ANALISA KEBISINGAN PADA MESIN STERILIZER DI PT. SOCFINDO KEBUN SEUNAGAN

Firman Ramadhani, Pribadyo Pribadyo, Mahmuddin Marbun

Abstract


Pabrik kelapa sawit PT. Socfindo Kebun Seunagan adalah pabrik yang menghasilkan minyak kelapa sawit. Penelitian ini di lakukan pada lingkungan kerja mesin sterilizer di PT. Socfindo Kebun Seunagan, nilai rata-rata tingkat kebisingan pada mesin sterilizer mencapai 74,2 dBA. Titik pengukuran pada penelitian ini di lakukan pada 4 titik dengan berjarak 2 meter. Setiap titik dilaksanakan pengukuran dan perhitungan menggunakan metode ekuivalen. Hasil dari pengukuran kebisingan di 4 titik di mesin sterilizer dinyatakan dalam kondisi baik, dikarenakan hasil pengukuran di 4 titik tidak melewati ambang batas kebisingan. Perusahaan harus memperhatikan, bahwa pekerja harus menggunakan alat pelindung diri demi kenyamana dan menghindari kecelakaan saat bekerja.


Full Text:

PDF

References


PT. Socfindo (persero), 2022. Industry | Update, Profil PT. Socfindo Kebun Senagan, Nagan Raya, July 2022, http:/www.socfindo.co.id.

Gunadi, M. I., Junaidi, J., & Kurniawan, F. A. (2021). ANALISIS PERAWATAN MESIN STERILIZER DENGAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) DI PKS PT. XYZ. Buletin Utama Teknik, 17(1), 14-20.

Hendrawan, A., & Hendrawan, A. K. (2020). Analisa Kebisingan di Bengkel Kerja Akademi Maritim Nusantara. Saintara: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Maritim, 5(1), 1-5.

Wiranda, RA, Husin, Z., & Susanto, H. (2022). ANALISA KEBISINGAN PADA KAMAR MESIN DI PABRIK KELAPA SAWIT PT. UJONG NEUBOK DALAM. Jurnal Mahasiswa Mesin , 1 (1), 57-65.

Fahril, Y., Susanto, H., & Pribadyo, P. (2022). Analisa Kebisingan Pada Station Kamar Mesin Unit Pabrik Kelapa Sawit Batee Puteh PT. Agro Sinergi Nusantara. Jurnal Mekanova: Mekanikal, Inovasi dan Teknologi, 8(1), 86-95.

Susanto, H., Dailami, D., & Kamarullah, K. (2021). Analisa Tingkat Getaran dan Kebisingan Vibrating Screen Crusher FC 02 pada PT Mifa Bersaudara. JTM-ITI (Jurnal Teknik Mesin ITI), 5(3), 130-134.

Muzakar, M., Masykur, M., & Supardi, J. (2022). Analisa Getaran Dan Kebisingan Pada Kernel Di PT. Beurata Subur Persada. Jurnal Mekanova: Mekanikal, Inovasi dan Teknologi, 7(2), 175-183

Leonardo, C., Suraidi, S., & Tanudjaya, H. (2021). Analisis kalibrasi pengukuran dan ketidakpastian sound level meter. Jurnal Teknik Industri, 8(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.