Penerapan Simulasi Elemen Hingga untuk Pengujian Kekuatan Sasis Mobil BAJA SAE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan struktur sasis kendaraan kompetisi BAJA SAE menggunakan metode Finite Element Analysis (FEA). Simulasi dilakukan untuk mengukur tegangan Von Mises, deformasi total, dan faktor keamanan pada berbagai skenario pembebanan, seperti tabrak depan, tabrak belakang, tabrak samping, dan terguling. Hasil simulasi menunjukkan bahwa sasis kendaraan memiliki performa yang memadai dengan nilai tegangan Von Mises maksimal 263 MPa pada uji tabrak samping dan deformasi total terbesar sebesar 3,42 mm. Faktor keamanan (FoS) berkisar antara 2,0 hingga 5,5, mengindikasikan desain sasis yang mampu menahan berbagai beban tanpa mengalami kerusakan. Berdasarkan hasil ini, desain sasis BAJA SAE dipastikan aman, kokoh, dan memenuhi standar kompetisi.
Kata kunci: Sasis BAJA SAE, Analisis Elemen Hingga, Faktor Keamanan, Tegangan Von Mises, Deformasi Total.
Full Text:
PDFReferences
S. T. Yan Kondo et al., SISTEM PENERUS DAYA KENDARAAN RINGAN. Nas Media Pustaka, 2024.
M. A. Hendrawan, P. I. Purboputro, M. A. Saputro, and W. Setiyadi, “Perancangan Chassis Mobil Listrik Prototype ‘ Ababil ’ dan Simulasi Pembebanan Statik dengan Menggunakan Solidworks Premium 2016,” 7th Univ. Res. Colloq. 2018, pp. 96–105, 2018.
H. Permana, W. Dwi Prasetyo, D. Hermawan, and T. Farudin, “Kekuatan Sudu Turbin Angin Savonius Dengan Analisa Elemen Hingga Savonius Wind Turbine Blade Power With Finite Element Analysis,” J. Baut dan Manufaktur, vol. 5, no. 2, pp. 46–56, 2023.
M. A. Shidiq, “Pengaruh Pembebanan Statis Pada Struktur Rangka CNC Laser CO2 dengan Desain Simulasi Defleksi,” J. Eng., vol. 14, no. 1, pp. 1–11, 2023.
Munadi, I. Haryanto, and M. Irvan Dian Surya, “Rancang Bangun Dan Manufaktur Chassis Robot Automated Guided Vehicle (Agv) Sebagai Prototipe Alat Transportasi Barang Pada Perusahaan Garmen,” J. Tek. Mesin S-1, vol. 10, no. 2, pp. 197–206, 2022.
R. K. Kustanto, M. N., Triono, A., Chadafid, A., Hardiatama, I., & Koentjoro, “Analisis Front Crash Impact Desain Rangka Mobil Listrik Jenis Spaceframe Untuk Kendaraan Kompetisi,” Momentum, vol. 18, no. 1, pp. 57–61, 2022.
T. Shantika, E. T. Firmansyah, and G. P. Utama, “Perancangan Frame Crawler Track pada Kendaraan Ringan,” J. Rekayasa Energi dan Mek., vol. 2, no. 1, p. 10, 2022, doi: 10.26760/jrem.v2i1.10.
H. Agamas, “Analisa Struktur Sasis Kendaraan Mobil Listrik Baja SAE Dengan Metode Elemen Hingga (MEH),” vol. 07, no. 02, pp. 111–115, 2023, doi: 10.22441/jitkom.v7i2.009.
I. D. Gunawan, I. Haryanto, and G. D. Haryadi, “Analisis Struktur Chasis Semi-Monoque Bus Listrik Medium Dengan Metode Elemen Hingga,” J. Tek. Mesin S-1, vol. 9, no. 2, pp. 273–282, 2021.
Ahmad Saepuddin, Luchyto Chandra Permadi, and Priyo Heru Adiwibowo, “Analisis Kekuatan Tabung Gas Lpg Kapasitas 12 Kg Berbahan Cast Carbon Steel Menggunakan Metode Elemen Hingga,” Steam Eng., vol. 5, no. 1, pp. 24–33, 2023, doi: 10.37304/jptm.v5i1.10963.
RizalFahmi-Technopex, “Berdasarkan Variasi Material Pada Prototipe,” no. 2022, pp. 32–48, 2023.
N. F. W. Tanjung, “PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SAMBUNGAN BOTTOM BRACKET SEPEDA MENGGUNAKAN 3D PRINTER,” 2022.
A. Wahab, M. Rohman, A. Saepuddin, and M. Sulaiman, “Desain Dan Simulasi Uji Kekuatan Chassis Mobil Sem Jenis Prototype Menggunakan Material Aluminium Alloy 7075,” J. Tek. Mesin Indones., vol. 17, no. 1, pp. 78–85, 2022, doi: 10.36289/jtmi.v17i1.297.
H. Abbas, D. Juma, and M. R. Jahuddin, “Penerapan Metode Elemen Hingga Untuk Desain Dan Analisis Pembebanan Rangka Chassis Mobil Model Tubular Space Frame,” ILTEK J. Teknol., vol. 15, no. 02, pp. 96–102, 2020, doi: 10.47398/iltek.v15i02.32.
A. Rianto, E. Erwin, W. Apriani, and E. M. Sundari, “Analisis Statis Design Prototype Chassis Tubular Space Frame Kendaraan Listrik Berjenis Buggy,” Mek. J. Tek. Mesin Pertan., vol. 1, no. 1, pp. 22–29, 2023, doi: 10.47767/mekanisasi.v1i1.566.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.