PERANCANGAN ALAT UKUR TINGKAT KEKERUHAN DAN KADAR pH AIR BERBASIS MIKROKONTROLER

Mukhlizar Mukhlizar, Rita Hartati, Murhaban Murhaban

Abstract


Peranan air dalam kehidupan dirasa sangat penting sehingga perlu mendapat perhatian khusus dalam pengelolaan dan pemanfaatan yang baik. Peningkatan pengetahuan masyarakat tentang air yang layak dikonsumsi makhluk hidup maupun tentang air bagi usaha peternakan dan perikanan, dapat dicapai salah satunya dengan pemanfaatan alat teknologi yang mendukung. Alat teknologi yang tersedia saat ini untuk mengukur tingkat kekeruhan ialah Turbidimeter dan alat untuk mengukur kadar pH ialah pH Meter. Kedua alat tersebut memiliki bentuk dan fungsinya masing-masing sehingga terkesan sangat menyulitkan dari segi efisiensi waktu dan tenaga serta biaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang alat ukur baru berbasis mikrokontroler dengan tingkat resolusi baik untuk mengukur tingkat kekeruhan dan pH air sekaligus yang lebih efisien. Alat ukur berbasis mikrokontroler ini dirancang dengan menggunakan sistem sensor fotodioda dan sensor pH. Nilai hasil uji rancangan alat ukur mikrokontroler akan dianalisa dengan menggunakan persamaan uji regresi linier sederhana terhadap nilai hasil uji alat ukur standar (turbidimeter dan pH meter). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi baru dalam inovasi teknologi yang dapat digunakan oleh masyarakat secara lebih mudah dan murah.

Penelitian ini dilakukan di UPT Laboratorium MIPA Terpadu Universitas Teuku Umar, Jalan Alue Peunyareng Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat mulai bulan Januari sampai dengan Agustus 2018.

Berdasarkan hasil kalibrasi sensor, diperoleh nilai tegangan keluaran terhadap perubahan jarak. Nilai tegangan tersebut mengikuti persamaan  sebagai hubungan nilai tegangan terhadap perubahan jarak per 1 cm dan  sebagai hubungan tegangan terhadap nilai pH

Full Text:

PDF

References


Chandra, B. 2007. Pengantar Kesehatan Lingkungan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Maemunnur, A. Fatah, dkk. 2016. Rancang Bangun Sistem Alat Ukur Turbidity untuk Analisis Kualitas Air Berbasis Arduino Uno. Fibosi (JoF), Vol.4, No. 1, April 2016

Misbahudin dan Hasan, I. 2013. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492/Menkes/PER/IV/2010 Tentang Persyaratan Kualitas Air Minum.

Slamet, J. Soemirat. 2009. Kesehatan Lingkungan. Cetakan Ke 8. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Thompson. T. et. all. 2007. Chemical Safety of Drinking-water: assessing priorities for risk management, World Health Organizations Publication Data. Switzerland: WHO.

Webster, J. G. & Elen H. 2014. Measurement, Instrumentation, and Sensors. Handbook, Second Edition. New York: CRC Press

Wikipedia. 2017. Sumber Daya Air.

(https://id.wikipedia.org/wiki/Sumber_daya_air, diakses tanggal 19 Juni 2017)




DOI: https://doi.org/10.35308/jmkn.v5i1.1075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.