HUBUNGAN PERILAKU KELUARGA DAN KONDISI RUMAH DENGAN RISIKO TB PARU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ALUE SUNGAI PINANG KABUPATEN ACEH BARAT DAYA

Munawarah Munawarah, Zakiyuddin Zakiyuddin, Yarmaaliza Yarmaaliza

Abstract

TB paru merupakan penyakit yang disebabkan bakteri Mycobacterium tuberculosis dan sangat cepat ditularkan melalui percikan dahak (droplet nuclei) pada saat penderita batuk atau bersin terhadap orang di sekitar penderita seperti keluarga yang tinggal serumah dengan penderita. Berkaitan dengan kasus TB Paru BTA Positif yang terjadi pada penduduk di Wilayah Kerja Puskesmas Alue Sungai Pinang pada tahun 2019 sebanyak 33 kasus per 1.000 penduduk (3,3%). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku keluarga dan kondisi rumah dengan risiko TB Paru di Wilayah Kerja Puskesmas Alue Sungai Pinang Kabupaten Aceh Barat Daya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Sampel pada penelitian ini ditentukan secara random sampling menggunakan rumus slovin, sehingga jumlah sampel pada penelitian berjumlah 97 Kepala Keluarga. Data penelitian dianalisa dengan menggunakan uji chi-square. Hasil analisis statistik dapat diketahui bahwa pengetahuan (P.Value = 0,001); sikap (P.Value = 0,004); penataan ruangan rumah (P.Value = 0,001); ventilasi rumah (P.Value = 0,001) dan pencahayaan rumah (P.Value = 0,036) di mana secara keseluruhan nilai tersebut < α = 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan, sikap, penataan ruangan rumah, ventilasi rumah dan pencahayaan rumah dengan risiko TB Paru di Wilayah Kerja Puskesmas Alue Sungai Pinang. Hasil penelitian disarankan kepada kader dan tenaga Kesehatan Sungai Alue Pinang untuk meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat dalam upaya meningkatkan pengetahuan masyarakat, khususnya dalam upaya penanggulangan penyakit TB Paru.

Full Text:

PDF

References

Adnani, H. 2012. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta : Nuha Medika.

Agustin, RA. 2018. Tuberculosis. Proses Terjadinya Penyakit. Kendari: Deepublish.

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Atmosukarto dan Soewasti, S. 2015. Pengaruh Lingkungan Pemukiman dalam Penyebaran Tuberkulosis. Jakarta: Media Litbang Kesehatan.

Ayurti, Florida. 2016. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Terhadap Perilaku Keluarga Dalam Pencegahan Penularan Penyakit Tuberkulosis di Wilayah Kerja Puskesmas Oesapa. CHM-K Health Journal Vol. 11 No.2, di akses disitus download.garuda.ristekdikti.go.id.

Batti, dkk. 2020. Analisis Hubungan Antara Kondisi Ventilasi, Kepadatan Hunian, Kelembaban Udara, Suhu dan Pencahayaan Alami Rumah Dengan Kejadian Tuberkulosis Paru di Wilayah Kerja Puskesmas Wara Utara Kota Palopo. Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado di akses di situs fkm.unsrat.ac.id.

Danusantoso, H. 2015. Buku Saku Ilmu Penyakit Paru. Jakarta: ECG.

Dinkes Provinsi Aceh. 2018. Profil Kesehatan Provinsi Aceh. Banda Aceh: Dinas Kesehatan Provinsi Aceh.

Dinkes Kabupaten Aceh Barat Daya. 2019. Profil Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Daya. Blangpidie: Dinas Kesehatan Aceh Barat Daya.

Effendi, S.U., dkk. Hubungan Penataan Ruangan Rumah dan Ventilasi Rumah dengan Kejadian TB Paru Pada Pasien Dewasa Yang Berkunjung di Puskesmas Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas Utara. CHMK Health Journal, Vol. 4, No.2, di akses di situs scholar.unand.ac.id.

Febriansyah, R. 2017. Hubungan Tingkat Pengetahuan Keluarga Dengan Upaya Risiko Penularan Tuberkulosis Paru Pada Keluarga Di Wilayah Kerja Puskesmas Nguter Sukoharjo. Publikasi Ilmiah, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta, di akses di situ eprints.ums.ac.id.

Friedman. 2015. Buku Ajar Keperawatan Keluarga : Riset, Teori, Dan Praktek. Jakarta: EGC.

Hendesa, A., dkk. 2017. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Keluarga Dengan Kejadian TB Paru di Rumah Sakit Paru Kota Palembang. Jurnal Kedokteran Sriwijaya, Vol. 5, No. 4, di akses di situs jurnal.stikes-aisyiyah-palembang.ac.id.

