MEKANISME KINCIR ANGIN SEBAGAI SUMBER ENERGI

Riya Safitri, Sudarti Sudarti, Yushardi Yushardi

Abstract


Sumber energi merupakan sesuatu yang terjadi pada sekitar yang dapat menghasilkan sebuah energi. Sumber energi dibagi menjadi dua bagian,  yaitu sumber energi terbarukan dan  sumber energi tidak terbarukan. Sumber energi terbarukan yakni energi yang dapat dikembangan atau diperbarui dengan mengkolaborasi suatu energi, sedangkan energi tidak terbarukan yakni energi yang tidak dapat diperbarui. Contoh dari sumber energi tidak terbarukan yaitu minyak bumi, gas alam, batu bara, dan nuklir. Dalam Penelitian ini akan menggunakan metode studi literatur dari berbagai macam jurnal yang telah dikumpulkan. Jurnal tersebut berisi tentang informasi dari bahan satu dengan yang lainya sehingga dapat mengetahui perbedaan dari masing masing jurnal. Kincir angin ialah sebuah alat yang dapat dimanfaatkan oleh manusia, kekuatan angin untuk diubah menjadi energi mekanik sehingga akan terjadi pergerakan pada alat tersebut. Pada proses ini yang menghasilkan energi gerak menjadi energi energi listrik. Untuk membuat kincir angin membutuhkan alat dan bahan yang harus disusun melalui sebuah proses, sehingga dapat diketahui proses cara kerja dari kincir angin tersebut.


Full Text:

PDF

References


Azhar, M. (2018). Implementasi Kebijakan Energi Baru dan Energi Terbarukan Dalam Rangka Ketahanan Energi Nasional. Adminitrative Law & Governance Journal, 1(4): 398-412.

Kholiq, I.(2015). Pemanfaatan Energi Alternatif Sebagai Energi Terbarukan UNTUK Mendukung Subtitusi BBM. Jurnal IPTEK, 19 (2): 75-91.

Lubis, Z. (2018). Metode Baru Merancang Sistemmekanis Kincir Angin Pembangkit Listrik Tenaga Angin. Journal of Electrical Technology, 3(3): 136-166.

Mawardi, Z. Hasrudy dan Siregar. (2020). Rancangan Kincir Angin Prototipe 18 PU 400. Jurnal VORTEKS, 01(01): 30-43.

Subandi, A,. (2016). Pembangkit Listrik Tenaga Angin Dengan Manfaat Kecepatan Angin Rendah. Seminar Nasional Inovasi dan Aplikasi Teknologi di Industri(SENIATI): 111-115.

Saputra, D., A. Jannifar, dan Fakhriza. (2022). Rancang Bangun Mekanisme Trasmisi Daya Kincir Angin Penggerakan Pompa Air Manual. Jurnal Mesin Sains Terapan, 6(1) 18-21.

Sabila, A, Z., D. Sukmawati, R. R. Ayu, N. Nana. (2022). Prinsip Kerja Gerak Melingkar pada Kincir Angin: Sebuah Kajian Fisika Sekolah. Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan, 3(2): 74-80.

Silitoga, A, S dan H. Ibrahim. (2020). Bahan Ajar Energi Baru dan Terbarukan. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Untoro, N., F. A. Rahmadi, dan T. Aji. (2016). Pengembangan ENGEMBANGAN Kincir INCIR Angin Sebagai Pengerak Pompa Air. Jurnal Teknik Sipil, 5(3): 223 - 230

Yunginger, R., Nawir, N. Sune. (2015). Analisi Energi Aangin Sebagai Energi Alternatif Pembangkit Listrik Di Kota Di Gorontalo. Jurusan Pendidikan Fisika: Universitas Negeri Gorontalo




DOI: https://doi.org/10.35308/jmkn.v9i1.6632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.