FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENANGANAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT TAHUN 2020

Dhea Arfara, Susy Sriwahyuni, Jun Musnadi, Muhammad Iqbal Fahlevi

Abstract

Pengelolaan sampah merupakan suatu kegiatan yang menitikberatkan pada pengurangan dan penanganan sampah. Penanganan sampah meliputi pemilahan, pengumpulan, pengangkutan, pengolahan dan pemprosesan akhir sampah. Permasalahan sampah di Kecamatan Johan Pahlawan membutuhkan pelayanan dan perhatian dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Aceh Barat dikarenakan kurangnya pengetahuan serta kesadaran masyarakat untuk melakukan penanganan sampah sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan sampah disekitar tempat tinggal masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penanganan sampah rumah tangga di Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survey analitik dengan desain cross sectional. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji chi-square, dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa ada pengaruh antara pengetahuan, sikap, tindakan dan partisipasi masyarakat terhadap penanganan sampah rumah tangga. Pengetahuan (Pvalue = 0,022 < α = 0,05 dan nilai OR = 2,388) ; Sikap (Pvalue = 0,000 < α = 0,05 dan nilai OR = 6,391) ; Tindakan (Pvalue = 0,000 < α = 0,05 dan nilai OR = 13,065) ; Partisipasi Masyarakat (Pvalue = 0,000 < α = 0,05 dan nilai OR = 22,630). Penelitian ini disarankan kepada Dinas Lingkungan Hidup agar dapat melakukan sosialisasi tentang bahaya sampah dan melakukan penanganan sampah bersama masyarakat agar dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat dan kesadaran masyarakat di Kecamatan Johan Pahlawan.

 

Full Text:

PDF

References

Asri, Y. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penanganan Sampah Rumah Tangga Di Kecamatan Johan Pahlawan Aceh Barat. Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar.

Badan Pusat Statistik Jakarta Pusat. 2018. Statistik Lingkungan Hidup Indonesia Tahun 2018. Jakarta Pusat: Badan Pusat Statistik.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. 2013. Laporan Hasil Riset Kesehatan (Riskesdas) Indonesia Tahun 2013. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

DLH. 2020. Buku Data Status Lingkungan Hidup dan Daerah (SLHD) Kabupaten Aceh Barat (IKPLHD). Aceh Barat.

Kementerian Negeri Lingkungan Hidup Republik Indonesia, 2018. Statistik Persampahan Indonesia.

Kementerian Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia, 2016. Limbah dan B3.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2015. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2014. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Notoatmodjo S. 2010. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta : Edisi Revisi 2010 Jakarta : Rineka Cipta.

Novitalia E.P. 2019. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Penanganan Sampah Rumah Tangga Di Desa Tatung Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Kesehatan Masyarakat STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun.

Nor Wijayanti, dkk (2018). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Terpadu di Sumberagung Jetis Bantul DIY. Jurnal Kesehatan Masyarakat STIKes Surya Global. Yogyakarta.

Rohmatin. 2016. Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap dengan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Lingkungan II Kelurahan Sumompo Kecamatan Tuminting Kota Manado. Kesehatan Lingkungan. Universitas Sam Ratulangi.

Ririn Setyowati, dkk (2013). Pengetahuan dan Perilaku Ibu Rumah Tangga dalam Pengelolaan Sampah Plastik. Jurnal Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Slamet J. 2016. Kesehatan Lingkungan. Yogyakarta: Gadjah Mada University. Press; 2016.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.