Uji Emisi Sepeda Motor Honda Supra X 125 Menggunaan Campuran Bioetanol Dari Limbah Nanas Dan Premium

Masykur Masykur, Emiliza Satria, Herri Darsan

Abstract


Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui emisi gas buang pada mesin motor Honda Supra X 125 Tahun 2006. Penelitian ini menggunakan metode analisa deskriptif. Bahan bakar yang digunakan adalah premium murni (kelompok standart) dan premium yang dicampur dengan bioetanol dengan variasi  E2,5, E5, dan E7,5 (kelompok eksperimen). Pengujian dilakukan pada putaran stasioner (1500 rpm), 3000 rpm sampai 8000 rpm dengan interval 500 rpm. Emisi yang diukur pada penelitian ini adalah kadar CO, kadar CO2, Kadar O2, HC dan Lambda (λ). Pengujian dilakukan di Laboratorium Motor Bakar Universitas Negeri Padang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pengujian emisi gas buang Sepeda Motor Honda Supra X 125 Tahun 2006 menggunakan bahan bakar campuran bioetanol dari limbah nanas dan premium dapat meningkatkan konsentrasi CO2 menurunkan konsentrasi CO, HC dan O2 dibandingkan dengan bahan bakar premium murni pada putaran stasioner. Bahan bakar E5 merupakan variasi yang paling mereduksi emisi dibandingkan variasi bahan bakar yang lain. Pada putaran stasioner konsentrasi CO hanya 5,46% Vol, dan HC hanya 338 ppm.


Full Text:

PDF

References


Bosch, Robert. 2001. Gasoline-Engine Management, Basics and Components. Stuttgard: Robert Bosch GmbH.

Erjavec, Jack. 2000. Automotive Technology, A System Approach. London: Thomson Learning.

Halderman, James D, dan Jim Linder. 2006. Automotive Fuel and Emissions Control Systems. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Handayani, Sri Utami. Tanpa Tahun. Pemanfaatan Bio Ethanol Sebagai Bahan Bakar Pengganti Bensin. Semarang: Universitas Diponegoro.

Heisler, Heinz. 1995. Advanced Engine Technology. London: Hodder Headline PLC.

Obert, Edwart F. 1973. International Combustion Engine and Air Pollution (3rd.Ed). New York: Harper & Row Publishers, Inc.

Prasetyo, Devanta B dan Patriayudha, F. 2009. Pemakaian Gasohol Sebagai Bahan Bakar Pada kendaraan Bermotor. Semarang: Universitas Diponegoro.

Pratama, Yudhi. 2010. Uji Emisi Penggunaan Bioetanol Dari Pucuk Tebu Sebagai Campuran Premium Terhadap Mesin 4 Langkah. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Purwanto, Agus. 2011. Pengaruh Jumlah Ragi dan Lama Fermentasi Terhadap Kadar Etanol dari Kulit Nanas Sebagai Bahan Bakar Alternatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Ristiani, juwita, dkk. 2008. Sintesis Etanol Dari Sari Kulit Nanas (Ananas comosus L. Merr) Sebagai Pengganti Bahan Bakar Cair. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Schäfer, Fred dan Richard Van Basshuysen. 1995. Reduced Emission and Fuel Consumption in Automobile Engines. New York: SAE.




DOI: https://doi.org/10.35308/jmkn.v5i2.1637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.