Respon Pertumbuhan Vegetatif Beberapa Varietas Kelapa Sawit Terhadap Berbagai Komposisi Media Tanam Limbah di Pre Nursery

Muhammad Afrillah, Ferry Ezra Sitepu, Chairani Hanum, Amda Resdiar, Evi Julianita Harahap

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui respon pertumbuhan beberapa varietas kelapa sawit pada perlakuan penggunaan limbah pabrik kelapa sawit sebagai komposisi media tanam. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan rancangan acak kelompok faktorial yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama ialah komposisi berbagai jenis media tanam limbah kelapa sawit (top soil, top soil + serat 1:1, top soil + TKKS 1:1, top soil + solid decanter 1:1, dan top soil + serat + TKKS + solid decanter 1:1:1:1) dan faktor kedua yakni varietas (Yangambi, Simalungun dan Avros). Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan berbagai komposisi media tanam berpengaruh nyata terhadap diameter batang pada 12 dan 14 MST, dan bobot kering tajuk. Respon dari beberapa varietas Kelapa Sawit belum menunjukan perbedaan respons terhadap penggunaan komposisi media tanam limbah. Kombinasi media tanam limbah terbaik dari penelitian ini diperoleh pada penggunaan media top soil dicampur dengan serat, TKKS, dan solid decanter dengan perbandingan 1:1:1:1

Full Text:

PDF

References


BPS. 2008. Statistik Kelapa Sawit Indonesia. Biro Pusat Statistik Sum. Utara, Medan.

Fauzi, Y. , Widyastuti, Y. E., Satyawibawa, I., Hartono, 2002. Kelapa Sawit. PT. Penebar Swadaya. Jakarta.

Fried, George H. & George J. Hademenos. 2000. Scahum’s Outlines BIOLOGI Edisi Kedua. Erlangga. Jakarta.

Direktorat Jenderal Perkebunan. 2015. Rencana Strategis Direktorat Jenderal Perkebunan Tahun 2015-2019. Jakarta.

Gardner, F. P., R. B. Pearre dan R. L. Mitchell. 1991. Fisiologi Tanaman Budidaya. Universitas Indonesia Press. Jakarta.

Hakim, N., M. Y. Nyakpa, A. M Lubis, S. G. Nugroho. 1986. Dasar - dasar Ilmu Tanah. Universitas Lampung.

Hakim, M. 2007. Teknis Agronomis dan Manajemen Kelapa Sawit. Lembaga Pupuk Indonesia. Jakarta.

Lubis, A.U., 2008. Kelapa Sawit (ElaeisguineensisJacq.) di Indonesia.

Edisi 2. Pusat Penelitian Kelapa Sawit, Medan.

Mangoensoekarjo, S,. dan Semangun, H,. 2008. Manajemen Agribisnis Kelapa Sawit. UGM Press.Yogyakarta.

Schuchardt, F., Darnoko, D. Darmawan, Erwinsyah, dan Guritno, P. 2001. Pemanfaatan Tandan Kosong Sawit dan Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit untuk Pembuatan Kompos. Lokakarya Pengelolaan Lingkungan Pabrik Kelapa Sawit (Medan: 19 – 20 Juni 2001).

Wahyono, S., F.L. Sahwan, F. Suryanto, dan A. Waluyo, 2003. Pembuatan Kompos dari Tandan Kosong Kelapa Sawit. Prosiding Seminar Teknologi untuk Negri, Vol. I, Hal. 375 - 386.




DOI: https://doi.org/10.35308/jal.v6i2.3179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.