Peningkatan Produktivitas Line Assembly Disc brake A Menggunakan Analisa Keseimbangan Lintasan ( Studi Kasus di PT.XYZ)

Solihin Solihin, Murwan Widyantoro, Akhmad Fadillah

Abstract


PT. XYZ merupakan perusahaan bergerak di bidang komponen otomotif kendaraan roda dua dan roda empat. Komponen yang dihasilkan oleh PT. XYZ adalah rem (brake) kendaraan.  Masalah yang dihadapi PT. XYZ adalam ketidakseimbangan lini perakitan  rem cakram (disc brake)-A, hal ini  menghasilkan produktivitas total  83,87%, lebih rendah dari target yang ditetapkan  90%. Ketidakseimbangan pada  produksi line disc brake-A disebabkan oleh waktu kerja pada tiap stasion kerja tidak merata. Waktu proses  yang tidak merata mengakibatkan kemacetan pada beberapa  stasiun kerja sehingga menimbulkan waktu menunggu atau waktu mengganggur. Tujuan dari penelitian ini adalah memperbaiki keseimbangan lintasan pada perakitan disc brake-A. Analisa keseimbangan lintasan pada penelitian ini menggunakan metode Killbridge-Wester Heuristic. Hasil penyeimbangan lintasan produksi menggunakan metode Killbridge-Wester Heuristic mengurangi jumlah stasiun kerja yang ada dari 4 stasiun kerja menjadi 3 stasiun kerja sehingga produktivitas total  lini perakitan rem cakram A meningkat dari 83,87% menjadi 92,40%.

 


Full Text:

PDF

References


Adeppa, A., 2015, Study on Basics of Assembly Line Balancing. International Journal on Emerging Technologies. 6(2): 294-297.

Azwir, H.H., & Pratomo, H.W., 2017, Implementasi Line Balancing Untuk Peningkatan Efisiensi di Line Welding, Studi Kasus PT. X. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, Vol 6, No 1. hal. 57-64

Basuki, M., Hermanto,M.Z., Aprilyanti, S., Junaidi, M., 2019, Penancangan Sistem Keseimbangan Lintasan Produksi Dengan Pendekatan Metode Heuristic, Jurnal Teknologi, Vol 11, No 2. hal 117- 126.

Dharmayanti, I., & Marliansyah, H., 2019, Perhitungan Efektifitas Lintasan Produksi Menggunakan Metode Line Balancing. Jurnal Manajemen Industri dan Logistik, Vol 03, No 1. hal. 43-54.

Ekoanindiyo, F.A. dan Helmy, L., 2017, Meningkatkan Efisiensi Lintasan Kerja Menggunakan Metode RWP dan Killbridge Western. Jurnal Dinamika Teknik, Vol X, No 1. hal 16 – 26.

Gresik Kusumadewi, S., 2012, Penyelesaian Masalah Optimasi dengan Teknik-Teknik Heuristik. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Ma’arif, S., Nurhajati dan Wahono, B., 2018, “Analisis Efisiensi dan Efektivitas Layout Fasilitas Produksi Keripik Dengan Menggunakan Metode Line Balancing Pada CV. Saluna”. E-Jurnal Riset Manajemen. hal. 1-13.

Margaretha, G., 2017, Perbaikan Keseimbangan Lintasan Bagian Final Assembly Water Pump Menggunakan Metode Theory of Constraint dan Tabu Search PT. PMI. Skripsi Departemen Teknik Industri Universitas Sumatra Utara.

Naomi, A, T., 2016, Perbaikan Lintasan Produksi Pada PT. Sri Intan Karplas Industry Menggunakan Teori of Constraint (TOC), Skripsi, Departemen Teknik Industri Universitas Sumatra Utara




DOI: https://doi.org/10.35308/jmkn.v8i1.4530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.