ANALISIS PERILAKU MASYARAKAT DALAM MEMBUANG SAMPAH RUMAH TANGGA DISUNGAITANGGUL DESA KUTA SIMBOLING KECAMATAN SINGKIL KABUPATEN ACEH SINGKIL

Desi Hasrina, Yarmaliza Yarmaliza,

Abstract

Masalah sampah di Indonesia masih sangatlah tinggi,dikarenakan kurangnya perhatian masyarakat terhadap dampak yang dapat ditimbulkan akibat membuang sampah disungai dengan sembarangan.Selain itu sampah juga dapat menimbulkan pencemaran lingkungan serta menimbulkan berbagai macam penyakit.Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis perilaku masyarakat dalam membuang sampah rumah tangga di sungai Tanggul desa Kuta Simboling Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Desain observasional analitik dengan sampel 30 responden dan teknik random sampling.Penelitian ini menggunakan analisis univariat dan bivariat.Dari hasil penelitian ini terdapat hubungan Signifikan antara pengetahuan dan sikap masyarakat dengan membuang sampah sembarangan di sungai, didapatkan nilai p-value pengetahuan yaitu 0.028 (p>0.05) dan nilai p-value sikap yaitu 0.079 (p>0.05).Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut ialah pengetahuan masyarakat dengan perilaku membuang sampah tergolong baik, dikarenakan masyarakat mengerti bahaya membuang sampah disungai.

Full Text:

PDF

References

Ashidiqy, Marista Rahman. 2009. Skripsi.“Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Masyarakat Dalam Membuang Sampah Rumah Tangga Di Sungai Mranggen”.Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2021. Tentang “Pedoman Pelaksanaan Reduce, Reuse, dan Recycle Melalui Bank Sampah”..

KLHK.2020.Indonesia Memasuki Era Baru Pengolahan Sampah.Jakarta.

http://tekno.tempo.co/read/1521617/5-negara-ini-penyumbang-sampah-plastik-terbesar-di-dunia-indonesia-urutan-ke-3

Nia Astina,et al. 2019. Jurnal.“Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Masyarakat Dalam Membuang Sampah Rumah Tangga Ke Sungai Di Desa Pamarangan Kanan Kabupaten Tabalong Tahun 2019”.Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin.Kalimantan Selatan.

Chandra Budiman. 2012. ”Pengantar Kesehatan Lingkungan”. Jakarta.

Ryan Aditya Pratama,et al. 2015. Jurnal.“Perilaku Masyarakat Dalam Membuang Sampah Di Tempat Penampungan Sementara (TPS) Di Kecamatan Pontianak Barat Kota Pontianak”.Universitas Tanjungpura. Pontianak.

Liana Penny, H.et al. 2012.Jurnal.“Kajian Perilaku Masyarakat Membuang Sampah Di Bantaran Sungai Martapura Terhadap Lingkungan Perairan”Universitas Lambung Mangkurat.Kalimantan Selatan.

Marhaban Lingga. 2019. Opini “Permasalah Sampah Kabupaten Aceh Singkil Harus Segera Diselesaikan dan Dituntaskan”.UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Fajar W. A., Dewi P. 2014. Jurnal “Sosialisasi Bahaya Membuang Sampah Sembarangan dan Menentukan Lokasi TPA di Dusun Deles DesaJagonayan Kecamatan Ngablak”.

Hardiatmi S. 2011. Jurnal “Pendukung KeberhasilanPengelolaan Sampah Kota”.

Ikhsandri. 2014. Jurnal “Kajian Infrastuktur Pengolahan Sampah di Kawasan Berkembang JakabaringKelurahan 15 Ulu Kota Palembang”.

Muchammad Zamami Elaminet al. 2018. Jurnal “analisis pengelolaan sampah pada masyarakat desa disanah kecamatan sreseh kabupaten sampang”.UINAR

Refbacks

  • There are currently no refbacks.