSAKAN PADA REBUSAN (Sterilizer) KELAPA SAWIT DI PT. BEURATA SUBUR PERSADA. Jurnal Mahasiswa Mesin UTU (JMMUTU), 1(1), 1-8.

V. Ganapathy., (2003), Industrial Boiler and Heat Recovery Steam Generators, ISBN: 0-8247-0814-8. Buku ini di cetak oleh Marcel Dekker,Inc. 270 Madison Avenue, New York.

Kunarto, K. (2018). Analisa Efesiensi Boiler Pabrik Kelapa Sawit Dengan Menggunakan Bahan Bakar Fibre Dan Cangkang.Penelitian Mandiri Universitas Bandar Lampung.

Sumadi, S. (2021). Analisa Kinerja Boiler Industry Setelah Beroperasi 24 Tahun. AME (Aplikasi Mekanika dan Energi): Jurnal ilmiah Teknik Mesin, 7(2), 74-79.

Adli, Z. A. Z., Turmizi, T., & Mawardi, M. (2018). Anslisa Performance Boiler Takuma N-600 SA Dengan Tingkat Keadaan Uap 20 Kg/Cm2/259 OC Berbahan Bakar Serat dan Cangkang Kelapa Sawit Berbasis Komputasi. Jurnal Mesin Sains Tarapan, 2(1), 51-57

Ricky, R. S., & Daniel, O. h. (2020). Analisa Mesin Boiler Pada Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit Di PT. Jebsindo Sarana Teknologi. Studi Kasus Program Studi Teknik Mesin Universitas Medan Area.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.