ANALISA KERUSAKAN DAN PERBAIKAN TRACK ROLLER PADA EXCAVATOR HITACHI ZAXIS 200 E PT.BEURATA SUBUR PERSADA

irfan irfan, sulaiman ali

Abstract


PT. Beurata Subur Peusada ialah perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan minyak kelapa sawit (PMKS).Untuk mendapatkan produksi minyak kelapa sawit  yang berkualitas dan bermutu maka harus di dukung dengan mesin produksi yang baik. terutama pada alat berat yang banyak mengalami kendala, karena di pengaruhi usia mesin yang sudah berumul lebih dari 10 tahun. Roller berperan buat menopang berat dari excavator serta track pad pada undercarriage. Analisa ini bertujuan buat mengenali tipe kehancuran, aspek pemicu kehancuran, mengenali langkah perawatan serta revisi pada roller Excavator HITACHI ZAXIS 200E. Prosedur pengecekan dicoba dengan melaksanakan performance test yang terdiri dari thermogun test pada tiap bagian komponen undercarriage. Pengecekan pula dicoba secara visual pada undercarriage serta roller. Berikutnya dicoba analisa tipe kehancuran pada roller serta sudah dikenal aspek pemicu rusakannya roller pada excavator. Hasil analisa kehancuran pada roller, ada 2 tipe kehancuran pada roller ialah; yang awal: terjalin kehancuran pada bagian luar komponen roller yang diakibatkan oleh tanah yang melekat serta membeku menyebabkan keausan permukaan pada roller, yang kedua: terjalin kehancuran pada bagian dalam roller diakibatkan oleh floating seal yang di pasang terjalin kebocoran oli menyebabkan keausan bushing serta shaft akibat gesekan. Permasalahan serta kehancuran bisa di mengurangi dengan mempraktikkan perawatan yang pas pada roller semacam mensterilkan saat sebelum merakitnya. Perihal yang berarti merupakan senantiasa bilas serta mengubah pelumas dari roller serta pula zona kerja pula wajib bersih.


Full Text:

PDF

References


Martinus Tegar Praditya. (2021) Analisa Keausan dan umur pakai Undercarriage Excavator PC200-2 Komatsu pada komponen track shoe, track roller dan carrier roller dengan diagram fishbone, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

sdhianto, I. (2018). Analisa Kerusakan dan Perbaikan Roller Pada Excavator XGMA XG822EL. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 5–24.

United Tractor. 2011. Final Drive & Undercarriage, Basic Mechanic Course.Jakarta:

PT United Tractor Tbk.

Soesanto. 2014. Fungsi dan Klasifikasi Undercarriage.

Akbar, S., Anhar, W. 2018. Kajian Hasil Pengukuran Undercarriage Bulldozer Komatsu D375A-5 di PT. Pama Persada Nusantara site Batukajang. Kalimantan Timur: Politeknik Negeri Balikpapan.

Fariz Mafazi, (2018) Analisa Potensi Gangguan Kerja, Dan Penyebab Kerusakan Roller Excavator, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Regu Pengembang Vokasi. 2016.”Final Drive & Undercarriage”. Surakarta: Sekolah Vokasi.

Jati, Hidayah. 2011. Peningkatan Perawatan Komponen Undercarriage Alat Berat. Depok: Universitas Indonesia




DOI: https://doi.org/10.35308/jmkn.v7i2.4351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.