ANALISA KEGAGALAN MATERIAL PADA TOOTHED FEEDER BREAKER PADA FC-01 DENGAN BEBAN 1200TON/JAM DI PT MIFA BERSAUDARA

Siti Aisah, Al Munawir

Abstract


PT. Mifa Bersaudara ialah salah satu perusahaan indonesia yang bergerak dibidang pertambangan batubara, berlokasi di Kabupaten Aceh barat. PT. Mifa Bersaudara berupaya untuk memenuhi kebutuhan sesuai permintaan konsumen baik dalam negeri maupu luar negeri. Batubara yang diproduksi harus diolah di unit pengolahan sehingga batubara yang dihasilkan sesuai dengan prasyarat yang diinginkan konsumen dengan ukuran 50x50. Crusher ialah bagian penting dari proses penghancuran batubara. Crusher memiliki kondisi kerja yang kompleks dalam proses penghancuran material, dan keamanan serta keandalannya menjadi fokus penelitian. Untuk mengetahui kondisi yang di alami toothed. dikarenakan dibagian ini sangat penting, karena sering terjadi bagian toothed yang terlepas pada pengikatnya, sehingga akan berbahaya, terutama akan merusak belt conveyer, dan bahaya lainnya. selain beroperasi yang terus-menerus ada penggaruh lain yang bisa membuat komponen tersebut terlepas. karena adanya material selain batu bara yang masuk ke mesin Reclaim Feeder seperti bebatuan (batu putih), logam dan metal (kukualat berat), kayu ulin, dan lapisan batu bara yang mengeras (tanah liat). Dari hal ini diperlukan analisis pada material menggunakan software solidwork sehingga akan diketahui lebih detail faktor-faktor apa saja yang menyebabkan toothed tersebut terlepas. Dari Hasil penelitian ini di dapatkan perubahan bentuk pada toothed saat terjadi pembebanan, pada gambar 3.17 disini terjadi perpindahan benda, dan pada 3.18 terjadi rengangan pada benda, maka hal ini terjadi perpindahan teethed dari holding dapat dilihat pada gambar 2.4. potensi untuk terjadinya hal ini sangat kecil. Tetapi dengan di temukannya benda dapat dilihat pada gambar 2.3 yaitu material keras berupa teeth excavator. Hal ini sering terjadi pada saat beroperasi.


Full Text:

PDF

References


Antartika, M. P. et al. (2020) ‘Perbandingan Hasil Analisis Metode Elemen Hingga Berbasis Software Dengan Simple Supported Calculation Pada Kapal 50 Pax Crane Barge’, Jurnal Integrasi, 12(1), pp. 72–78. doi: 10.30871/ji.v12i1.1451.

Azhar, i. (2020). perencanaan teknis penataan lahan pasca penambangan batu bara di area spreding soil pit b pt. mifa bersaudara kuartal ke – 2 tahun 2019.

Bahfie, F. et al. (2020) ‘Studi pengaruh kadar mangan dan temperatur austenisasi terhadap struktur mikro dan sifat mekanik baja mangan’, 10(1), pp. 69–75.

Collins, j. (1993). failure of material in mechanical design. canada: john wiley & sons,inc.

Dr. ir. i kt. suarsana, mt (2017). fracture mechanic. universitas udayana denpasar: teknik mesin fakultas teknik.

Handoyo, y. (2015). pengaruh quenching dan tempering pada baja jis grade s45c terhadap sifat mekanis dan struktur mikro crankshaft. jurnal ilmiah teknik mesin, [online] 3(2), pp.102–115. available Rizal, m. and mahendra sakti, a. (2020). analisa perbedaan kekerasan dan kekuatan tarik baja s45c dengan perlakuan quenching dan tempering perlakuan quenching dan tempering pada media udara, air, dan oli untuk aplikasi poros motor roda tiga.

Muhammad Rizallul Fajri Hasan, Herri Darsan. (2020) ‘Analisa Kegagalan Material Head Shaft Pada Mesin Reclaime Feeder 01 Batu Bara Dengan Beban 1600 TON/Jam Menggunakan Mesinpenggerak Motor’, 7(2), pp. 9–19.

SANJAYA, Y. G. (2015) ‘Perencanaan Sistem Reliability Centered Maintenance (Rcm) Pada Equipment Feeder Breaker 2 Untuk Meningkatkan Keandalan Mesin DI PT. KALTIM PRIMACOAL’.

Sutikno, e. (2011). analisis tegangan akibat pembebanan statis pada desain carbody tecrailbus dengan metode elemen hingga. jurnal rekayasa mesin, 2(1), pp.65–81.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.