Analisis Keberadaan Escherichia Coli pada Gelas Kopi Di Warung Seputaran Kampus Universitas Teuku Umar

Windi Rahmadani, Sukma Elida, Darmawi Darmawi, Darmawan Darmawan

Abstract

Seiring berjalannya waktu dibidang usaha warung kopi semakin berkembang, warung kopi akan banyak kita temui di berbagai daerah salah satunya di provinsi Aceh khususnya di Aceh Barat. Masyarakat Aceh yang setiap harinya sering menghabiskan waktunya di warung kopi, tidak terbatas usia dari muda sampai yang tua, pria maupun wanita. Kebersihan gelas yang kurang memperhatikan hygiene akan mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangbiakan kuman/bakteri. Salah satu syarat peralatan makan/minum yang digunakan khususnya oleh pedagang bahwa tidak boleh mengandung koloni bakteri atau 0 koloni/cm² permukaan alat. Apabila bakteri sampai mengkontaminasi makanan/minuman tersebut dan masuk kedalam tubuh akan dapat menyebabkan penyakit diare, keracunan atau bahkan kematian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan E. coli pada gelas kopi di warung seputaran kampus Universitas Teuku Umar. Jenis penelitian ini menggunakan metode Kualitatif yang bersifat deskriptif eksperimental, teknik sampling yang digunakan adalah proposive sampling, yang terdiri dari 6 warung dengan 6  sampel menggunakan teknik swab. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa keberadaan E. coli pada gelas kopi di seputaran kampus Universitas Teuku Umar dengan pemeriksaan Uji Laboratorium didapatkan 5 sampel warung (83.3%) positif mengandung bakteri E. coli atau hampir seluruhnya E. coli berada pada gelas kopi di seputaran kampus UTU dengan kode warung B, C, D, E dan F dan hanya 1 sampel warung (16,7%) negatif mengandung bakteri E. coli dengan kode warung A. Disarankan untuk penjamah makanan/minuman di warung kopi lebih memperhatikan persyaratan teknik hygiene sanitasi dari proses pencucian peralatan hingga penyimpanan peralatan dengan baik agar tidak terkontaminasi oleh bakteri E. coli.

 

Full Text:

PDF

References

Afriyanti, L. N. (2019). Keberadaan Escherichia coli pada makanan di kantin Sekolah Dasar. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 3(3), 417-429.

Baehaqi,Y.K., Putriningsih, P.A.S., & Suardana. I.W. (2015). Isolasi dan Identifikasi Escherichia coli O157:H7 dada Sapi Bali Di Abiansemal, Badung, Bali. Jurnal Indonesia Medicus Veterinus. 4(3):267-278.

Darmawan, A. M. (2017). Perpustakaan Dan Pusat Aktifitas Sosial Masyarakat Di Aceh Barat Daya “dengan Pendekatan Pleasure of Reading”.

Kementrian Kesehatan RI. (2011). Peraturan Menteri Kesehatan tentang Pedoman Higiene Sanitasi Jasa boga (Permenkes 1096/Menkes/PER/VI/2011.

Kementrian Kesehatan RI. (2017). Kementrian Kesehatan RI. Jakarta. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Data dan informasi Profil Kesehatan Indonesia.

Kobis, I. W., Umboh, J. M., & Pijoh, V. (2013). Gambaran Keberadaan Escherichia Coli Pada Peralatan Makan di Rumah Makan Pasar Bersehati Kota Manado. Manado: Universitas Sam Ratulangi Manado Klas I Kedungpane Kota Semarang). Jurnal Kesehatan Masyarakat (E-Journal), 4(4), 470-477.

Marisdayana, R., Harahap, P. S., & Yosefin, H. (2017). Teknik Pencucian Alat Makan, Personal Hygiene Terhadap Kontaminasi Bakteri Pada Alat Makan. Jurnal Endurance, 2(3), 376-382. Jambi.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 715/Menkes/SK/2003. Tentang Persyaratan Hygiene Sanitasi Jasaboga. Menteri Kesehatan. Jakarta.

Rahayu, S. A., & Gumilar, M. M. H. (2017). Uji cemaran air minum masyarakat sekitar Margahayu Raya Bandung dengan identifikasi bakteri Escherichia coli. Indonesian journal of pharmaceutical science and technology, 4(2), 50-56.

http://journal.unpad.ac.id/ijpst/article/view/13112/6933 (Diakses pada 7 Agustus 2021)

Rizqi, S. N., Hestiningsih, R., & Saraswati, L. D. (2016). Faktor-faktor yang berhubungan dengan total angka bakteri dan keberadaan bakteri Escherichia coli pada alat makan (studi pada lapas klas I Kedungpane Kota Semarang). Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 4(4), 470-477.

Rulen, B. N., & Intarsih, I. (2021). Analisis Keberadaan Bakteri Dan Higiene Sanitasi Peralatan Makan Di Rumah Makan Wilayah Kerja Puskesmas Simpang Tiga Pekanbaru. Ensiklopedia of Journal, 3(2), 179-189.

Telew, M., Joseph, W. B., & Pinontoan, O. (2019). Gambaran Angka Kuman Dan Keberadaan Escherichia coli Pada Peralatan Makan Rumah Makan Di Kelurahan Mahakeret Barat Dan Mahakeret Timur Kecamatan Wenang Kota Manado. Kesmas, 7(5).

Tumelap, H. J. (2011). Kondisi Bakteriologik Peralatan Makan Di Rumah Makan Jombang Tikala Manado. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 1(1), 20-27.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.