Kemenkes RI. 2016. Pedoman Pengobatan Pasien TB Paru. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

__________. 2016. Pedoman Nasional Pengendalian Tuberkulosis. Jakarta: Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan.

__________. 2018. Pedoman Nasional Penanggulangan Tuberkulosis. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Listiono, H. 2019. Analisa Faktor Risiko Kejadian Tuberkulosis Paru di Wilayah Kerja Puskesmas Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan. Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan, Vol 11, No. 1 ISSN 2087-8362, di akses di situs jurnal.stikes-aisyiyah-palembang.ac.id.

Naga S. Sholeh. 2014. Ilmu Penyakit Dalam. Yogjakarta: Diva Pres.

Notoatmodjo, S. 2014. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Edisi Revisi Tahun 2014. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nuzula, F. 2017. Buku Pedoman Asuhan keperawatan Keluarga. Banyuwangi: IKAPI.

Maria, Insana. 2020. Hubungan Antara Pengetahuan Keluarga Dengan Kejadian TB Paru di Wilayah Kerja Puskesmas Martapura II. Jurnal Keperawatan Suaka Insan (JKSI) Vol. 5, No. 2, P- ISSN: 2527-5798, E-ISSN: 2580-7633, diakses di situs www.ejurnalmalahayati.ac.id.

Mudana, R., Adiputra, N., dan Pujastawa. 2017. Hubungan Sanitasi Rumah dengan Kejadian Penyakit Tuberkulosis (TB) di Kecamatan Kuta. Jurnal Ecotrophic Vol. 11 No. 1 p-ISSN: 1907-5626, e-ISSN: 2503-3395, diakses di situs download.garuda.ristekdikti.go.id.

PKM Alue Sungai Pinang. 2019. Laporan Register Tuberkulosis Puksemas Alue Sungai Pinang. Jeumpa: PKM Alue Sungai Pinang.

Putri, K.D. 2019. Hubungan Penataan Ruangan Dengan Kejadian TB Paru di Wilayah Kerja Puskesmas Karya Jaya Palembang. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya, diakses di situs repository.unsri.ac.id

Riyanto, A. 2016. Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Nuha Medika. Yogyakarta.

Rizana, dkk. 2016. Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Keluarga Dalam Pencegahan Penularan Tuberkulosis Paru di Wilayah Kerja Puskesmas Banda Sakti Kota Lhokseumawe. Jurnal Ilmu Keperawatan, Vol. 4, No. 2 ISSN: 2338-6371.

Sahadewa, S., dkk. 2018. Hubungan Tingkat Pencahayaan, Kelembaban Udara, dan Ventilasi Udara dengan Faktor Risiko Kejadian TB Paru BTA Positif di Desa Jatikalang Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Kedokteran Wijaya Kusuma, Vol. 8, No. 2, P-ISSN 1978-2071, E-ISSN 2580-5967, di akses di situs repository.unusa.ac.id.

Sardi. 2014. Konsep Lingkungan Rumah Sehat Dalam Perancangan Rumah Hunian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sari, D.A. 2015. Hubungan Antara Kondisi Rumah dengan Kejadian Tuberkulosis Paru di Puskesmas Kismantoro Kabupaten Wonogiri. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta, di akses di situs eprints.ums.ac.id.

Sari, P.K. 2018. Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Tentang Tuberkulosis Dengan Kejadian Tuberkulosis di Kota Pekalongan. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta, di akses di situs eprints. ums.ac.id.

Sinaga, F., dkk. 2016. Hubungan Kondisi Ventilasi Rumah dengan Kejadian TB Paru di Wilayah Kerja Puskesmas Kelayan Timur. Jurnal Berkala Kedokteran Vol. 12, No. 12, di akses di situs ppjp.ulm.ac.id.

Sunyoto, D. 2016. Praktis SPPS. Yogyakarta: CAPS.

Tabrani, R. 2016. Ilmu Penyakit Paru. Jakarta: Trans Info.

Wherdani. 2013. Patofisiologi, Diagnosis, dan Klasifikasi Tuberkulosis. Jakarta: FK UI.

Zulaikhah, S.T. 2018. Hubungan Pengetahuan, Perilaku dan Lingkungan Rumah dengan Kejadian Transmisi Tuberkulosis Paru di Wilayah Kerja Puskesmas Bandarharjo Semarang. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia, Vol. 18, No. 2, diakses di situs ejournal.undip.ac.id.

WHO. 2018. Report Tuberculosis In The World and Defenition and diagnosis of pulmonolgy tuberculosis. Jenewa.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.