Pengujian Kekuatan Sambungan Las SMAW Baja Karbon ST 37 untuk Aplikasi Struktur Lambung Kapal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi kampuh (V dan X) serta metode pendinginan (dengan dan tanpa air) terhadap sifat mekanik sambungan las baja karbon ST 37 menggunakan teknik Shielded Metal Arc Welding (SMAW). Baja karbon ST 37 dipilih karena sifat mekaniknya yang baik dan aplikasinya dalam industri perkapalan untuk struktur lambung kapal. Proses pengelasan menggunakan elektroda E7016, dan spesimen uji tarik dibuat sesuai standar ASTM E-8. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kampuh V tanpa pendinginan air menghasilkan kekuatan tarik maksimum sebesar 30,072 kgf/mm² dengan regangan 22,634%, sedangkan kampuh X dengan pendinginan air menghasilkan kekuatan tarik maksimum lebih rendah, yaitu sebesar 26,895 kgf/mm² dengan regangan 22,424%. Metode pendinginan udara memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pendinginan air, terutama pada kampuh V. Variasi kampuh juga menunjukkan pengaruh signifikan, di mana kampuh V memiliki penetrasi las dan kekuatan mekanik yang lebih unggul dibandingkan kampuh X. Kesimpulannya, kombinasi parameter pengelasan yang tepat dapat meningkatkan kualitas sambungan las, terutama untuk aplikasi struktural seperti lambung kapal.
Full Text:
PDFReferences
. Antaqiya FMA, Budiarto U, Jokosisworo S. Analisa Pengaruh Variasi Proses Preheating Pada Pengelasan Shielded Metal Arc Welding (SMAW) Terhadap Kekuatan Tarik dan Struktur Mikro Baja ST 60. Jurnal Teknik Perkapalan. 2019;7(4).
. Maylano GD, Budiarto U, Santosa AWB. Analisis Pengaruh Variasi Sudut Kampuh Double V Pada Sambungan Las SMAW (Shield Metal Arc Welding) Baja ST 37 Terhadap Kekuatan Tarik, Tekuk dan Impak. Jurnal Teknik Perkapalan. 2022;10(1):17-23.
. Triana T, Kamil M, Zulaida YM. Pengaruh Variasi Elektroda dan Arus Listrik Pengelasan Terhadap Cacat Las dan Sifat Mekanik Pelat Baja Aplikasi Lambung Kapal. Flywheel: Jurnal Teknik Mesin Untirta. 2018;2(1):50-5.
. Anggigi H, Budiarto U. Analisa pengaruh temperatur normalizing pada sambungan las smaw (shielded metal arc welding) terhadap kekuatan tarik, tekuk dan mikrografi baja karbon rendah. Jurnal Teknik Perkapalan. 2019;7(4).
. Buana HP, Sakti AM. Aplikasi Quenching-Tempering Heat Treatment Untuk Meningkatkan Kekuatan Tarik Marine Plat BKI Grade A Pada Material Lambung Kapal Niaga Dengan Variasi Media Pendingin. Jurnal Teknik Mesin. 2018;6(2).
. Julian N. Analisa Perbandingan Kekuatan Tarik pada Sambungan Las Baja SS400 Pengelasan MAG Dengan Variasi Arus Pengelasan dan Media Pendingin Sebagai Material Lambung Kapal. Jurnal Teknik Perkapalan. 2019;7(4).
. rachmadi Rizki RD, Pranatal E, Imawan P, editors. Analisa Pengaruh Metode Fairing Terhadap Sifat Mekanis Di Area Pengelasan Pada Lambung Kapal. Prosiding SENASTITAN: Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan; 2022.
. Gusniar IN, Juhri A, Noubnome V. Pengaruh Variasi Arus Dan Posisi Pengelasan SMAW Terhadap Sifat Mekanik Baja ST 37. Jurnal Teknik Mesin. 2021;14(2):134-9.
. Surahman A, Mufarida NA, Kosjoko K. Pengaruh Variasi Arus Las SMAW Terhadap Uji Tarik dan Uji Kekerasan Serta Struktur Mikro Pada Bahan ST 37. Journal of Engineering Science Technology. 2023;1(3):129-37.
. Suryono E, Baroto BT, Setiawan P. Analisa uji tarik las smaw terhadap sambungan square butt joint dengan variasi ketebalan plat ST 37. Teknika. 2020;6(3):117-24.
DOI: https://doi.org/10.35308/jmkn.v11i1.11416
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.