PENGARUH PEMBERIAN PAKAN ALAMI YANG BERBEDA PADA BENIH IKAN TAWES (Barbonymus gonionotus) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP

Farah Diana, Eri Safutra

Abstract


Penelitian tentang pemberian pakan alami yang berbeda pada benih ikan tawes (Barbonymus gonionotus) terhadap pertubuhan dan kelangsungan hidup yang dilaksanakan pada bulan Juni - Juli 2015 bertempat di UPR Meunasah Krueng Kecamatan Beutong Kabupaten Nagan Raya, bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan alami yang berbeda (tubifek, daphnia, infusoria) terhadap laju pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan tawes (Barbonymus gonionotus). Metode yang digunakan adalah metode eksperimen yaitu memberikan perlakuan pakan alami yang berbeda (tubifek, daphnia, infusoria) terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan tawes. Hasil penelitian pertumbuhan berat biomasa mutlak rata-rata tertinggi terdapat pada P1 (tubifek) dengan nilai rata-rata 3,80 kemudian   P0 atau kontrol (artemia) dengan nilai rata-rata 2,03, di ikuti P3 (daphnia) dengan nilai rata-rata 1,45 dan yang paling rendah terdapat pada P2 (infusoria) dengan jumlah nilai rata-rata sebanyak 1,35. Sedangkan persentase tingkat kelangsungan hidup benih ikan tawes yang tertinggi terdapat pada P1 (tubifek) sebesar 64,4 %, di ikuti dengan perlakuan 0 atau kontrol (artemia) sebesar 55,5 %, P3 (daphnia) sebesar 53,3 % dan persentase tingkat kelangsungan hidup benih ikan terendah terdapat pada P2 (infusoria) dengan persentase sebesar 48,8 %. Disimpulkan bahwa pemberian pakan alami tubifex meningkatkan pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan tawes (Barbonymus gonionotus).

Kata kunci: Pertumbuhan, Kelangsungan Hidup, Ikan Tawes, Pakan Alami.

References


Adelina, I. dan Boer. 2006. Diktat dan Penuntun Praktikum Analisa Formulasi Pakan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau. Pekanbaru. 60 hal.

Amri dan Khairuman. 2008. Buku Pintar Budidaya 15 Ikan Konsumsi. Agromedia. Jakarta.

Ansori, A.K. 2008. Penentuan Kekeruhan Pada Air Reservoir Di PDAM Tirtanadi Instalasi Pengelolahan Air Sunggal Medan Metode Turbidimetri (Skripsi). Medan : Universitas Sumatra Utara.

Cahyono, B. 2011. Untung Berlipat Budi Daya Tawes Sebagai Bahan Baku Keripik. Lili Publisher, Yogyakarta. 110 hal.

Casmuji. 2002. Penggunaan Supernatan Kotoran Ayam dan Tepung Terigu Dalam Budidaya Daphnia. [Skripsi]. Departemen Budidaya Perairan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Dani, N. P., A. Budiharjo, dan S. Listyawati. 2005. Komposisi Pakan Buatan Untuk Meningkatkan Pertumbuhan dan Kandungan Protein Ikan Tawes (Puntius javanicus Blkr). Jurnal BioSMART. 7 (2): 83-90.

Dwirastina, M. 2011. Pengamatan Zooplankton Di Sungai Siak,Indra Pura Bagian Hilir Riau, Pekanbaru. Teknisilitkayasa pada balai riset perikanan perairan umum, Mariana-Palembang.

Effendi. 1997. Metode Biologi Perikanan, Bagian Perikanan, Bagian I. Yayasan Dwi Sri Institut Pertanian Bogor. Bogor

Handayani, S dan Mufti P. 2005. Komunitas Zooplankton di Perairan Waduk Krenceng, Cilegon, Hanten. Fakultas biologi, Universitas nasional, Jakarta

Hasibuan, N et al. 2007. Pertumbuhan dan Kelulushidupan Benih Ikan Baung (Mystus nemurus CV) Dengan Pemberian Pakan Bokashi Yang Dipelihara Pada Air Rawa. Skripsi. Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Universitas Riau Pekanbaru.

Jenitasari, B.A, Sukendi, Nuraini. 2012. Pengaruh Pemberian Pakan Alami Terhadap Pertumbuhan dan Kelulushidupan Larva Ikan Tawes (Puntius Javanicus Blkr). Skripsi. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau. Pekanbaru.

Kottelat, M., J. A. Whitten., N. S. Kartikasari and S. Wirjoatmodjo, 1993. Freshwater Fishes of Western Indonesia and Sulawesi. Dalhousie University. Canada

Kurnia. 2006. Jenis dan Cara Pemberian Pakan untuk Produksi Nener (Chanos chanos forsskal) dalam Prosiding Simposium Perikanan Indonesia I. Buku II. Bidang Sumber Daya Perikanan dan Penangkapan. Penerbit Pusat Penelitian dan Pengembangan. Jakarta.

