PENGGUNAAN AIR KELAPA MUDA DAN MADU TERHADAP KUALITAS SPERMA IKAN MAS (Cyprinus carpio) SELAMA MASA PENYIMPANAN

Zulfadhli Zulfadhli, Ruslan Ruslan, Fazril Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan air kelapa muda dan madu terhadap kualitas sperma ikan mas (Cyprinus carpio) selama masa penyimpanan dan menentukan kombinasi yang terbaik. Penelitian ini bersifat eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan yang diberikan yaitu air kelapa muda dan madu, terdiri atas 3 perlakuan (P) dengan 3 kali ulangan (U) dan satu kontrol (K0), yaitu: K0= tanpa air kelapa muda dan madu, P1= air kelapa muda (75%) + madu (25%), P2= air kelapa muda (50%) + madu (50%), dan P3= air kelapa muda (25%) + madu (75%). Tahapan penelitian: koleksi sperma ikan, pencampuran perlakuan dengan sperma, penyimpanan dan pengamatan. Data yang diambil adalah motilitas dan viabilitas, yang kemudian data tersebut di analisis secara statistik (anova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa air kelapa muda dan madu memberikan pengaruh nyata (P<0,05) terhadap motilitas dan viabilitas sperma ikan mas. Penggunaan air kelapa muda 50% + madu 50% (P2) merupakan kombinasi terbaik dengan nilai motilitas hari kedua 6,36% dan viabilitas hari kedua 16,63%.

Full Text:

PDF

References


Efendie, M. I. 1997. Biologi Perikanan. Yayasan Pustaka Nusatama. Yogyakarta.

Hidayahturrahmah. 2007. Waktu Motilitas dan Viabilitas Spermatozoa Ikan Mas (Cyprinus Carpio L) Pada Beberapa Konsentrasi Larutan Fruktosa. Bioscientiae. 4(1): 9 – 18.

Kurniawan, I. Y., Basuki, F., dan Susilowati, T. 2013. Penambahan Air Kelapa dan Gliserol Pada Penyimpanan Sperma Terhadap Motilitas dan Fertilitas Spermatozoa Ikan Mas (Cyprinus carpio L.). Journal of Aquaculture Management and Technology. 2(1): 51-65.

Rahardhianto, A., Abdulgani, N., dan Trisyani, N. 2012. Pengaruh Konsentrasi Larutan Madu dalam NaCl Fisiologis terhadap Viabilitas dan Motilitas Spermatozoa Ikan Patin (pangasius pangasius) selama Masa Penyimpanan. Jurnal Sains dan Seni. 1(1): 58-63.

Sulmartiwi, L., Ainurrohmah, E., dan Mubarak, A.S. 2011. Pengaruh Konsentrasi Air Kelapa Muda dan Madu dalam NaCI Fisiologis Terhadap Motilitas dan Lama Hidup Spermatozoa Ikan Patin (Pangasius pagasius). Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan. 3(1):67-71.

Tolihere, M. 2004 . Inseminasi Buatan Pada Ternak. Penerbit Angkasa. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.35308/ja.v4i1.2438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.