PEMANFAATAN PROBIOTIK RABAL DALAM PAKAN KOMERSIAL TERHADAP PERTUMBUHAN BENIH IKAN NILA SULTANA DENGAN SISTEM BUDIDAYA DALAM EMBER

Indah Permatasari, Rian Firdaus, Nadilatul Safana, Nurhatijah Nurhatijah, Kurnia Kurnia

Abstract


Budidaya dalam ember merupakan wadah budidaya yang menggunakan ember. Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan jenis ikan air tawar dengan kualitas adaptasi diri yang baik, sehingga menjadi komoditas unggulan untuk budidaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian probiotik rabal pada pakan komersil terhadap pertumbuhan (Oreochromis niloticus L) dengan sistem budidaya dalam ember. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Basah Program Studi Teknologi Produksi Benih dan Pakan Ikan Politeknik Indonesia Venezuela (POLIVEN) pada bulan agustus s/d september 2022. Metode yang digunakan adalah metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) nonfaktorial yang terdiri dari 4 perlakuan dan 4 ulangan yaitu A (Kontrol), B (25 ml probiotik rabal), C (30 ml probiotik rabal), dan D (35 ml). Hasil penelitian menunjukkan penambahan probiotik rabal pada pakan komersil berpengaruh nyata terhadap laju pertumbuhan spesifik dengan nilai tertinggi terdapat pada perlakuan D (35 ml) dengan nilai rata-rata 0,036 gram/hari, Akan tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap kelangsungan hidup, panjang mutlak, dan rasio konversi pakan.Pada kelangsungan hidup terbaik terdapat pada perlakuan D (35 m) yaitu mencapai 80%. Nilai Tertinggi panjang mutlak terdapat pada perlakuan D (35 ml) dengan nilai rata-rata mencapai 1,88 cm, sedangkan pada rasio konversi pakan nilai terbaik terdapat pada perlakuan D (35 ml) dengan nilai 0,62. Berdasarkan hasil uji lanjut Duncan perlakuan D (35 ml) adalah perlakuan terbaik terhadap kelangsungan hidup, laju pertumbuhan spesifik, panjang mutlak, dan rasio konversi pakan benih ikan nila. 


Full Text:

PDF

References


Adharani, N., & Rachmawati, N. F. (2021). Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Budikdamber Upaya Pemenuhan Gizi Ikan Dimasa Pandemi COvid-19 di Kelurahan Taman Baru Kecamatan Banyuwangi. Jurnal Lemuru, 3(1), 1-7.

Arief, M., Fitriani, N., & Subekti, S. (2014). Pengaruh Pemberian Probiotik Berbeda pada Pakan Komersial terhadap Pertumbuhan Dan Efisiensi Pakan Ikan Lele Sangkuriang (Clarias Sp. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan, 6(1), 49-54.

Effendi, M. I. (1997). Budidaya perikanan. Yayasan Pustaka Nusantara. Yogyakarta.

Fadly, F., & Henggu, K. U. (2021). Evaluasi Laju Pertumbuhan dan Sintasan Ikan Nila (Oreocromis niloticus) Yang dibudidaya dalam ember (Budikdamber). Marinade, 4(02), 70-75.

Fran, S., Arifin, S., & Akbar, J. (2011). Pengembangan Budi Daya Ikan Ikan Rawa di Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Laporan Penelitian Kerjasama Fakultas Perikanan Unlam dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Kalimantan Selatan.

Haetami, K. (2012). Konsumsi dan efisiensi pakan dari ikan jambal siam yang diberi pakan dengan tingkat energi protein. Jurnal akuatika, 3(2).

Haidiputri, T. A., & Elmas, M. S. H. (2021). Pengenalan budikdamber (budidaya ikan dalam ember) untuk ketahanan pangan di Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo. Jurnal Abdi Panca Marga, 2(1), 44-47.

Hidayat, D., Sasanti, A. D., & Yulisman, Y. (2013). Kelangsungan hidup, pertumbuhan dan efisiensi pakan ikan gabus (Channa striata) yang diberi pakan berbahan baku tepung keong mas (Pomacea sp.) (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

Kartika, G. R. A., Dewi, A. P. W. K., Julyantoro, P. G. S., Suryaningtyas, E. W., & Ernawati, N. M. (2018). Aplikasi Probiotik Sederhana Pada Budidaya Ikan Nila di Kabupaten Tabanan, Bali. Buletin Udayana Mengabdi, 17(4), 30-35.

Marzuqi, M. (2015). Pengaruh kadar karbohidrat dalam pakan terhadap pertumbuhan, efisiensi pakan dan aktivitas enzim amilase pada ikan bandeng (Chanos chanos Forrskal). Retrieved from Udayana University Repository.

Murjani, A. (2011). Budidaya beberapa varietas ikan sepat rawa (Trichogaster trichopterus Pall) dengan pemberian pakan komersial. Fish Scientiae, 1(2), 214-232.

Retnani, H. T., & Abdulgani, N. (2013). Pengaruh salinitas terhadap kandungan protein dan pertumbuhan ikan bawal bintang (Trachinotus blochii). Jurnal Sains dan Seni ITS, 2(2), E177-E181.

Salsabila, M., & Suprapto, H. (2018). Enlargement technique of tilapia (Oreochromis niloticus) in Freshwater Aquaculture Installation Pandaan, East Java. Journal of Aquaculture and Fish Health, 7(3), 118-123.

Wullur, F. F., Longdong, F. V., & Wasak, M. P. (2015). Eksistensi usaha petani budidaya ikan nila (Oreochromis niloticus) di desa warukapas Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara. Akulturasi: Jurnal Ilmiah Agrobisnis Perikanan, 3(6).




DOI: https://doi.org/10.35308/ja.v7i1.7548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.