Hambatan Yang Dihadapi Dalam Pembangunan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Provinsi Papua Selatan Kabupaten Asmat

Davina Sihombing, Lissa Opirina, Andrisman Satria

Abstract


AbstrakTujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hambatan yang dialami dalam program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Provinsi Papua Selatan Kabupaten Asmat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif-kualitatif, Penelitian deskriftif kualitatif dengan mengumpulkan data yang berupa kata-kata (bukan angka) yang berasal dari catatan laporan, dokumen, wawancara dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Lokasi penelitian ini yaitu pada Dinas Perumahan Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Papua 1, serta penelitian juga dilakukan dengan mengamati langsung ke lapangan melihat lokasi rumah yang mendapat bantuan. Informan dalam penelitian ini yaitu pegawai Perumahan Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Papua 1 sebagai informan kunci, dan masyarakat penerima bantuan rumah swadaya sebagai informan pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program bantuan rumah swadaya memberikan pengaruh yang baik terhadap penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Asmat dengan berbagai hambatan yang dihadapi dalam program ini tetap berjalan.

Abstract. The aim of this research is to determine the obstacles experienced in the Self-Help Housing Stimulant (BSPS) assistance program in South Papua Province, Asmat Regency. The method used in this research is the descriptive-qualitative method, qualitative descriptive research by collecting data in the form of words (not numbers) originating from report notes, documents, interviews with people and observable behavior. The location of this research is the Papua Public Works and Public Housing Department 1, and the research was also carried out by observing directly in the field to see the locations of houses that received assistance. The informants in this research were employees of public works housing and Papua 1 public housing as key informants, and people who received self-help housing assistance as supporting informants. The results of this research show that the self-help housing assistance program has had a good influence on reducing poverty rates in Asmat district with the various obstacles faced in this program still running.

Kata Kunci : Hambatan program BSPS, Kemiskinan, Kesejahteraan.


Full Text:

PDF

References


Sari, A. G. P. 2022. “Strategi Pembangunan Rumah Layak Huni (Rulahu) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua,” J. Ilm. Adm. Pemerintah. Drh., vol. 14, no. 2, pp. 278–292, doi: 10.33701/jiapd.v14i2.2843.

PUPR, 2023. “Panduan Verifikasi CPB Kegiatan BSPS TA 2023 Dasar hukum,”

Bogdan dan Taylor, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya.

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Bungin, B. 2012. Analisa Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.