PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN MUTU PELAYANAN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM SWASTA HARAPAN SEHAT ACEH BARAT TAHUN 2021

Rosita Afriani, Yarmaliza Yarmaliza, Siti Maisyaroh Fitri Siregar, Fitrah Reynaldi

Abstract

Strategi pemasaran dan mutu pelayanan merupakan faktor yang menjadi tolak ukur dalam meningkatkan jumlah kunjungan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor yang mempengaruhi minat kunjungan ulang pasien, yaitu strategi pemasaran, dan mutu pelayanan. Desain penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel 70 orang yang dianalisis menggunakan analisis univariat dan bivariat. Hasil penelitian didapatkan bahwa adanya pengaruh antara strategi ( Pvalue= 0.002˂ ɑ = 0.05), dan Mutu Pelayanan ( Pvalue= 0.003˂ ɑ = 0.05) terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Swasta Harapan Sehat Aceh Barat. Simpulan pada penelitian ini adalah adanya hubungan strategi pemasaran dan mutu pelayananan terhadap minat kunjungan ulang pasien rawat inap di rumah sakit umum swasta harapan sehat aceh barat.

 Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Mutu Pelayanan, Minat Kunjungan Ulang

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.