Laila SN, Febriana G. 2011. Pertumbuhan Populasi (Paramaecium sp) dan Daya Dukung Lingkungan. Laporan Ekologi Umum. Program Studi Biologi Departemen Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Air Langga. Surabaya.

Mokoginta, I. 2003. Budidaya Daphnia. [Modul]. Direktorat Menengah Kejuruan. Direktorat Jenderal Pendidikan dasar dan Menengah. Departemen Pendidikan Nasional.

Mujiman, A. 2003. Makanan Ikan. Penebar Swadaya. Jakarta. 179 Hal

Muthmainnah. D. 2008. Ikan Tawes Barnoides gonionotus. www.brppu.com. (diakses tanggal 20 Desember 2015)

Murtidjo, B. A. 2001. Pedoman Meramu Pakan. Kanisius, Yogyakarta

Nelson, S joseph. 2006. Fishes of the World. Wiley. Canada.

Nofyan, E. 2005. Pengaruh Pemberian Pakan Dari Sumber Nabati Dan Hewani Terhadap Berbagai Aspek Fisiologi Ikan Gurami. Jurnal Iktiologi Ndonesia, 5 (2): 1-3.

Nurudin, F.A. 2013. Keanekaragaman Jenis Ikan di Sungai Sekonyer Taman Nasional Tanjung Puting Kalimantan Tengah (Skripsi). Jurusan Biologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Praseno O., H Krettiawan., & A Sudradjat. 2010. Uji Ketahanan Salinitas Beberapa Strain Ikan Mas Yang Dipelihara Di Akuarium. Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur, hlm. 93 - 100.

Priyambodo, 2001. Budidaya Pakan Alami Untuk Ikan. Penerbit PT. Penebar Swadaya. Jakarta. hlm. 28

Satyani, D., N. Mailisza Dan L. Solicha. 2010. Gambaran Pertumbuhan Panjang Benih Ikan Bontia. Hasil Budidaya Pada Pemeliharaan Dalam Sistem Hapadengan Padat Penebaran 5 Ekor Per Liter. Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akukultur.

Salmin. 2005. Oksigen Terlarut (DO) dan Kebtuhan Oksigen Biologi (BOD) Sebagai Salah Satu Indikator Untuk Menentukan Kualitas Perairan. Jurnal Osean 30 (3) : 21-26.

Sukendi dan Yurisman. 2005. Biologi dan Kultur Pakan Alami. Unri Press. Pekanbaru. 140 hal.

Sparre, P. E S C. Venema. 1999. Introduksi Pengkajian Stok Ikan Tropis. Buku I-Manual. FAO Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-bangsa. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Jakarta. Hal 438.

Suara Merdeka, 2002. Pembenihan Zooplankton. Agro Media. Jakarta.

Sugianti, B. 2005. Pemanfaatan Tumbuhan Obat Tradisional Dalam Pengendalian Penyakit Ikan. Makalah Pribadi Falsafah Sains Sekolah Pasca Sarjana Institut Pertanian. Bogor

Susanto, H. 2003. Usaha Pembenihan Dan Pembesaran Tawes. Penebar Swadaya. Jakarta.

Taofiqurohman, A. et al. 2007. Studi Kebiasaan Makanan Ikan (Food Habit) Ikan Nilem (Osteochilus Hasselti) Di Tarogong Kabupaten Garut. Laporan Penelitian Penelitian Peneliti Muda (Litmud) Unpad. Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautanuniversitas Padjadjaran.

Wahyuningsih, T. 2001. Budi daya Pakan Alami untuk Ikan. Penebar Swadaya. Jakarta. 63 hal

Widyati, W. 2009. Kinerja Pertumbuhan Ikan Nila (Oreotromis Niloticus) Yang Diberi Berbagai Dosis Enzim Cairan Romen Pada Pakan Berbasis Daun Lamtorogung Lecucarena Klocuplola. Sekripsi. Program Study Teknologi Dan Manajemen Perikanan Budidaya. Institutut Pertanian Bogar.

Winarsih ST, Nusan, Citerawati. 2011. Reproduksi dan Pertumbuhan Organisme [Tugas Mata Kuliah Mikrobiolgi]. Program Studi Pendidikan Biologi Pasca Sarjana Universitas Palangkaraya. Kalimantan Tengah. Hal 18

Yumrawati. 2007. Pengaruh Pemberian pakan Alami Berbeda Terhadap Pertumbuhan dan Kelulushidupan Larva Ikan Selais (Ompok hypophthalmus). Skripsi. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau. Pekanbaru.




DOI: https://doi.org/10.35308/ja.v2i1.769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





JURNAL AKUAKULTURA
p-ISSN: 2579-4752 |  e-ISSN: 2620-7397  |  DOI: 10.35308
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
(0655) 7110535 | +628116800980 | +6285260378145

Lisensi Creative Commons  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.