FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN MEDICATION ERROR OLEH PERAWAT DIINSTALASI RUANG RAWAT INAP RSUD CUT NYAK DHIEN KABUPATEN ACEH BARAT

Taibatul Tania, Fitrah Reynaldi, Arfah Husna, Safrizal Safrizal

Abstract

Kesalahan pemberian obat (Medication Error) merupakan salah satu kesalahan pemberian obat yang terjadi akibat tidak terpenuhinya petunjuk atau pemberian obat yang berbeda dengan resep yang mana obat masih berada dalam pengawasan perawat. Perawat yang memiliki pengetahuan, keterampilan, komunikasi lebih baik dapat dilihat dari cara perawat tersebut memberikan pelayanan kepada pasien. Dapat diperoleh data pada tahun 2018 terdapat 2 kasus jadian Medication Error dan pada observasi awal peneliti temukan satu kasus Medication Error disalah satu instalasi ruang rawat inap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor  yang berhubungan dengan kejadian Medication Error di Instalasi Ruang Rawat Inap Cut Nyak Dhien Kabupaten Aceh Barat. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik Cluster Sampling pada ruang rawat inap dengan 69 responden dari 221 populasi. Analisa data menggunakan Chi-square. Hasil penelitian diketahui pengetahuan (P=value 0,047 dan OR 0,194), dan keterampilan (P=value 0,045 dan OR 0,181), dan komunikasi (P=value 0,041 OR 0,123). Kesimpulan penelitian ini adalah adanya hubungan pengetahuan, keterampilan, komunikasi dengan kejadian Medication Error. Diharapkan kepala RSUD Cut Nyak Dhien untuk dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, komunikasi perawat dengan memberikan pelatihan serta seminar tentang cara pemberian pelayan obat kepada pasien dengan baik agar terhindar dari kejadian Medication Error di RSUD Cut Nyak Dhien dan melakukan pengawasan kesetiap ruangan rawat inap seminggu sekali.

 

Kata Kunci : Pengetahuan, Keterampilan, Komunikasi, Medication Error

Full Text:

PDF

References

Adriana, C., Nugraha, A., Siregar, D., & Silalahi, E. (2020). PENYEBAB MEDICATION ERROR PADA FASE ADMINISTRASI DI RUMAH SAKIT X [CAUSES OF MEDICATION ERROR IN ADMINISTRATION PHASE IN X HOSPITAL]. Nursing Current Jurnal Keperawatan, 8(1), 96-105.

Savvato Karavasiladou. 2014. An inside lok into th factors contributing to medication errors in the clinical nursing practice. Health Science Journal vol. 8, issue 1.

Rachmawati, N, (2019). manajemen patient safety. yogyakarta: PT. Pustaka Baru

Wahyuni, R. M. (2015). Perilaku perawat menerapkan prinsip enam benar pemberian obat mencegah kejadian tidak diharapkan (Behavior Nurses In Six Right Principle On Drug Administer With Unexpected Incident). Journals of Ners Community, 6(1), 82-91.

Tomi, T., Akrom, A., & Jatiningrum, A. (2017). Gambaran medication error pada fase prescribing dan administrasi pada pengobatan stroke di Igd rumah sakit X di Yogyakarta. Pharmaciana, 7(1), 25-32

O’Shea, E. (1999). Factors contributing to medication errors: a literature review. Journal of clinical nursing, 8(5), 496-504.

Patel, S., Patel, A., Patel, V., & Solanki, M. (2018). Study of medication error in hospitalised patients in tertiary care hospital. Indian Journal of Pharmacy Practice, 11(1), 32-36.

Mirnawati, S. (2014). Hubungan Komunikasi Interpersonal Perawat dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Runag Cempaka RSUD AW Sjahrani Samarinda. Journal Psikologi. Volume 2, Nomor 1, hal 100 – 114.

Matsumoto, A. 2008. Clinical Skills Landmark Patient Medication Adminitration. Journal of Nursing Scholarship

Refbacks

  • There are currently no refbacks.