PERBEDAAN WAKTU PEMBERIAN PAKAN YANG BERBEDA TERHADAP PERFORMA BENIH TAWES (Barbonimus gonoticus) DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM RESIRKULASI

Mahendra Mahendra

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh jarak waktu pemberian pakan terhadap performa benih tawes (Barbonimus gonoticus) dengan menggunakan sistem resirkulasi. Metode yang digunakan dalam peneliatian ini adalah metode eksperimental, rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 kali pengulangan. Adapun Perlakuan-perlakuan tersebut yaitu: P1 = pemberian pakan 1 kali pada pukul 8.00, P2 = pemberian pakan 2 kali sehari pada pukul 08.00, 18.00, P3 = pemberian pakan 3 kali sehari yaitu pada pukul 08.00; 12.00; 16.00 dan P4 = pemberian pakan 4 kali sehari yaitu pada pukul 07.00; 11.00; 15.00, 19.00. Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah laju pertumbuhan spesifik, pertumbuhan biomassa, pertumbuhan panjang mutlak, tingkat kelangsungan hidup, konversi pakan dan kualitas air. Hasil penelitian menunjukan bahwa frekuensi pemberian pakan yang berbeda memberikan hasil berpengaruh nyata terhadap parameter pertumbuhan spesifik, pertumbuhan panjang mutlak, konversi pakan dan tidak berpengaruh nyata terhadap tingkat kelangsungan hidup benih ikan tawes. Frekuensi pemberian pakan tertinggi terdapat pada perlakuan P4 dengan nilai laju pertumbuhan spesifik 2,074%, pertumbuhan panjang relatif 0,952 cm, konversi pakan 3,146 gram, sedangkan kelangsungan hidup yaitu 100%.

Kata Kunci: Perbedaan waktu, pemberian pakan, performa, ikan tawes


References


Arddhiagung, G.F. 2010. Kinerja Produksi Beih Ika Patin Pangasius hypophthalmus. Ukuran 3 Inchi dalam Sistem Resirkulasi degan Debit Air Yang Berbeda. Bogor: Departemen Budidaya Perairan Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor.

Bardach, J.E., Ryther and W. O. Mclarney. 1992. Aquaculture. Wiley Interscience.

Direktorat Jenderal Perikanan. 1981. Pembenihan Ikan Tawes (Puntius javanicus) dengan Stripping. Jakarta.

Effendie, M. I. 1979. Metode Biologi Perikanan. Bogor: Yayasan Dewi Sri.

Effendi H. 2000. Telaah Kualitas Air Bagi Pengelolaan Sumberdaya dan Lingkungan Perairan. Bogor: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB.

Hana. 2009. Pengaruh Substitusi Pakan Mikrokapsul dari Tubifex sp. pada Penyapihan Awal terhadap Laju Ingesti, Pertumbuhan dan Sintasan Larva Ikan Gurami (Osphronemus gouramy Lac.) [Tesis]. Purwokerto: Universitas Jenderal Soedirman.

Hanief, M.A.R. Subandiyono. Pinandoyo. 2014. Pengaruh Frekuensi Pemberian Pakan Terhadap Pertumbuhan Dan Kelulushidupan Benih Tawes (Puntius javanicus). Journal of Aquaculture Management and Technology. 3 (3): 67-74.

Soeprapto, H. 2009. Pemberian Pakan Mikropartikel dan Pemuasaan terhadap Pertumbuhan Juvenil Udang Windu (Penaeus monodon) [Tesis]. Purwokerto: Universitas Jenderal Soedirman




DOI: https://doi.org/10.35308/ja.v1i1.513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.