Rancang Bangun Virtual Tour Reality Menggunakan Pannelum Panorama Viewer

Fachri Yanuar Rudi F, Guntur Syahputra, Umri Erdiansyah, Iphonsyah bin Amirudin, Mustainul Abdi

Abstract


Kemajuan teknologi di era digital saat ini telah membuka peluang besar dalam pengembangan aplikasi berbasis virtual reality (VR) yang dapat digunakan di berbagai sektor, termasuk pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun Virtual Tour Reality di instansi pendidikan yaitu gedung jurusan TIK Politeknik Negeri Lhokseumawe dan SMK N 5 Lhokseumawe dengan memanfaatkan Pannellum Panorama Viewer, sebuah pustaka JavaScript open-source untuk menampilkan gambar panorama. Dengan adanya virtual tour ini, pengguna, khususnya  calon visitor, dapat mengeksplorasi lingkungan secara interaktif tanpa harus hadir secara fisik. Pengembangan virtual tour ini dilakukan dengan metode pengumpulan data, yang meliputi pengambilan gambar panorama di berbagai titik lokasi strategis dalam kampus dan sekolah, integrasi dengan Pannellum untuk menampilkan gambar dalam bentuk panorama interaktif, serta pengujian untuk memastikan fungsionalitas dan user experience yang optimal. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu institusi pendidikan dalam meningkatkan daya tarik dan memberikan pengalaman yang lebih imersif kepada calon visitor, terutama di era di mana mobilitas fisik terbatas.


Full Text:

PDF

References


Sumanto, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Berbasis Multimedia Pada Bakpia Supardi Srandakan,” 2011. [Online]. Available: https://repository.amikom.ac.id/files/publikasi_08.21.0347.pdf

L. Halimah, I. S. Herdiah, and H. Heryani, “Pengenalan Potensi Desa Berbasis Virtual Tour,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Nusant., vol. 3, no. 2, pp. 2237–2239, 2023.

Yulia Fatma, Regiolina Hayami, Arif Budiman, and Yoze Rizki, “Rancang Bangun Virtual Tour Reality Sebagai Media Promosi Pariwisata Di Propinsi Riau,” J. Fasilkom, vol. 9, no. 3, pp. 1–7, 2019, doi: 10.37859/jf.v9i3.1666.

T. Ardiyanto, “Tio Ardiyanto, 2022 Rancang Bangun Aplikasi Virtual Tour 360 Pada Kampus Universitas Pendidikan Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu,” 2022.

Wulandari Yulianti Fajar, L. Caesariano, Murtiadi, and Bastian Yan, “Virtual Tour Sebagai Media Komunikasi Digital Dalam Pelayanan Museum Kehutanan Di Masa Pandemi Covid-19,” J. Media Penyiaran, vol. 1, no. 1, pp. 9–15, 2021.

O. P. S. Ardianto, T. A. Kristianto, C. A. Budianto, A. A. Rucitra, and A. Wardoyo, “Evaluasi Media Presentasi Perancangan Interior Rumah Air Surabaya Berbasis Virtual Tour sebagai Usaha Penerapan Building Information Modelling pada Perancangan Interior,” J. Desain Inter., vol. 4, no. 1, p. 11, 2019, doi: 10.12962/j12345678.v4i1.5271.

TITL, “Course Development Process (the ADDIE model),” TITL. Accessed: Sep. 08, 2024. [Online]. Available: https://tigerlearn.fhsu.edu/course-development-process-the-addie-model

Nasuha Nasution, 2018. Sektor Pariwisata Jadi Primadona Baru di Riau dengan Tangan Dingin Gubernur Sektor Pariwisata Jadi Primadona Baru di Riau dengan Tangan Dingin Gubernur[Online](Updated 28 Januari 2018) Available at: https://pekanbaru.tribunnews.com/2018/01/28 /sektor-pariwisata-jadi-primadona-baru-di riau-dengan-tangan-dingin-gubernur?page=all [Accessed 15 April 2018]

Ni Made Ary Widiastini. Nyoman Dini Andiani. Trianasari. Strategi Pemasaran Pariwisata Di Kabupaten Buleleng, Bali. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. 2012; Vol. 1, No. 1 : Halaman. 11.

Osman A, N. A. Wahab, & M. H. Ismail. 2009. Development and Evaluation of an Interactive 360° Virtual tour for Tourist Destinations, Journal of Information Technology Impact.

Nata, G. N. M. (2017). Aplikasi Virtual Tour Guide Sebagai Promosi Pariwisata Bali. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 11(2), 73-79.

Waraney Sumayku P. F. Waraney, Virginia Tulenan, Alicia A. E. Sinsuw. Pengembangan Virtual Tour Potensi Wisata Baru Di Sulawesi Utara menggunakan Teknologi Video 360°. E-Journal Teknik Informatika Vol 12, No 1.




DOI: https://doi.org/10.35308/jmkn.v10i2.10387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.