Penerapan Metode SAW pada Aplikasi Menentukan Lokasi untuk Pembangkit Listrik Mikro Turbin Bayu Berbasis Web

TEUKU ZULFADLI, GUNTUR SYAHPUTRA, FACHRI YANUAR RUDI

Abstract


Angin merupakan sumber energi terbarukan yang banyak disediakan oleh alam, pemanfaatan angin sebagai  pembangkit listrik merupakan cara yang paling efisien dan ramah lingkungan. Penentuan lokasi merupakan hal yang sangat penting karena berpengaruh terhadap kinerja turbin yang akan dibangun. Studi Kelayakan biasanya terlebih dahulu dilakukan untuk pembangunan turbin angin skala besar, akan tetapi bagi pembangunan yang memiliki sumber daya terbatas akan kesulitan melaksanakan tahap studi kelayakan. Penerapan metode SAW pada sebuah aplikasi berbasis web akan membantu menentukan bagi yang ingin membangun PLMTB dengan keterbatasan dalam menentukan lokasi baik pengetahuan dan pendanaan. Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kecepatan Angin, Stabilitas angin, Jenis Turbin, Topologi Lokasi dan Tinggi tiang. Pada penelitian ini telah berhasil ditentukan alternatif terbaik ada pada A1 dengan nilai 1 yang dapat dilihat pada aplikasi.        

 

 

Kata kunci—SAW, SPK, Penentuan Lokasi, PLTMB

 


Full Text:

PDF

References


M. N. Habibie, A. Sasmito, and R. Kurniawan, “Kajian Potensi Energi Angin Di Wilayah Sulawesi Dan Maluku,” J. Meteorol. DAN Geofis., no. 2, pp. 181–187, 2011.

A. Putra and M. F. Pratama, “Implementasi Metode Simple Additive Weighting (Saw) Untuk Penentuan Lokasi Atm Baru,” J. JUPITER, Vol. 8 No. 1 April 2016, Hal. 27 - 38, vol. 8, no. 1, pp. 27–38, 2016.

N. Eka P, S. Widya Sihwi, and R. Anggrainingsih, “Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Lokasi Usaha Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW),” J. Teknol. Inf. ITSmart, vol. 3, no. 1, p. 41, 2016, doi: 10.20961/its.v3i1.648.

M. F. Buraerah, “Penerapan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Dalam Menentukan Karakteristik Lahan Terbaik Untuk Tanaman Ubi Jalar (Ipomoea batatas L.),” Smart Comp Jurnalnya Orang Pint. Komput., vol. 9, no. 2, pp. 80–84, 2020, doi: 10.30591/smartcomp.v9i2.1916.

T. Zulfadli and A. Mulkan, “Studi kelayakan energi matahari-angin (hybrid) sebagai sumber daya pompa air untuk sistem pengairan di kawasan Aceh Besar (Visibility study of hybrid solar-wind energy to power up the pump for the irrigation system in the District of Aceh Besar),” J.POLIMESIN. Vol. 17, No. 2, pp. 61-66, 2019.

H. Gorlov and D. Penambahan, “Pengaruh sudut serang terhadap kinerja turbin angin heliks gorlov dengan penambahan curveplate,” SAINTEKNOL, vol. 18, no. 1.




DOI: https://doi.org/10.35308/jmkn.v9i1.7632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.