PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN MELALUI MEDIA VIDEO TERHADAP PERILAKU REMAJA DALAM PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) DI SMKN 1 MEUREUBO KABUPATEN ACEH BARAT

Sri Jannati, Yarmaliza Yarmaliza, Susy Sriwahyuni

Abstract

Sadari adalah suatu cara pemeriksaan dimana seorang wanita memeriksa payudaranya sendiri dengan  melihat dan merasakan dengan menggunakan jari untuk mendeteksi  apakah ada benjolan pada payudaranya. Pada tahun 2017 terdapat 271 kanker payudara di provinsi aceh (profil kesehatan aceh 2017).  dan pada tahun 2018 di temukan sebanyak 1.848 kasus sedangkan pada tahun 2019 jumlah pasien yang kanker sebanyak 150 kasus (Profil kesehatan aceh, 2019). Tujuan penelitian adalah ini untuk mengetahui pengaruh penyuluhan kesehatan melalui media video terhadap perilaku remaja dalam pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) di SMKN 1 Meureubo kabupaten. Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian quasi pre experimental dengan one group pretess-posstes desain, dengan metode pengambilan sampel adalah total sampel dengan 31 responden.Variabel yang diteliti adalah pengertahuan, sikap, dan tindakan. Hasil dari penelitian adalah yang mana variabel  pengetahuan dengan nilai p value 0.000, variabel sikap dengan p value 0.000, dan tindakan (praktik) dengan nilai p value 0.000 dan ini bearti nilai p value lebih kecil dari nilai α nilai p  > 0,05 yang mana ada hubungan yang signifikat setelah di lakukan penyuluhan. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disarankan kepala pihak SMKN 1 Meureubo agar dapat berkerjasama dengan instansi lain khususnya kesehatan. Sehingga kesehatan pada siswa/i SMKN 1 Meureubo dan masyarakat terus meningkat sehingga mereka memahami dan bisa melakukanya sendiri dengan baik.

 

Kata Kunci:   SADARI, Media Video, Pengetahuan, Sikap, Tindakan.

Full Text:

PDF

References

Angrainy, Riska. 2017. Hubungan pengetahuan, sikap tentanng SADARI dalam mendeteksi dini kanker payudara pada remaja. Journal endurance vol. 2. No. 2. ISSN: 232-238.

Ayunda Pratama, 2014. Efektifitas Pendidikan Kesehatan terhadap Nilai Pengetahuan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) pada remaja putri di SMPN Tangerang Selatan. Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Bahar, Anggun Ardessi. 2013. Perbedaan pengaruh penyuluhan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) antara penggunaan media video dengan media booklet terhadap pengetahuan dan sikap deteksi dini Ca Mammae pada siswi kelas x SMA Negeri I Semarang tahun 2013. Skripsi fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya.

Aeni. 2018. Pengaruh Pendidikan kesehatan dengan Media Video dan Metode Demontrasi Terhadap Pengetahuan SADARI. Journal ilmiah ilmu kesehatan vol.6 no 2.

Hardianti, Dian. 2018. Pengaruh penyuluhan berbasis komunitas berbasis komunitas terhadap pengetahuan, sikap dan praktik pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) pada perempuan di wilayah puskesmas martapura 1. Tesis Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya.

Imran, Fanny Asfany. 2017. Pengaruh penyuluhan kesehatan melalui media video terhadap peningkatan pengetahuan remaja putri terhadap peningkatan pengetahuan remaja putri tentang dampak abortus provokatus kriminalis di kelas X SMAN 2 Gowa. Skripsi universitas islam negeri alauddin , makasar.

Internasional Agency for Research on Cercer. 2018. Cancer today. Breast.Cancer, International Agency for Research on. Latest World Cancer Statistics. Lyon

KEMENKES RI, 2015.modul ppelatihan pelayanann kesehatan peduli remaja PKPR) Bagi tennaga kesehatan.jakarta:kementrian kesehatan.

Notoatmodjo, S. (2010). Promosi Kesehatan, Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Citra Medika.

Nadyah. Wannahary. S. Hubungan penyuluhan pemeriksaan payudara sendiri(SADARI) menggunakan media video dengan pengetahuan remaja tentang SADARI di dsa sukaraya tahun 2018. Skipsi. Politeknik Kesehatan Kemenkes RI Medan.

Profil kesehatan Indonesia. 2018. deteksi dini kanker leher Rahim dan kanker payudara.

Profil kesehatan aceh. 2019. Data kanker payudara.

Ratnaningrum, vina. 2013. pengaruh penyuluhan dengan media videoterhadap tingkat pengetahuantentang kanker payudara dan SADARI pada santri kelas XI di pondok pesantren ibnul qoyim sleman, Yogyakarta. Naskah publikasi. ;stikes. ‘aisyiyah Yogyakarta.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian. Bandung.

Sulastri, Ridwan M, Syamsar. 2012. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Menggunakan Video dalam Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) terhadap Perubahan Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri di SMAN 9 Balikpapan Tahun 2012. Skripsi. Balikpapan: Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Widowati, Hari. 2019. Kasus kanker payudara paling banyak terjadi di indonesia 2019.

WHO. 2019. World Cancer Report. France: International Agency for Research on Cancer.

Yulinda, Arif, Nurul Fitriyah. 2012. Departemen Biostatistika dan Kependudukan, Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Airlangga Surabaya. Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.