EFEKTIVITAS PENYULUHAN METODE CERAMAH DAN MEDIA POSTER TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN ANEMIA PADA SANTRIWATI REMAJA DI PESANTREN DARUSSALAM AL-WALIYYAH KECAMATAN LABUHAN HAJI BARAT KABUPATEN ACEH SELATAN

Armiaton Armiaton, Maiza Duana, Dian Fera, Enda Silvia Putri

Abstract

Anemia merupakan masalah kesehatan yang sering dijumpai pada santriwati remaja dipesantren darussalam al-waliyyah dengan menyatakan mengalami gejala lemas, cepat lelah, pusing, kehilangan darah pada saat menstruasi, tidur larut malam, tidak konsentrasi pada saat belajar, jarang mengkonsumsi makanan yang megandung zat besi dan sering melakukan diet. Permasalahan ini sering terjadi pada santriwati remaja karena kurangnya pengetahuan dan kesadaran santriwati tentang anemia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Penyuluhan Metode Ceramah dan Media Poster Terhadap Peningkatan Pengetahuan Anemia Pada Santriwati Remaja. Metode penelitian Kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimen dengan cara pre-test and post-test, Populasi dalam penelitian ini adalah santriwati remaja sebanyak 119 orang, dengan sampel metode simple random sampling yaitu 92 santriwati remaja. Menggunakan analisis Univariat, Bivariat dengan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini dengan nilai pre-test 7,96, nilai post-test 17,18 dan nilai PValue 0,000. Kesimpulan penelitian ini yaitu penyuluhan dengan metode ceramah dan media poster terhadap peningkatan pengetahuan anemia pada santriwati remaja efektif. Saran kepada petugas kesehatan menggunakan metode ceramah dan media poster dalam melakukan penyuluhan serta mengaktifkan pos kesehatan pesantren (poskestren) sebagai sarana untuk penunjang kesehatan dalam menjaga, meningkatkan pengetahuan anemia dan sebagai bahan pertimbangan untuk peneliti selanjutnya untuk lebih memperdalam penelitian dengan menggunakan metode diskusi kelompok, metode panel, media flip chat dan media film..

 

Kata kunci : Ceramah, Poster, Pengetahuan, Anemia, Remaja

Full Text:

PDF

References

Adriani. 2017. Faktor-Faktor Anemia Pada Remaja Putri. Surakarta : Diakses pada 22 mei 2019.

Al Rahmad, A. H., dan Almunadia, A. 2017. Pemanfaatan Media Flipchart dalam Meningkatkan Pengetahuan Ibu Tentang Konsumsi Sayur dan Buah. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala,. Vol. 17, No. 3. : 140–146. ISSN:1412-1026.

Aulia Meidina, dkk. 2019. Pengaruh Penyuluhan dan media poster tentang anemia terhadap tingkat pengetahuan dan sikap pda santriwati (studi di pondok pesantren al-bisyri kota semarang). Jurnal kesehatan masyarakat. Gizi FKM, Universitas Diponegro. Vol. 7., No. 4. ISSN:2356-3346.

Kemenkes. 2018. Survey Demografi Dan Kesehatan Indonesia 2017:Kesehatan Reproduksi Remaja. Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional, Badan Pusat Statistik, Kementerian Kesehatan.

Linasari. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Poster Dan Leaflet Terhadap Pengetahuan Siswa SMA di Bandar Lampung Tentang Karies Gigi. Jurrnal Keperawatan, Vol XIII, No. 1. ISSN : 1907-0557. Trisakti Lubuk Pakam. KKRI. Politeknik Kesehatan Medan Jurusan Gizi.

Nur Pratiwi Hartono, Catur Saptaning Wilujeng, dan Sri Andarini.2015.pendidikan gizi tentang pengetahuan pemilihan jajanan sehat antara metode ceramah dan komik. Indonesian Journal Of Human Nutrition, Vol. 2, No. 2. ISSN : 2442-6636.

Priyanto, L.D. 2018. The Relationship Of Age, Education Background, And Physical Activity On Female Students With Anemia. Jurnal berkala epidemiologi, Vol. 6, No. 2, Hal 139.

Putri, Riski lidiya. 2019. Efektivitas pendidikan kesehatan tentang disminorea terhadap tingkat pengetahuan remaja putri menggunakan metode ceramah di smk taman siswa kapanjen. Jurnal Kesehatan. Vol. 3., No.1. ISSN : 2588-3828.

Supariasa, I. 2012. Pendidikan dan Konsultasi Gizi, EGC, Jakarta.

World Healthy Organization (WHO). 2013. Worldwide Prevelency Of Anemia WHO Global Database On Anemia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.