ANALISIS HUBUNGAN INTENSITAS PANAS ENERGI MATAHARI DENGAN PROSES FOTOSINTESIS PADA TANAMAN PADI

Sinta Mayasari, Sudarti Sudarti, Yushardi Yushardi

Abstract


Intensitas cahaya merupakan kuat cahaya yang dipancarkan oleh suatu sumber cahaya. Tujuan dari penelitian ini ialah menganalisis hubungan antara intensitas cahaya yang dihasilkan oleh matahari dengan proses fotosintesis. Dalam penelitian ini digunakan metode studi literatur dari berbagai jurnal yang telah dikumpulkan. Jurnal berisi tentang informasi dari pengaruh intensitas terhadap oksigen yang dihasilkan dan pertumbuhannya sehingga dapat diketahui hubungan antara satu dengan yang lain. Tanaman padi adalah bahan utama yang digunakan dalam penelitian. Penentuan intensitas cahaya dilakukan dengan cara menganalisis besarnya intensitas cahaya matahari yang ada pada bahan. Dengan adanya analisis tersebut maka manusia dapat memanfaatkannya untuk memprediksi pertumbuhan tanaman.

Kata Kunci: Intensitas Cahaya, Tumbuhan Padi


Full Text:

PDF

References


Song, A. N. (2012). Evolusi fotosintesis pada tumbuhan. Jurnal Ilmiah Sains, 12(1), 28-34.

Sukmawati, T., Fitrihidajati, H., & Indah, N. K. (2015). Penyerapan karbon dioksida pada tanaman hutan kota di Surabaya. Lentera Bio, 4(1), 108-111.

Lupitasari, D., Melina, M., & Kusumaningtyas, V. A. (2020). Effect of Light and Temperature Based on the Photosynthetic Characteristics of Ceratophyllum demersum as a Phytoremediation Agent. Jurnal Kartika Kimia, 3(1), 33-38.

Prasetia, A. A., Jazilah, S., & Badrudin, U. (2022). Pengaruh Sistem Tanam terhadap Pertumbuhan dan Produksi beberapa Varietas Tanaman Padi (Oryza sativa L.). Biofarm: Jurnal Ilmiah Pertanian, 18(1), 53-61.

Dewi, A. Y., Putra, E. T. S., & Trisnowati, S. (2014). Induksi ketahanan kekeringan delapan hibrida kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) dengan silika. Vegetalika, 3(3), 1-13.

Khakim, M., Pratiwi, S. H., & Basuki, N. (2019). Analisis Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Padi (oryza Sativa L.) Pada Pola Tanam Sri (System of Rice Intensification) Dengan Perbedaan Umur Bibit Dan Jarak Tanam. Jurnal Agroteknologi Merdeka Pasuruan, 3(1).

Yustiningsih, M. (2019). Intensitas cahaya dan efisiensi fotosintesis pada tanaman naungan dan tanaman terpapar cahaya langsung. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 44-49.

Zahara, F., & Fuadiyah, S. (2021). Pengaruh Cahaya Matahari Terhadap Proses Fotosintesis. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Biologi. 1(1),1-4.

Gusira, G., & Sudarto, A. N. P. (2021). Pengaruh Lama Penyinaran Matahari Terhadap Potensi Produksi Padi Berdasarkan Analisis Spasial di Kabupaten Malang. Jurnal Tanah dan Sumberdaya Lahan. 8(1), 51-60.

Suci, C. W., & Heddy, S. (2018). Pengaruh intensitas cahaya terhadap keragaan tanaman Puring (Codiaeum variegetum) the effect of light intensity in performance of croton plant (Codiaeum variegetum). Jurnal Produksi Tanaman, 6(1), 161-169.




DOI: https://doi.org/10.35308/jmkn.v9i1.6681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.