Rancang Bangun Alat Pelebur Sampah Plastik Jenis PET Berbahan Bakar Oli Bekas

Achmad Hata, Ilham Azmy, Hilman Dwi Adityo, Murhaban Murhaban

Abstract


Bertambahnya jumlah populasi manusia di dunia cenderung menambah jumlah produksi sampah yang dihasilkan. Sampah yang belum dapat diolah dikarenakan beberapa keterbatasan, tentunya menyebabkan timbunan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) semakin meningkat. Berdasarkan data pada tahun 2020 tercatat 67,8 juta ton timbunan sampah yang ada di Indonesia. Sampah yang dihasilkan memiliki waktu terurai yang cukup lama, khususnya sampah anorganik. Sampah anorganik yang paling banyak digunakan ialah sampah plastik jenis Polietilena Tereftalat (PET). Untuk mengurangi timbunan sampah plastik PET tersebut, maka pada penelitian ini dilakukan proses rancang bangun alat pelebur sampah plastik jenis PET. Metode untuk proses rancang bangun tersebut menggunakan teknik perancangan yang dilanjutkan dengan proses pembuatan alat pelebur sampah plastik PET. Hasil dari penelitian ini berupa alat pelebur sampah jenis PET yang memiliki dimensi 553 x 565 x 886 milimeter yang menggunakan limbah oli bekas sebagai bahan bakar utamanya. Alat ini dapat bekerja dari hasil pembakaran oli bekas dan uap jenuh yang dihasilkan dari proses pendidihan air.  Kalor yang dihasilkan dari pembakaran oli bekas memiliki nilai 182,2 kJ dan uap jenuh 141,512 J/s. Uap jenuh yang dihasilkan dari pendidihan air akan meningkatkan tekanan dan suhu dari proses pembakaran oli pada pipa keluaran api yang secara langsung memanaskan ruang peleburan. Dengan demikian, alat pelebur sampah plastik PET ini diharapkan akan dapat mengurangi jumlah timbunan sampah plastik yang ada di lingkungan sekitar.


Full Text:

PDF

References


D. Alighiri, M. N. Yasin, B. Rohmawati, dan A. Drastisianti, "Processing of recycled waste PET (polyethylene terephthalate) plastics bottle into for the lightweight and reinforcement bricks," Journal of Physics: Conference Series, vol. 1321, no. 2, 2019.

M. Mokhtar et al., "Investigating the Utilisation of Plastic Bottle as Aggregate Replacement for Concrete Block," Journal of Physics: Conference Series, vol. 1049, 2018.

M. K. Eriksen, J. D. Christiansen, A. E. Daugaard, dan T. F. Astrup, "Closing the loop for PET, PE and PP waste from households: Influence of material properties and product design for plastic recycling," Waste Management, vol. 96, pp. 75-85, Aug 1 2019.

Pribadyo dan F. Teguh, "Rancang Bangun Alat Pengolah Limbah Plastik Berbahan Bakar Biomassa," Jurnal Mekanova, vol. 5, no. 2, pp. 40-49, 2019.

K. R.S. dan G. J.K., A Textbook of Machine Design. New Delhi: Eurasia Publishing House (PVT.) Ltd., 2005.

Sularso dan S. Kiyokatsu, Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita, 2008.

W. Achmad dan A. I. N. Ludra, "Designing Plastic Cupes Ring Cutting Machine To Increase Productivity," Logic: Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi, vol. 18, no. 2, pp. 56-63, 2018.

Y. R. Ilmal, U. M. Lazuardi, P. S. Haryo, P. A. Bagus, and P. B. Hari, "Studi Perancangan Pisau Pada Mesin Pencacah Plastik Menggunakan Finite Element Analysis," JTT (Jurnal Teknologi Terapan), vol. 7, no. 1, pp. 44-53, 2021.

A. Eko, K. Ahkmad, dan S. Widyani, "Rancang Bangun Mesin Pencacah Jerami dengan Kapasitas 25 Kg/Jam," Jurnal Rekayasa Mesin, vol. 8, no. 2, pp. 51-54, 2013.

S. Herdi, B. Abu, dan Syuhada, "Rancang Bangun Mesin Pemotong Padi Multifungsi," Jurnal Mekanova, vol. 3, no. 5, pp. 137-146, 2017.

P. Hilda dan Darmuji, "Perancangan Mesin Pencacah Tumbuhan Nilam Dengan Menggunakan Pisau Planer," TEKNIKA: Jurnal Teknik, vol. 7, no. 2, pp. 175-185, 2020.

N. Noviyanti, P. D. Septyangga, S. Sopan, dan R. Nicolaus, "Rancang Bangun Mesin Pencacah Sampah Organik Rumah Tangga," Rekayasa Hijau: Jurnal Teknologi Ramah Lingkungan, vol. 3, no. 3, pp. 169-178, 2019.




DOI: https://doi.org/10.35308/jmkn.v9i2.6825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.