ANALISIS PENGARUH BEBAN TERHADAP KINERJA INDUCED DRAFT FAN PADA SIKLUS UDARA GAS BUANG

NURDIN NURDIN, MURHABAN MURHABAN, Herri Darsan

Abstract


P

T. Agro Sinergi Nusantara merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan minyak kelapa sawit (PMKS).Untuk mendapatkan produksi minyak kelapa sawit yang berkualitas dan bermutu maka harus di dukung dengan mesin produksi yang baik.PT. Agro Sinergi Nusantara memiliki komponen penting pada Boilernya salah satunya ialah Induced Draft fan (ID FAN). Induced Draft Fan merupakan blower yang menyerap udara dalam boiler dan dikeluarkan ke cerobong asap,menghasilkan presure dan menjaga sirkulasi udara.dalam operasi IDF harus terus bekerja untuk mempertahankan tekanan vakum pada ketel. Perbedaan tekanan yang dihasilkan merupakan energi yang dihasilkan oleh fan sendiri serta untuk melawan resistansi aliran. Dalam prosesnya, jalan udara primer dimulai dari pengambilan udara atmosfer oleh PA Fan.Kualitas ini yang menentukan performa dari Induced Draft Fan, dimana saat beban semakin tinggi maka kebutuhan udara meningkat dan Induced Draft Fan bekerja secara maksimal. Hasil analisa yang dilakukan diketahui bahwa permintaan beban pada pembangkit mempengaruhi semua sistem dan siklus salah satunya yaitu siklus gas buang. Di dalam siklus ini, komponen yang berperan dalam menjaga kevakuman furnace yaitu ID Fan. Komponen ini sangat dipengaruhi oleh jumlah udara yang digunakan baik pada jalur sekunder maupun primer dan berdampak pada kualitas gas buang. Kualitas ini yang menentukan performa dari Induced Draft Fan, dimana saat beban semakin tinggi maka kebutuhan udara meningkat dan Induced Draft Fan bekerja secara maksimal.


Full Text:

PDF

References


. Akhmad., S, Wisnu., S., Nugroho, Andy., N, 2020, Analisa Untuk Induced Draft Fan PLTU Asam – Asam Unit 3 Dan 4, Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Teknik, (Vol. 21, No. 2)

. Yasdin., Y, Alimin., A, Siti., R, 2019, Identification Of Induced Draft Fan (IDF) Damage In Boiler Waste Gas System, Journal Of Mechanical Engineering Education, (Vol. 4,No. 1)

. Syahputra., R, Hayati., N, Aziz., A., S, 2018, Pengoptimalisasian Kinerja Induced Draft Fan Dengan Mengatur Bukaan Inlet Damper Dan Bukaan Variable Fluid Coupling Di PLTU Sebalang, Studi Kasus Fakultas Tenik, UNIV. Muhammadiyah Yogyakarta, Dan Yogyakarta

Akhmad., S, Yudistira., B., S, Muhammad., N., R, A’yan., S, 2020, Analisa Kebutuhan Udara Pembakaran Untuk Mengomptimalkan Proses Pembakaran Boiler PT.PLN (Persero) Sektor Pembangkit Asam Asam Unit 3 Dan Unit 4, Jurnal Info Teknik, (Vol. 21, No. 1, Hal 85-102)

. Arrad., G., S, Apriani., R., S, Setyo, 2020, Analisa Daya Hisap Id Fan Pada PLTU Kapasitas 400 MW, Engineering And Science, (Vol. 6, No. 1)

. Arrad., G., S, Apriani., R., S, Setyo., N, 2020, Analisa Pengaruh Beban Terhadap Kinerja Induced Draft Fan Pada Siklus Udara Dan Gas Buang, Jurnal Teknik Mesin Politala, (Vol. 7, No. 2)

. Independent Electricity System Operator (IESO), 2007 Fan and Blower Energy Efficiency Reference Guide, America, Kanada

. S., Sudhakar., C.M. Raguraman, 2016, Improvement In Efficiency Of Air IN Boiler TPS-7 Expantion, Journal Of Mechanical And Civil Engineering, (Vol. 2, No. 1)

. David., H, 2009, New Coal – Fired Power Plant Performance And Cost Estimates, Chicago, America.

Arief., S., N., C, 2016, Analisa Kapasitas Force Draft Fan Dengan Bahan Bakar Batu Batubara Kualitas Rendah, Journal Power Plant, (Vol. 11, No. 2356-1513)

Aditia., S., T, 2015, Studi Eksperimen Pengaruh Blade Setting 30˚ Dan 60˚ Berprofil Flat Plate Terhadap Karakteristik Kerja Axial Fan 120 mm, Travel Technology Sports Marketing Education Career Social Media, Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.