Analisis Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Fisika terhadap Mekanisme Pembangkit Listrik Tenaga Angin

Auliatul Azizah, Yushardi Yushardi, Sudarti Sudarti

Abstract


Angin adalah aliran gas berskala besar yang disebabkan oleh rotasi bumi dan perbedaan udara di sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pemahaman mahasiswa Pendidikan Fisika terhadap mekanisme pembangkit listrik tenaga angin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif untuk mempelajari fenomena yakni dengan mengumpulkan data dari mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2022 Universitas Jember. Penentuan sampel dengan kuota sampel sebanyak 50 mahasiswa. Periode penelitian adalah November 2022 dengan kuesioner yang terdiri dari 10 pertanyaan. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner (gogle form) yang dibagikan melalui Whatsapp. Hasil survey dari populasi yaitu menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa menjawab soal dengan benar, sehingga persentase jawaban yang benar secara keseluruhan adalah 80%. Persentase tersebut menunjukkan bahwa skor termasuk dalam kategori pemahaman yang baik.


Full Text:

PDF

References


Lubis, Z. (2018). Metode baru merancang sistemmekanis kincir angin pembangkit listrik tenaga angin. Journal of Electrical Technology, 3(3): 163 -166.

Hayuningrat, H. W., Sudarti. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Fisika tentang Potensi Pemanfaatan Angin sebagai Sumber Energi. Pancasakti Science Education Journal, 6(2): 52-56.

Murniati, M. E., Sudarti. 2021. Analisis Potensi Energi Angin sebagai Pembangkit Energi Listrik Tenaga Angin di Daerah Banyuwangi Kota Menggunakan Database Online-BMKG. Jurnal Surya Energy, 6(1): 9-16.

Mulkan, A., Nazaruddin, M, Abd. 2022. Analisis Pemanfaatan Energi Angin sebagai Sumber Pembangkit Energi Listrik. JITU (Jurnal Ilmiah Teknik UNIDA, 3(1): 74-83.

Anieting, A. E., & Mosugu, J. K. (2017). Comparison of quota sampling and snowball sampling. Indian Scholar: An International Multidisciplinary Research e-Journal, 3(3) : 33-36

Herlina, V. (2019). Panduan praktis mengelola data kuisioner menggunakan SPSS. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Isdiyarto, Henry, A., Sugeng, P. (2014). Model pembangkit listrik tenaga angin dan surya skala kecil untuk daerah perbukitan. Jurnal Sains dan Teknologi (Sainteknol, 12 (1) : 16-22.

Adam, M., Harahap, P., & Nasution, M. R. (2019). Analisa pengaruh perubahan kecepatan angin pada pembangkit listrik tenaga angin (PLTA) terhadap daya yang dihasilkan generator DC. RELE (Rekayasa Elektrikal dan Energi) : Jurnal Teknik Elektro, 2(1) : 30-36.

Prasetyo, A., D. Notosudjono, H. Soebagja. Studi Potensi Penerapan dan Pengembangan Pembangkit listrik Tenaga Angin di Indonesia.

Widyanto, S. W., S. Wisnugroho, M. Agus. 2018. Pemanfaatan Tenaga Angin Sebagai Pelapis Energi Surya pada Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid Di Pulau Wangi-Wangi. Seminar Nasional Sains dan Teknologi, 13(3): 1-12.

Hetharia, M., S. Hernowo, S. Irianto, K. Wicaksono. 2021. Pemanfaatan Energi Angin Untuk Menghasilkan Listrik. Jurnal Voering, 6(2): 45-57.

Rahmi, N. A., Sudarti. 2021. Persepsi Mahasiswa Terhadap Potensi Pemanfaatan Angin sebagai Sumber Energi Di Sepanjang Pantai Selatan Jawa. Edu Fisika; Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1): 56-63.

Al Hakim, R. R. 2020. Model Energi Indonesia, Tinjauan Potensi Energy Terbarukan untuk Ketahanan Energi Di Indonesia: Literatur Riview. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1): 1-11.

Laili, B. N., Sudarti. 2021. Analisis Pengetahuan Mahasiswa Pendidikan Fisika tentang Pemanfaatan Angin sebagai Sumber Energi Di Pantai Selatan Jawa. Edu Sains; Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 9(1): 84-97.




DOI: https://doi.org/10.35308/jmkn.v9i1.6697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.