Analisis Manajemen Program Imunisasi dalam Capaian Cakupan Universal Child Immunization (UCI) Di Puskesmas Kuala Bhee Kabupaten Aceh Barat

Fitirana Fitirana, Fitriani Fitriani, Teungku Nih Farisni, Yarmaliza Yarmaliza

Abstract

Universal child immunization (UCI) adalah suatu keadaan tercapaianya imunisasi dasar secara lengkap pada semua bayi di bawah umur satu tahun. Terdapat beberapa hambatan di Puskesmas Kuala Bhee yang mempengaruhi pelaksanaan perencanaan tercapainya target UCI. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen program imunisasi dalam capaian cakupan Universal child immunization (UCI) di Puskesmas Kuala bhee Kabupaten Aceh Barat. Jenis penelitian ini dengan metode pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini sebanyak 7 orang. Teknik analisis data menggunakan alur reduksi data, penyajian data dan verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen program imunisasi dalam capaian cakupan Universal Child Immunization (UCI) di Puskesmas Kuala Bhee Kabupaten Aceh Barat belum dilaksanakan dengan optimal, hal ini dapat dilihat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan belum berjalan dengan baik. Pencapaian yang telah didapat dari perencanaan kerja imunisasi adalah hanya imunisasi BCG yang hampir tercapai dan dari 43 desa di wilayah kerja Puskesmas Kuala Bhee hanya desa Ietam Tunong yang sudah tercapai imunisasinya sementara desa lainnya belum tercapai. Kendala yang dihadapi dalam manajemen program imunisasi dalam capaian cakupan Universal Child Immunization (UCI) di Puskesmas Kuala Bhee Kabupaten Aceh Barat adalah data jumlah bayi yang ada di Puskesmas berbeda dengan jumlah bayi yang ada dilapangan, masih kurangnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memberikan imunisasi lengkap pada anak dan jarak tempuh desa yang jauh ke Posyandu dan kendala berikutnya adalah orang tua bayi tidak mengizinkan anaknya untuk diimunisasikan. Disarankan kepada kepala Puskesmas Kuala Bhee agar dapat melaksanakan perencanaan bulanan untuk program imunisasi, memperbaiki pelaksanaan manajemen puskesmas dan melakukan monitoring langsung dalam pelayanan imunisasi diluar gedung sehingga dapat meningkatkan cakupan imunisasi  dan dapat mencapai target pencapaian UCI.

 

Full Text:

PDF

References

Andani, O.S. 2020. Evaluasi Program Imunisasi Dasar Lengkap Pada Bayi Di Puskesmas Sekancing Tahun 2018. Jurnal Kesehatan dan Sains Terapan STIKes Merangin (2020). Prodi S1 Kesehatan Masyarakat STIKes Merangin.

Dinas Kesehatan Aceh Barat. 2016. Data Jumlah bayi dan Imunisasi di Kabupaten Aceh Barat.

Dinas Kesehatan Aceh Barat. 2018. Data Jumlah bayi dan Imunisasi di Kabupaten Aceh Barat tahun 2018.

Dinas Kesehatan Aceh Barat. 2019. Data Jumlah bayi dan Imunisasi di Kabupaten Aceh Barat tahun 2019.

Kementriana Kesehatan RI. 2020. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta

Mestika dkk. 2020. Analisis Manajemen Program Imunisasi Dasar Dalam Pencapaian Cakupan Universal Child Imunization (UCI) di Puskesmas Tanjung Rejo Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Teknologi, Kesehatan dan Ilmu Sosial.

Muninjaya, A.A. Gde. 2016. Manajemen Kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC

Ramsar dkk. 2017. Penerapan Fungsi Manajemen di Puskesmas Minasa Upa kota Makassar Tahun 2015. Jurnal, FKM Universitas Hasanuddin. Makassar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.