MENINGKATKAN EFISIENSI PENGGUNAAN LISTRIK MOTOR CONTROL CENTER (MCC) PLTP MENGGUNAKAN SYSTEM AUTOMATIC ELECTRONIC (SAE) DI PT PGE AREA KARAHA

Mansur Khudhori, Ivany Sarief

Abstract


Abstrak

Upaya pemerintah dalam menjaga kestabilan energi nasional melalui program peningkatan pasokan dan penghematan energi harus didukung oleh seluruh lapisan masyarakat, dan termasuk di sisi hulu[1]. Penelitian ini menganalisis tentang potensi persentase penghematan energi listrik disisi hulu yaitu  disektor pembangkit.

Dalam penelitian ini akan membahas tentang potensi penghematan energi listrik own use di PLTP Karaha 1 Pertamina Geothermal Energy yang berlokasi di kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. Dalam menunjang operasional PLTP Karaha unit 1, diperlukan kegiatan patrol check yang berfungsi untuk memantau kondisi peralatan pembangkit untuk memastikan peralatan penunjang pembangkit dalam kondisi yang optimal. Namun dalam aktualnya, ketika kegiatan patrol check sudah selesai dilaksanakan, lampu ruangan atau indoor lighting dibiarkan menyala selama 24 jam selama terus menerus dikarenakan design engineering lampu saat prosess EPC (Engineering Procurement Construction). Maka dirancanglah sebuah sistem kontrol untuk mengoperasikan indoor lighting secara otomatis menggunakan sensor Passive Infra Red (PIR) dan modul Arduino Mega 2560.

Pembuatan program pada arduino dilakukan menggunakan aplikasi arduino IDE. Pada aplikasi arduino IDE menunjukan program inisialisasi library (sensor) dan inisialisasi pin pin yang digunakan pada arduino. Program yang dibuat pada aplikasi arduino IDE adalah program untuk mengontrol On-Off lampu, tampilan LCD meliputi jumlah orang yang masuk ke ruangan MCC, waktu On lampu dan energi total kWh. Dengan menggunakan metode ini diharapkan dapat menjadi solusi penghematan penggunaan energi listrik indoor lighting.

 

Kata kunci : PLTP, Own use, Indoor Lighting, sensor PIR, Arduino ATMega 2560


Full Text:

PDF

References


P. Teknologi Lingkungan, B. Gedung, K. Puspiptek Serpong, and T. Selatan, “Penghematan Listrik Rumah Tangga dalam Menunjang Kestabilan Energi Nasional dan Kelestarian Lingkungan Household Electricity Savings to Support National Energy Stability and Environmental Sustainability ARIF DWI SANTOSO, MUHAMMAD AGUS SALIM,” 2019.

H. Meilani, D. Wuryandani, P. Panas Bumi, K. Kunci, E. Panas Bumi, and K. Pemerintah, “POTENSI PANAS BUMI SEBAGAI ENERGI ALTERNATIF PENGGANTI BAHAN BAKAR FOSIL UNTUK PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK DI INDONESIA.” [Online]. Available: http://www.esdm.go.id/siaran-pers/55-siaran-pers/3271-pelaksanaan-program-prioritas-

A. Rohmatika Dwi Mardika and Z. Satrio Nugroho, “RANCANG BANGUN OTOMATISASI SISTEM PENERANGAN PADA GEDUNG INFORMASI ARTIKEL ABSTRAK,” vol. 14, no. 1, 2022, doi: 10.5281/zenodo.64.

A. Sjah Lamtari, D. Suryadi, J. Teknik Elektro, and F. Teknik Universitas Tanjungpura, “Rancang Bangun Penerangan Otomatis Berdasarkan Gerak Tubuh Manusia.”

D. Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia and E. Juni, “KONSERVASI ENERGI 2020 EnMS 12 340 59359 TMS ISO 50001 : 2018.”

Jurnal_Rezaldi_Lagonggan_13021103011, ''Studi Efisiensi Penggunaan Energi Listrik Di Perseroan Terbatas Multi Nabati Sulawesi Unit Maleo,” E-journal Teknik Elektro dan Komputer Vol. No. (2020).

P. Studi Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro, “ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN ENERGI LISTRIK DENGAN AUDIT ENERGI Shalahuddin Miqrad.”




DOI: https://doi.org/10.35308/jmkn.v9i1.7197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.