Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha (Studi Kasus pada PT. Alfa Scorpii Meulaboh)

Wanda Ramadhani, Muzakir Muzakir, Ivon Jalil

Abstract


This research aims to ascertain how Social Media Marketing (SMM) effects consumers decisions to buy Yamaha brand motorbikes at PT. Alfa Scorpii Meulaboh, West Aceh. The participants in this study are consumers of PT. Alfa Scorpii Meulaboh, West Aceh from August to October 2023. To find the sample size using random sampling techniques and selecting samples calculated with the Slovin formula. This study uses employs a quantitative methodology, collecting data through the distribution of questionnaires. In this case, researchers used simple linear regression analysis to find out the results, namely 60.37% of variable Y was explained by variable Alfa Scorpii Meulaboh, West Aceh.

Full Text:

PDF

References


Ayu Larasati, Y., Pradiptya, A., & Mawardani, M. (2022). Penerapan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Ayana Store Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 20(4), 397–402.

Dewi, R., & Amrah, W. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan. Economics and Digital Business Review, 1(2), 138–156.

Ferdiana Fasha, A., Rezqi Robi, M., & Windasari, S. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 30–42. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.840

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Universitas Diponegoro.

Hendri, I. M., Manda, H. M., & Rohani, R. (2021). Pengaruh Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Motor Yamaha Pt Suracojaya Abadimotor Cabang Batua Raya. MACAKKA Journal, 02(01), 305–312.

Made, N., Dewi, P., Imbayani, G. A., Ribek, P. K., Ekonomi, F., Universitas, B., & Denpasar, M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi E-Word of Mouth Pada Givanda Store Denpasar. Jurnal EMAS, 2(2), 28–42. www.validnews.id,

Makanoneng, R., Mananeke, L., & Loindong, S. S. R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio Pada Konsumen PT.Hasjrat Abadi (Studi Pada Pengguna Yamaha Mio Di Kecamatan Tuminting). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), 350–361.

Melilinia, R. S. (2022). Journal of Applied Business Administration ANALISIS PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING PADA MEDIA SOSIAL. September, 132–141.

Narottama, N., & Moniaga, N. E. P. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Destinasi Wisata Kuliner di Kota Denpasar. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), January 2022, 741. https://doi.org/10.24843/jumpa.2022.v08.i02.p19

Nurhayati, A., & Sugiatna, A. (2021). Uji Korelasi Dengan Metode Analisis Korelasi Kanonik. Sistemik : Jurnal Ilmiah Nasional Bidang Ilmu Teknik, 9(02), 18–21. https://doi.org/10.53580/sistemik.v9i02.59

Nuryani, F. T. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(4), 452–462. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i4

Rahmawati, Y. O., Kusniawati, A., & Setiawan, I. (2019). Pengaruh Customer Relationship Management Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Sepeda Motor Yamaha (Studi pada Konsumen Bahana Ciamis). Business Management And Enterpreneurship Journal, 1(4), 102–115.

Sasmita, C., & Kurniawan, I. (2020). Pengaruh Promosi Sosial Media (Digital Marketing) Terhadap Minat Beli Chatime Wilayah Badung - Bali. Sintesa Prosiding, November, 317–318. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/viewFile/1268/1114

Setiawati, I. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba Umkm. Strategi Komunikasi Pemasaran, 20, 1–5. file:///C:/Users/BAYU/Downloads/Documents/263-760-1-PB.pdf

Sholawati, R. L., & Tiarawati, M. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Niat Beli Produk Di Restoran Fast Food. Jurnal Ilmu Manajemen, 10, 1098.

Soeprajogo; Purnama, M., & Ratnaningsih, N. (2020). Perbandingan Dua Rata-Rata Uji-T. Universitas Padjajaran, 5–20.

Taufikurrahman, T. (2023). Pengaruh Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan UMKM Smille Bouquet Di Desa Kedungdalem. 2(2).

Utama, U. P., Medan, K., Pembelian, K., & Pembelian, K. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada PT . Sumber Jadi Kencana Motor. 1, 222–234.




DOI: https://doi.org/10.35308/jimetera.v4i1.8841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.