PEMBERIAN PAKAN ALAMI YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP LARVA IKAN NILEM (Osteochilus hasseltii)

Sufal Diansyah, Yuli Erina, Mika Raudhatul Jannah

Abstract


Larva ikan nilem (Osteochilus hasseltii) membutuhkan jenis pakan alami yang tepat untuk menunjang kelangsungan hidup dan pertumbuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis pakan alami yang memberi kinerja produksi terbaik terhadap larva ikan nilem. Penelitian ini menggunakan larva ikan nilem berumur 10 hari. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan empat perlakuan jenis pakan berbeda dengan tiga ulangan. Jenis pakan yang digunakan adalah kuning telur ayam sebagai kontrol (P0), tubifex beku (P1), moina (P2), dan dapnia (P3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian jenis pakan alami berbeda berpengaruh nyata terhadap kinerja produksi larva ikan nilem. Derajat kelangsungan hidup tertinggi(80%) terdapat pada P2 dan terendah (69%) terdapat pada P1. Laju pertumbuhan berat mutlak tertinggi (2,96) terdapat pada P2 dan terendah (2,58) terdapat pada P1. Laju pertumbuhan panjang mutlak tertinggi (3,4) terdapat pada P2 dan terendah (2,7) terdapat pada P1.

Kata kunci :Larva, Osteochilus hasseltii, pakan alami, pertumbuhan.


Full Text:

PDF

References


Goddard S. 1996. Feed Management in Intensive Aquaculture. Chapman and Hall. New York.

Lestari S. 2001. Pengaruh kadar ampas tahu yang difermentasikan terhadap efisiensi pakan dan pertumbuhan ikan mas (Cyprinus carpio) [Skripsi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Mulyadi MT. 2010. Pengaruh frekuensi pemberian pakan yang berbeda terhadap pertumbuhan dan kelulushidupan benih ikan selais (Ompok hypothalmus). Berkala Perikanan Terubuk. 38 (2) : 21-40.

Rabiati.2014. Pemberian pakan alami yang berbeda terhadap laju sintasan dan pertumbuhan larva ikan bujuk (Channa lucius civier) [Skripsi]. Padang: Universitas Bung Hatta.

Setiawati M. 2004. Kebutuhan nutrien pakan peningkat daya tahan tubuh ikan dalam akuakultur [Disertasi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Sorgeloos P, Lavens P. 1996. Manual on Production and Use of Life Food for Aquaculture. FAO Fisheries Technical Paper. Center University of Ghent. Belgium.

Triwidiyastuti K, Izhar N, Minsyah NI, Hermawan H. 2000. Uji Adaptasi Formulasi Pakan Ikan Ekonomis Penting. Instalasi Penelitian Dan Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi,Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian. Jambi.




DOI: https://doi.org/10.35308/ja.v1i1.478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.