An Analysis Of The Impact Of Village Capital Participation On Village-Owned Enterprises At The End Of Singkil Sub-District

Mutiara Shifa, M. Nasir, Dian Ariani, Noval Suhendra, Dewi Sartika

Abstract


Pemerintah melakukan program kebijakan yang diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian dan pendapatan desa yakni melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dijalankan oleh pemerintah desa dan masyarakat. Penyertaan modal yang diberikan kepada program BUMDes Makmur Sejahtera Desa Ujung ternyata tidak berjalan sesuai harapan dengan adanya kendala yang dihadapi pada awal tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penyertaan modal desa terhadap BUMDes Ujung dan bagaimana dampak penyertaan modal desa terhadap BUMDes Ujung Singkil. Metode penelitian kualitatif dengan deskripstif analitik. Hasil penelitian menunjukkan penyertaan modal BUMDes Ujung mempunyai anggaran penyertaan modal di tahun 2018, 2019, namun pada tahun 2020 anggaran penyertaan modal sudah tidak ada lagi karena wabah virus corona, anggaran ini dipergunakan untuk penanganan Covid-19. Proses penyertaan modal desa dilakukan dengan adanya perencanaan pernyertaan modal desa, pelaksanaan program kegiatan, dan pertanggungjawaban pernyertaan modal atas program BUMDes. Dampak penyertaan modal terhadap perekonomian Desa tidak hanya pada profit saja, namun perekonomian masyarakat juga menjadi lebih baik dan meningkat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dampak penyertaan modal desa terhadap BUMDes Suka Makmur Desa Ujung Singkil ternyata tidak bertahan lama dan belum mampu menjalankan program yang sudah berjalan seperti yang direncanakan karena pengaruh Covid-19 yang muncul pada tahun 2020.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Azwardi, S. (2014). Efektifitas Alokasi Dana Desa (ADD) dan Kemiskinan di Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 12(1), 3.

Hariyati, S. (2015). Persepsi Maysarakat Terhadap Pembangunan Jembatan Mahkota II di Kota Samarinda. E-Journal Ilmu Pemerintahan, 3(2).

Istiqomah, & Ramdhani, R. F. (2021). Analisis Pengalokasian Dana Desa Melalui Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pada Margomulyo Dalam Perspektif Ekonomi islam. Al-Mal: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 2(2), 185–207.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suharno, & Retnoningsih. (2022). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Widya Karya.

Utari, A. S. (2016). Tata Kelola Alokasi Dana Desa yang Tepat Sasaran untuk Kepentingan Pembangunan Masyarakat. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/ayuningtyassuciani/5692b102b47a61cc0dfbbf9d/tata-kelola-alokasi-dana-desa-yang-tepat-sasaran-untuk-kepentingan-pembangunan-masyarakat

Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif : Ilmu Pendidikan Teologi. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.




DOI: https://doi.org/10.35308/jimetera.v3i2.7996

Refbacks

  • There are currently no refbacks.