Pemeliharaan Coal Feeder Terhadap Kinerja Pembangkit Listrik Pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Nagan Raya 2x110 MW

Agung Pradana Putra, Al Munawir, Farid Jayadi

Abstract


Listrik merupakan sebuah kebutuhan bagi kehidupan di zaman modern ini yang di mana hampir seluruh lini ativitas sehari-hari masyarakat membutuhkan Energi Listrik. Peranan Pembangkit Listrik di Indonesia sangat besar terlebih Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), Pembangkitan listrik Indonesia mencapai 73.736 megawatt (MW) atau 73,74 gigawatt (GW) hingga November 2021. Salah satu komponen penting dalam proses Pembangkit Listrik di PLTU ialah Coal Feeder. Coal  feeder merupakan peralatan utama pada PLTU yang berfungsi untuk mengatur laju batubara yang dari coal bunker/silo menuju ke mill/pulverizer untuk dihaluskan serta mengatur banyak dan sedikitnya batubara yang masuk ke mill untuk bahan bakar yang digunakan dalam boiler. Untuk menjaga stabilitas listrik di masyarakat tentunya perlu pemeliharaan yang baik pula terkhusus pada komponen Coal Feeder Unit Pembangkit dapat beroperasi dengan baik dan optimal.

 

Kata kunci Pemeliaharaan Coal Feeder


Full Text:

PDF

References


P. ilham Raharja, I. B. Suardika, and W. H. Galuh, “Analisis Sistem Perawatan Mesin Bubut Menggunakan,” Ind. Inov., vol. 2019, no. September 2019, pp. 39– 48, 2021.

N. Hairiyah, R. R. Amalia, and E. Luliyanti, “Analisis Statistical Quality Control (SQC) pada Produksi Roti di Aremania Bakery,” Ind. J. Teknol. dan Manaj. Agroindustri, vol. 8, no. 1, pp. 41–48, 2019, doi: 10.21776/ub.industria.2019.008.01.5.

Baek, S. H., Park, H. Y., & Ko, S. H. (2014). The effect of the coal blending method in a coal fired boiler on carbon in ash and NOx emission. Fuel, 128, 62–70.

B. F. Towler, M. Firouzi, H.-G. Holl, R. Gandhi, and A. Thomas, “Field Trials of Plugging Oil and Gas Wells with Hydrated Bentonite,” 2016.

N. Nurhalim, R. B. Cahyono, and M. Hidayat, “Karakteristik Bio-Briket Berbahan Baku Batu Bara dan Batang/Ampas Tebu terhadap Kualitas dan Laju Pembakaran,” J. Rekayasa Proses, 2018.

Titin, Isvi Chamidatul,2015.Analisa Peningkatan Mutu Pemeliharaan Mesin TerhadapKelancaran Proses ProduksiPada Perusahaan Dolomite,Jurnal EKBIS/Vol.XIII / No.1/edisi Maret 2015.

P. Paiton, P. T. Ytl, L. Kristianingsih, and A. S. Proses, “Analisis Safety System dan Manajemen Risiko pada Steam Boiler PLTU di Unit 5,” J. Tek. POMITS, 2013. (6) Insinyoer, “Prinsip Kerja Boiler,”

Sudradjat, Ating (2011), Pedoman Praktis Manajemen Perawatan Mesin Industri, Jakarta: Efika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.