Peningkatan Perilaku Ibu Hamil Terhadap Pemanfaatan Buku KIA dengan Metode Promkes Di Puskesmas Sangkalan Tahun 2020

Hafriyan Sella, Siti Maisyaroh Fitri Siregar, Sukma Elida, Susy Sriwahyuni

Abstract

Buku KIA adalah buku yang berisi catatan kesehatan ibu mulai dari hamil, bersalin, nifas, dan catatan kesehatan anak mulai dari bayi baru lahir hingga balita, serta berbagai informasi cara merawat kesehatan ibu dan anak. Buku KIA merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menekan angka kematian ibu dan bayi. Berdasarkan data dari dinas kesehatan kabupaten/kota, diketahui kematian bayi di Aceh Barat Daya tahun 2019 berjumlah 22 kasus. Hal ini dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan, sikap, tindakan serta pemanfaatan buku KIA dikalangan para ibu hamil sangat kurang. Penelitian ini menggunakan metode pendidikan individual untuk pemberian intervensi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan perilaku ibu hamil terhadap pemanfaatan buku KIA dengan metode promkes. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan pretest-posttest desaign. Metode sampel yang digunakan dalam penelitian ialah purposive sampling dimana peneliti menentukan sampel berdasarkan kriteria tertentu, sampel penelitian berjumlah 41 orang. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dari pemberian intervensi didapatkan pengetahuan dengan nilai Pvalue 0.000, sikap dengan nilai Pvalue 0.000, serta  tindakan dengan nilai Pvalue 0.000 dan ini lebih kecil dari nilai ᶏ yaitu nilai P>0,05. Diharapkan kepada pihak puskesmas agar hasil penelitian ini dapat diaplikasikan oleh responden dan keluarga dalam membantu meningkatkan pengetahuan ibu hamil terhadap pemanfaatan buku KIA, khususnya terutama kader posyandu agar dapat memberikan pendidikan kesehatan individual tentang pemanfaatan buku KIA kepada ibu hamil.

 

Full Text:

PDF

References

Alo Liliweri, M. . (2007). Dasar-dasar komunikasi kesehatan. Yogyakarta:Pustaka pelajar.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Riset Kesehatan Dasar Provinsi Bali Tahun 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI.

Departemen Kesehatan RI dan JICA. (2015). Petunjuk Teknis Penggunaan Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Departemen Kesehatan RI dan JICA. (2015). Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Fitriani, E., dkk. 2014. Efektifitas Pendidikan Kesehatan Tentang Kehamilan Resiko Tinggi Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil. Universitas Riau. Vol 1. No 2. Oktober 2014:1-8

Effendy, Onong Uchjana, Teori dan praktek komunikasi, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung 2004.

Green, L. (1980). Diterjemahkan oleh Marady, Zulasmi, dkk. Perencanaan Pendidikan Kesehatan Sebuah Pendekatan Diagnostik. Jakarta: Proyek Pengembangan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Green, L. 1991. Precede-Proceed Framework. Colombia: My Field Publishing Company. Kementrian Kesehatan RI. (2010). Pedoman Pemantauan Wilayah Setempat Kesehtan Ibu Dan Anak (PWS-KIA). Jakarta.

Jonathan sarwono, 2015. Rumus-rumus populer dalam SPSS 22 untuk Skipsi, yogyakarta: Andi offset.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2012). Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia tahun 2012. Jakarta.

Kementrian Kesehatan RI. (2015). Laporan Akuntabilitas Kinerja Kementrian Kesehatan Tahun 2014. Jakarta

Kusindijah. 2012. Hubungan antara Kepemilikan Buku KIA dengan Pengetahuan, Sikap, dan Praktik Perawatan Kehamilan di Wilayah Kerja Puskesmas Rangkah Surabaya. Embrio, Jurnal Kebidanan, Vol. I No. 1, April 2012.

Maulana, H. 2009. Promosi Kesehatan. Jakarta: PT. Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmojo S. 2008. Promosi Kesehatan di Sekolah. Edisi Pertama.

Jakarta (ID):Penerbit Pusat Promosi Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Notoatmodjo, S. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2014 Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Notoatmodjo S. 2015. Metodologi Penelitian Kesehatan. Edisi keempat. Jakarta (ID):Penerbit Rineka Cipta.

Noviyanti. 2015. Gambaran Pengetahuan, Sikap, dan Pemanfaatan Buku KIA oleh ibu Hamil di Wilayah Puskesmas I Denpasar Selatan. Skripsi. Fakultas Kedokteran Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Udayana.

Nur Hidayatul. 2017. Hubungan Pemanfatan Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Dengan Tingkat Pengetahuan dan Perilaku Kesehatan Ibu Hamil Trisemester III di Puskesmas Jagir Surabaya. Naskah Publikasi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Oktarina dan Mugeni. 2015. Hubungan Pengetahuan, Sikap, Kepatuhan Ibu Hamil dan Ibu Bayi dalam Penggunaan Buku KIA. Pusat Humaniora, Kebijakan Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Badan Litbangkes, Kemenkes RI. Jurnal, Vol. 18 No. 2.

Putu Ayu , 2016. Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Pada Ibu Balita di Wilayah Kerja Puskesmas I Denpasar Timur. Skripsi Universitas Udayana.

Rina Hanum, 2018. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Hamil Tentang Pemanfaatan Buku KIA di Puskesmas Namu Ukur. Jurnal Bidan Komunitas, Vol. 1 No. 3

Rosalina, 2020. Pengaruh Penyuluhan Melalui Sosial Media Whatsapp Dalam Peningkatan Perilaku Pencegahan GASTRITIS dikalangan Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat. Skripsi Universitas Teuku Umar

Sistiarani, C. 2014. Fungsi Pemanfaatan Buku Kesehatan Ibu Dan Anak Pada Ibu. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, Vol 8 No 8, (diakses mei 2014)

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Soviany R Tambuwun. 2019. Pengaruh Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Tentang 1000 HPK Di Kelurahan Molas Kecamatan Bunaken Kota Manado. Jurnal KESMAS,Vol. 8,No.6

Sumardino. 2011. Promosi Kesehatan dengan Buku KIA Terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil Dan Ante Natal Care Di Puskesmas Klaten Ceper Tahun 2011. Jurnal Keperawatan Global, Volume 1, No1, Juni 2016 hlm 01-54.

Susilowati, D. 2016. Promosi Kesehatan. Pusdik SDM Kesehatan. Jakarta.

Subejo, 2010. Home Garden and The Harmonization Rural Life. Kompas. Jakarta.

Satriyo Setyo Utomo. 2018. Pengembangan Metode Promosi Kesehatan tentang Rabies untuk Peningkatan Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar.Jurnal Penyuluhan, September 2018 Vol. 14 No. 2

Suri Rahma Yeni, 2014. Efektifitas Pendidikan Kesehatan Menggunakan Metode Pendidikan Individual Tentang Pengetahuan Pola Makan Pada Penderita Hipertensi Di Puskesmas Harapan Raya, Jom Psik Vol.1.2 Oktober 2014.

Priyanto. 2014. Subjective Well Being Pada Remaja Ditinjau Dari Kesadaran Lingkungan. Jurnal Vol. 13 No.1, Januari – Juni 2014.

Wiwin Mintarsih. Replika Kegiatan Pemanfaatan Buku KIA Melalui Pendampingan Kader Mahasiswa Dan Kader Kesehatan. Jurnal Ilmiah Bidan. 2018;3(3):1-10.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.