KOMBINASI PAKAN KOMERSIL DENGAN CACING DARAH (Chironomus sp.) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN KOI (Cyprinus rubrofuscus)

Verawati Vera, Rosmaiti Rosmaiti, Siti Khomariyah

Abstract


Ikan hias merupakan salah satu jenis ikan yang dapat menjadi komoditas potensial baik di tingkat nasional maupun internasional. Ikan hias juga dapat digunakan sebagai sumber pendapatan dalam bentuk mata uang asing. Agar dapat tumbuh dengan baik, ikan hias perlu diberi pakan yang sesuai dengan ukuran, jumlah, protein dan kandungan nutrisinya. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengetahui pengaruh kombinasi pakan komersial dengan cacing darah terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan mas koi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kombinasi pakan komersil dengan cacing darah (Chironomus sp.) terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan mas koi (Cyprinus rubrofuscus). Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat perlakuan dan tiga ulangan digunakan dalam penelitian ini, yaitu P1 (pemberian pelet pada pagi, siang dan sore hari), P2 (pemberian cacing pada pagi hari, pemberian pelet pada siang dan sore hari), P3 (pemberian pelet pada pagi hari, pemberian cacing pada sore dan malam hari), dan P4 (pemberian cacing pada sore dan malam hari). Parameter yang dipantau adalah pertumbuhan panjang mutlak, pertambahan berat mutlak dan kelangsungan hidup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk pertumbuhan panjang mutlak, kombinasi pakan komersial dan cacing darah tidak berpengaruh nyata, pertumbuhan berat mutlak setelah dilakukan analisis variansi menunjukkan bahwa kombinasi pakan komersil dengan cacing darah tidak berpengaruh nyata. Pengamatan hasil penelitian kombinasi pakan komersil dengan cacing darah terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup Ikan Mas Koi (Cyprinus rubrofuscus) sebesar 100%. Kata kunci: Cacing darah (Chironomus sp.), ikan koi, dan pelet komersial.

Full Text:

PDF

References


Akhyar, S., Muhammadar, H.I., & Hasri, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pakan Alami Yang Berbeda Terhadap Kelangsungan Hidup dan Laju Pertumbuhan Larva Ikan Peres (Osteochilus sp.). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan dan Perikanan Unsyiah, 1(3), 425-433.

Ambarwati, N.A., Damayanti, R.A., & Hanifah, N. (2020, Januari). Respon pakan yang berbeda terhadap pertumbuhan dan tingkat kelangsungan hidup larva ikan koi (Cyprinus carpio). Dalam Prosiding Seminar Nasional Kerjasama MIPA (Vol. 2, No. 1, hlm. 165-170).

Anggraeni, N.M., & Abdulgani, N. (2013). Pengaruh Pemberian Pakan Alami dan Pakan Buatan terhadap Pertumbuhan Ikan Betutu (Oxyeleotrismarmorata) Skala Laboratorium. Jurnal Sains dan Seni ITS, 2(2), E197-E201.

Bandue, Y.F. (2016). Daya Bunuh Bacillus thuringiensis Terhadap Larva Chironomus sp. Yang Ada Pada Pemanggangan Pemeliharaan Larva Abalon di Balai Budidaya Laut Lombok, Nusa Tenggara Barat (Disertasi Doktor, UAJY).

Eti RS, Rosmaiti. A. Putriningtias, Agus PAS, 2020. Pengaruh padat tebar tinggi terhadap kualitas airdan pertumbuha ikan mas dengan penambahan nicrobacter. Jurnal ilmiah samudra akuatika. 4 (1): 10-16

Khairuman dan Amri, K. 2013. Membuat Pakan Ikan Konsumsi. Agromedia Pustaka.Jakarta. Halaman 17.

Putri, S. A. (2014). Pemanfaatan Bakteri Heterotrof terhadap SR (Survival rate) dan Laju Pertumbuhan Ikan Lele Dumbo (Clarias sp.) dengan Sistem Tanpa Pergantian Air (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Sharma D, Das J, Dutta A. 2012. Effect of Cetain Feeds on Growth and Survival of Ompok pabo (Hamilton-Buchanan Hatchlings in Captive Condition). Journal International of Scientific and Research Publications (2):1-5.

Simamora, E.K., Mulyani, C., & Isma, M.F. (2021). Pengaruh Pemberian Pemberian Makanan yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Koi (Cyprinus carpio). Jurnal Ilmiah Samudera Perairan, 5(1), 9-16.

Shafruddin, D., Parlinggoman, B.R., & Sumantadinata, K. (2006). Pertumbuhan dan Produksi Larva Bloodworm Chironomus sp. Pada Media Pupuk Kotoran Ayam, dosis 1,0-2,5 gram/liter. Jurnal Perikanan Budidaya Indonesia, 5(1), 97-102.

Shafruddin, D., Parlinggoman, B.R., & Sumantadinata, K. (2006). Pertumbuhan dan Produksi Larva Bloodworm Chironomus sp. Pada Media Pupuk Kotoran Ayam, dosis 1,0-2,5 gram/liter. Jurnal Perikanan Budidaya Indonesia, 5(1), 97-102.

To'bungan, N. (2016). Pengaruh Perbedaan Jenis Pakan Alami Larva Nyamuk, Cacing Darah (Larva Chironomus sp.) dan Moina sp. Terhadap Pertumbuhan Ikan Cupang (Betta splendens). Biota: Jurnal Ilmiah Ilmu Hayati, 111-116.




DOI: https://doi.org/10.35308/ja.v7i2.8499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.