PENGARUH PEMBERIAN SUMBER NUTRIEN BERBEDA PADA MEDIA KULTUR TERHADAP KEPADATAN POPULASI DAN LAJU PERTUMBUHAN Daphnia sp.

Dini Islama, Nurhatijah Nurhatijah, Muhammad Muntadhar, Muhammad Fadhli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian sumber nutrien berbeda pada media kultur terhadap kepadatan populasi dan laju pertumbuhan Daphnia sp. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap non faktorial dengan tiga perlakuan dan lima kali ulangan. Perlakuan yang diteliti adalah kultur Daphnia sp. dengan pemberian air endapan dedak fermentasi pada media (A), kultur Daphnia sp. dengan pemberian air endapan kotoran ayam pada media (B) dan kultur Daphnia sp. dengan pemberian bakteri merah pada media (C). Padat tebar awal Dahpnia sp. pada masing-masing wadah adalah 100 ind/l. Masa pemeliharaan Daphnia sp. berlangsung selama 20 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian sumber nutrien berbeda pada media kultur berpengaruh nyata terhadap kepadatan populasi dan laju pertumbuhan Daphnia sp. Kepadatan populasi dan laju pertumbuhan Daphnia sp. tertinggi diperoleh pada perlakuan pemberian bakteri merah dalam media kultur (C) yaitu 1271.8 ind/l dan 0,14 ind/l/hari.

Full Text:

PDF

References


Chilmawati, D., Suminto. 2010. Pengaruh penggunaan ragi roti, vitamin b12 dan vitamin c sebagai bahan pengkaya pakan terhadap penambahan populasi Brancionus plicatis. Jurnal perikanan. 5 (2) : 47-53.

Effendi, H. 2003. Kualitas Air. Penerbit Kanasius. Yogyakarta.

Firdaus, M. 2004. Pengaruh Beberapa Cara Budidaya Terhadap Pertumbuhan Populasi Daphnia Sp. [Skripsi]. Program Studi Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor. 47 hlm.

Izzah, N. Suminto, V.E. Herawati. 2014. Pengaruh bahan organik bekatul dan bungkil kelapa melalui proses fermentasi bakteri probiotik terhadap pola pertumbuhan dan produksi biomassa Daphnia sp. Journal of Aquaculture Management and Technology. 3(2): 44-52.

Jusadi, D., Sulasingkin, D., Ing Mokoginta. 2005. Pengaruh konsentrasi ragi yang berbeda terhadap pertumbuhan populasi Daphnia sp. Departemen Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor. Jurnal Ilmu-ilmu Perairan dan Perikanan Indonesia. 12 (1): 17-21.

Kusumaryanto. 1988. Zoologi Invertebrata. Prisma Press. Bandung.

Mubarak, A.S. 2009. Pemberian dolomit pada kultur Daphnia sp. sistem daily feeding pada populasi Daphnia sp. dan kestabilan kualitas air. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan. 1(1): 67-72.

Mufidah, N. B. W. 2009. Pengkayaan Daphnia Spp. dengan viterna terhadap kelangsungan hidup dan pertumbuhan larva ikan lele dumbo (Clarias gariepinus). Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan. 1 (1): 59-65.

Nailulmuna, Z., Pinandoyo, Herawati, V.E. 2017. Pengaruh pemberian fermentasi kotoran ayam roti afkir dan ampas tahu dalam media kultur massal terhadap pertumbuhan dan kandungan nutrisi Daphnia sp. Jurnal Bioma. 19 (1): 47-57.

Noerdjito, D. R. 2003. Optimasi suhu, pH, serta jumlah dan jenis pakan pada kultur Daphnia sp. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB. Bandung.

Pennak. 1989. The Invertebrata A Manual for The Use Of Student. Cambridge At The University Press. Cambridge.

Pursetyo, K. T., Woro. H. S., Shofy, M. A,. 2011. pengaruh pemupukan ulang kotoran ayam kering terhadap populasi cacing tubifex . Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan. 3(2): 177-182.

Rachman, E. 2012. Pengaruh urine kelinci hamil dalam media kultur terhadap kontribusi anak setiap kelompok umur Daphnia Sp. Jurnal Perikanan dan Kelautan. 3(3): 23-40.

Radini. D, 2006. Optimasi Suhu, pH Serta Jenis Pakan Pada Kultur Daphnia sp. Sekolah Tinggi Ilmu dan Teknologi Hayati. Bandung.

Rahayu, D.R.U.S., A. S. Piranti. 2009. Pemanfaatan limbah cair tahu untuk produksi ephipium daphnia (Daphnia sp). Makalah Prosiding Seminar Nasional Biologi “Peran Biosistematika dalam Pengelolaan Sumberdaya Hayati Indonesia” tanggal 12 Desember 2009 di Fak. Biologi Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto

Sitohang, R. V. Titin, H. dan Walim, L. 2012. Pengaruh pemberian dedak padi hasil fermentasi ragi (Saccharomyces cerevisiae) terhadap pertumbuhan biomassa Daphnia sp. Jurnal Perikanan dan kelautan. Unpad. 3(1). 65-72.

Zahidah, W. Gunawan, dan Subhan, U. 2012. Pertumbuhan populasi Daphnia sp. yang diberi pupuk limbah budidaya keramba jarring apung (KJA) di waduk cirata yang telah di fermentasi EM4. Jurnal Akuatika. 3 (1) : 84-94.




DOI: https://doi.org/10.35308/ja.v2i2.1591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.