Perencanaan Pembangkit Listrik Berbasis Flywheel Ganda

Muh. Aksan Jaya, Hamri Hamri, Faisal Habib, Rustam Efendi

Abstract


Energi listrik merupakan kebutuhan vital di abad 21 ini. Sumber energi listrik selama ini bersumber dari energi fosil terus mengalami penurunan pasokan dan berbagai macam isu lingkungan akan penggunaan energi fosil. Salah satu yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menggunakan energi yang memungkin diambil kembali. Flywheel Energy Storage System merupakan salah satu yang bisa dikembangkan, dengan adanya energi kinetik yang dimiliki oleh flywheel memungkin untuk menaikkan kapasitas penyediaan energi. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan menguji pembangkit energi berbasis flywheel. Metode perencanaan adalah metode perhitungan elemen mesin. Hasil perhitungan perencanaan pembangkit listrik berbasis flywheel didapatkan kecepatan sudut flywheel (ω) sebesar 181,42 rad/s, momen inersia 0,35 kg/m², torsi 4,28 Nm, energi kinetik 5.825 Joule. Perbandingan putaran (i) motor listrik-flywheel sebesar 1,3 dan flywheel-generator 1, ukuran V Belt motor listrik-flywheel adalah A-43 dan flywheel-generator A-45.


Full Text:

PDF

References


Tangko J, Tandioga R, Djufri I, et al. Analisis Pembangkit Listrik Berbasis Flywheel. Jurnal Teknik Mesin Sinergi 2019; 17: 77–83.

Razali R, Stephan S. Rancang Bangun Mesin Pembangkit Listrik tanpa BBM Berkapasitas 3000 Watt dengan Memanfaatkan Putaran Flywheel. Jurnal Media Elektro 2017; 6: 45–48.

Ariffaiuddin S, Budijono AP. Rancang Bangun Prototype Alat Untuk Meningkatkan Energi Listrik Alternatif Menggunakan Flywheel Generator. Jurnal Rekayasa Mesin 2018; 4: 31–35.

Dobrovolsky V. Machine Elements. Moscow: Peace Publieshers, 1985.

Sularso, Suga K. Dasar Perencanaan dan Elemen Mesin. 12 nd. Jakarta: Pradnya Paramitha, 2008.

Khurmi R, Gupta AJ. Textbook of Machine Design. S. Chand Publishing, 2005.




DOI: https://doi.org/10.35308/jmkn.v8i1.4126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.