KECEPATAN ANGIN: MENGGUNAKAN MAWAR ANGIN SEBAGAI PREDIKTOR

Maidi Saputra, Herri Darsan, Al Munawir

Abstract


Seiring dengan perkembangan peradaban manusia, tingkat kebutuhan energi juga semakin meningkat. Pemenuhan energi dewasa ini masih didominasi oleh pembakaran bahan bakar fosil sedangkan energi yang berasal dari energi terbarukan masih terabaikan. Pembangkit listrik tenaga angin merupakan salah pembangkit listrik yang menggunakan sumber energi terbarukan yang banyak digunakan, karena sifat energi angin yang ramah lingkungan serta mudah dalam melakukan pengoperasian. Indonesia saat ini sedang mengalami krisis energi listrik karena kebutuhan energi listrik yang semakin besar akibat adanya pertumbuhan industri, peningkatan jumlah pemakaian alat elektronik rumah tangga, perkembangan teknologi dan komunikasi, dan sebagainya. Aceh barat merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Aceh dengan ibukota bernama Meulaboh. Aceh barat mempunyai letak menurut garis lintang dan bujur yaitu 04006’-04047’ Lintang Utara dan 95052’-96030’ Bujur Timur, dengan luas daerah 2.927,95 Km2 dan mempunyai 12 kecamatan serta 321 kampung. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menghasilkan analisis mawar angin sebagai dasar prediksi daya angin dikota Meulaboh. Dari analisis didapatkan bahwa Mawar Angin tersebut memperlihatkan distribusi energi angin selama kurun waktu setahun dalam arah 3600. Arah angin maksimum terjadi pada arah 3000 dan distribusi terendah terjadi pada arah 800.


Full Text:

PDF

References


AWEA, (1997). International wind energy incentives, American Wind Energy Association Washington D.C

A.W. Culp, (1991). Principles of Energy Conversion, 2nd Edition (McGraw Hill International Edition, NewYork)

Breeze, P. et al, (2009). Renewable Energy Focus Handbook, Oxford, UK: Elsevier Inc.

G. M. Masters, (2004). Renewable and Efficient Electrical Power Systems (JohnWiley & Sons, Inc., Ho, New Jersey).

Gipe, P., (2004). Wind Power: Renewable Energy for Home, Farm, and Business, Chelsea Green Publishing Company.

J. F. Manwell and J. G. McGowan, A. L. Rogers, (2009). WIND ENERGY EXPLAINED Theory Design and Application Second Edition. John Wiley & Sons Ltd

Mick Sagrillo, Ian Woofenden, Robert Aram and Jim Green, WIND POWER Basics. New Society Publisher

Mathew, S., (2006). Wind Energy: Fundamentals, Resource Analysis and Economics, Berlin Heidelberg: Springer-Verlag.

Sathyajith Mathew, (2006). Wind Energy Fundamentals, Resource Analysis and Economics, Krips bv, Meppel Binding: Stürtz AG, Würzburg.

SINISA STANKOVIC, NEIL CAMPBELL and ALAN HARRIES, (2009). Urban Wind Energy, Earthscan in the UK and USA.

Soeripno MS, Malik Ibrochim, (2009). Analisa Potensi Energi Angin dan Estimasi Energi Output Turbin Angin Di Lebak Banten, Jurnal Teknologi dirgantara Vol. 7 No. 1 Juni 2009 51-59.

Wagner, H. and Mathur, J., (2009). Introduction to Wind Energy Systems: Basics, Technology and Operation, Berlin Heidelberg: Springer-Verlag.




DOI: https://doi.org/10.35308/jmkn.v5i2.1659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.