ANALISA KERUSAKAN CONVEYOR PADA PT MIFA BERSAUDARA DENGAN METODE REABILITY CENTERED MAINTENANCE

Syahrul Ramadhan, Herdi Susanto

Abstract


PT MIFA Bersaudara merupakan salah satu perusahaan tambang Batubara yang terletak di Wilayah Aceh Barat. Dalam proses transfer Batubara PT MIFA Bersaudara menggunakan alat utama yaitu Conveyor, jenis conveyor yang digunakan pada proses angkut Batubara di PT MIFA Bersaudara adalah jenis Belt Conveyor. Penilitian ini berfokus pada Belt Conveyor area Over line conveyor (OLC) dan area burge loder conveyor (BLC). Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa kerusakan pada komponen conveyor dan kemudian dilakukan Tindakan perawatan terhadap jenis kerusakan pada komponen. Berdasarkan hasil pendekatan dengan menggunakan metode reability centered maintenance nilai Risk Priority Number (RPN) tertinggi didapat pada komponen plate linner dengan nilai 162 dan nilai RPN terendah dapat di lihat pada komponen impact roller dengan nilai 12, dan pemilihan tindakan perawatan berdasarkan jenis kerusakan komponen dapat dilakukan dengan dua cara : Time direction (TD) pengecekan terhadap sumber kerusakan komponen untuk mencegah kerusakan pada komponen belt conveyor. Komponen yang termasuk dalam pemilihan tindakan ini adalah Bearing, Motor Penggerak Dan Gearbox. pemilihan Tindakan kedua adalah Condition Direction (TD) melakukan pengecekan kerusakan apabila terdapat indikasi kerusakan maka langsung dilakukan suatu tindakan atau pergantian komponen belt comveyor. komponen dengan kriteria ini meliputi Belt, Plate Linner, Skirt Rabber ,Carry Roller, Impact Roller, Return Roller.


Full Text:

PDF

References


PT. MIFA Bersaudara (persero), 2022. Industry | Update, Profil PT. MIFA Bersaudara, Aceh Barat, July 2022, http:/www.mifacoal.co.id/id-id/.

Susanto, H., Dailami, D., & Kamarullah, K. (2021). Analisa Tingkat Getaran dan Kebisingan Vibrating Screen Crusher FC 02 pada PT Mifa Bersaudara. JTM-ITI (Jurnal Teknik Mesin ITI), 5(3), 130-134.

Susanto, H. (2021). Analysis of Vibration and Noise on Vibrating Screen at PT. Mifa Bersaudara. Jurnal Inotera, 6(2), 106-111.

Muzakar, M., Masykur, M., & Supardi, J. (2022). ANALISA GETARAN DAN KEBISINGAN PADA KERNEL DI PT. BEURATA SUBUR PERSADA. Jurnal Mekanova: Mekanikal, Inovasi dan Teknologi, 7(2), 175-183.

Kamarullah, Herdi Susanto, "Analysis of Vibration and Noise on Vibrating Screen at Pt. Mifa Bersaudara," International Journal of Materials, vol. 9, pp. 12-16, 2022

Maldini, D., Susanto, H., & Pribadyo, P. (2022). Replace Belt Conveyor dengan Sistem Heater Pada Unit Belt PT. Mifa Bersaudara. Jurnal Mahasiswa Mesin, 1(1), 104-113.

Purnomo, J., Affandi, N., & Rahmatullah. A. (2021). Analisa Penenrapan Perawatam Motor Konveyor Mesin Xray Dengan Menggunakan Metode Reability Centered Maintenance (RCM) Pada PT. Tristan Engineering. Jurnal Taguchi : jurnal ilmiah Teknik dan manajemen industry, 1(2), 154-169.

Kurniawan, R. A., & kholik, H.M. (2015). Usulan Perawatan Mesin Stitching Dengan Metode Reability Centered Maintenance. Jurnal Teknik industry, 16(2), 83-91.

Satrijo, D., Suprihanto, A., Khurdi, O,. Wibowo, G.D., Umardani, Y., & Pratomo, M. F. A. (2021) Penggunaan Metode Reability Centered Maintenance Untuk Menjaga Kehandalan Material Belt Conveyor. Jurnal material teknologi proses : warta kemajuan bidang material Teknik teknologi proses, 2(1), 1-5.

Ahmadi, N,. & Hidayah, N. Y. (2017). Analisa Pemeliharaan Blowmould Dengan Metode Rcm Di Pt. Ccal. Jurnal optimasi system industry, 16(2), 167-176.

Rachman, H., Garside, A. K., & Kholik, H. M. (2017). Usulan perawatan sisitem boiler dengan metode reability centered maintenance (RCM). Jurnal Teknik industry, 18(1), 86-93.

Mulawarman, F. A. (2016). Perencanaan Perawatan Mesin Injrction Molding Dengan Menggunakan Metode Reability Centered Maintenance Di Pt. Victor Plastic. Jurnal Teknik mesin 4(03).

Firman, F. M. (2022). Usulan Perencanaan Perawatan Mesin Dengan Menggunakan Metode Reability Centered Maintenance (RCM) Pada System Mesin Boiler. studi kasus : pts an dumai) (doctoral dissertation, universitas islam negeri sultan syarif kasim riau).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.