PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PRAKTIKUM RANGKAIAN SERI PARALEL MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS JEMBER

Ridha Amalila Choir, Nabila Salsabila, Niken Noviana Mahmudiyah

Abstract


Sebagian mahasiswa pendidikan fisika universitas Jember meyakini bahwa mata pelajaran fisika sulit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan praktikum rangkaian seri paralel mahasiswa semester 2 pendidikan fisika Universitas Jember. Variabel penelitian yang digunakan yaitu motivasi belajar sebagai variabel bebas dan kemampuan praktikum rangkaian seri paralel sebagai variabel terikat. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang berfungsi untuk mengetahui seberapa persen / tingkatan pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan praktikum rangkaian seri paralel mahasiswa semester 2 pendidikan fisika Universitas Jember. Metode analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji analisis regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menyebarkan kuesioner, karena dalam penelitian ini peneliti melakukan uji pada mahasiswa dengan memberikan soal fisika rangkaian seri paralel, kemudian mahasiswa mengerjakan soal tersebut. Adapun soal-soal terdiri dari soal uraian. Penelitian ini dilakukan di Universitas Jember dengan menggunakan sampel mahasiswa semester 2 program studi Pendidikan Fisika. Adapun jumlah mahasiswanya yaitu sebanyak 40 mahasiswa. Indikator motivasi belajar meliputi motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Pengumpulan data motivasi dilakukan melalui kuesioner dengan 10 pertanyaan. Kemampuan praktikum mahasiswa berdasarkan nilai praktikum semester 2 pada materi rangkaian seri paralel. Hasil analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar intrinsik sebesar 0,000 terhadap kemampuan praktikum rangkaian seri paralel. Selain itu tidak terdapat pengaruh indikator ekstrinsik sebesar 0,947 terhadap kemampuan praktikum rangkaian seri paralel.

Full Text:

PDF

References


Beauty, C., Bektiarso, S., Prastowo, S. H. B. 2021. Pengaruh Minat dan Motivasi terhadap Aktivitas dan Kesiapan Belajar Fisika Siswa SMAN 1 Sukomoro. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Aplikasi Pendidikan. 7 (1) :136.

Anggia, P. 2023. Analisis Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Journal of Physics Education. 2(10) :20.

Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.Sekretariat Negara. Jakarta.

Surahmat, Z., Sardi, A., & JN, M. F. (2023). A Chapter Review: Selecting Language For Materials Writing:(The Routledge Handbook of Materials Development for Language Teaching- Routledge). AlIrsyad: Journal of Education Science, 2(1), 15-24.

Imron, R. H. Dan Sahyar. 2019. Analisis Pengaruh Motivasi Belajar dan Sikap Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di SMA. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Medan. 5(20) :28.

Lidawa, U.M., Rahman, M. H., Salim, A. 2021. Pengaruh Motivasi dan Keyakinan Belajar Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Media Animasi. Jurnal Pendidikan MIPA. 6 (2) :78.

Salim, A. 2019. Peran Motivasi Belajar dan Kemampuan Numerik terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Fisika Dasar 1. Jurnal Pendidikan MIPA. 4(1) :70.

Maiyena, S. Imamora, M., Putri, E. R.2020. Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Konstruktivisme untuk Kelas X SMA. Journal of Teaching and Learning Physics. 5(1):2

Wibowo, T. B. S. 2021. Pengaruh Daya Juang dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika (Survei Pada SMAN di Kota Bekasi). Jurnal Pendidikan MIPA. 4(1):2-3.

Firdaus, Pisnaji, M. A., Azzahra, S., Sidqi, M. F. K. 2021. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar di SMA N Kota Jambi. Jurnal Pendidikan MIPA. 11(2) : 6.




DOI: https://doi.org/10.35308/jmkn.v9i2.7676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.