PENGARUH MEDIA TANAM DAN DOSIS PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.)

Wira Hadianto, Yusrizal Yusrizal, Amda Resdiar, Aris Marseta

Abstract


Tanaman Selada merupakan salah satu komoditi hortikultural yang memiliki nilai komersial yang cukup baik. Semakin bertambahnya jumlah penduduk indonesia serta meningkatnya kesejahteraan dan kesadaran masyarakat terhadap kebutuhan gizi, menyebabkan bertambahnya permintaan akan sayuran di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis media tanam serta dosis pupuk NPK yang tepat, untuk pertumbuhan dan hasil selada yang optimum sehingga dapat menjadi informasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar, Meulaboh Aceh Barat dari bulan November 2019 sampai dengan Januari 2020. Penelitian ini dilaksanakan persemaian, persiapan media tanam, penanaman, pemupukan, pemeliharaan dan panen. Variabel pengamatan : Tinggi tanaman dan jumlah daun umur 14,21, dan 28 HST. Berat segar tanaman dan berat segar akar. Hasil penelitian Jenis media menunjukan tinggi tanaman, jumlah daun, berat segar tanaman dan berat segar akar tanaman terbaik dijumpai pada tanah Aluvial. Sedangkan Dosis pupuk NPK menunjukan tinggi tanaman, jumlah daun, berat segar tanaman dan berat segar akar tanaman terbaik dijumpai pada perlakuan N3 (NPK 2,25 g/polibag).

Full Text:

PDF

References


Ernawati, Dkk. 2017. Pengaruh Pupuk Kandang Sapi Dan Pupuk Npk

Mutiara 16:16:16 Terahadap Pertumbuhan Dan Produksi

Tanaman Selada (Lactuca Sativa L.) Universitas 17 Agustus 1945

Samarinda, Indonesia. . Jurnal Agrifor Volume Xvi Nomor 2. Makaruku, M.H. 2015. Respon Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Selada (Lactuca Sativa L.) Terhadap Pemberian Pupuk Organik. Jurnal Agroforestri. Vol. X No. 3. Halaman: 239246.

Mulyani Sutedjo, M. 2008. Pupuk Dan Cara Pemupukan. Rinekacipta. Jakarta.

Prasetyo, B. H. Dan Suriadikarta, D. A. 2006. Karakteristik, Potensi, Dan

Teknologi Pengelolaan Tanah Ultisol Untuk Pengembangan Pertanian Lahan Kering Di Indonesia. Litbang Pertanian. 2(25). 39 Hal.

Prasetyo, B. H. 2005. Mineral Tanah. Bogor: Balai Peneliti Tanah. 39 46hal

Sabiham, S., G. Supardi, Dan S. Djokodudardjo. 1989. Pupuk Dan Pemupukan. Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Tidak Dipublikasikan.

Sunarjono, H. H. 2007. Bertanam 30 Jenis Sayuran. Penebar Swadaya, Jakarta. 184 Hlm




DOI: https://doi.org/10.35308/jal.v6i2.3182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.