Analisis Aspek Edukatif Dan Aspek Teknis Alat Peraga Lengan Hidrolik Sebagai Penerapan Konsep Hukum Pascal

Adinda Nina Eka Sakti, Amallia Rizky, Defi Nurdiana Aprilia, M. Miftu Khurizil A

Abstract


Penelitian ini mengkaji lebih dalam terkait pembuatan alat peraga lengan hidrolik. Tujuan pembuatan alat peraga ini dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran bagi peserta didik dan memudahkan guru dalam memberi penguatan pada materi hukum pascal. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (research and development) guna menciptakan suatu produk yang selanjutnya diuji kelayakannya. Dalam penelitian ini juga menampilkan hasil validasi dosen terhadap kelayakan alat peraga dalam kegiatan pembelajaran. Instrumen pengambilan data yang digunakan ialah lembar validasi terhadap aspek edukatif dan aspek teknis lengan hidrolik. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dalam aspek edukatif diperoleh hasil validasi sebesar 91,42% yang dapat dikategorikan bahwa alat peraga sangat valid. Hal ini berarti alat peraga mampu memfasilitasi pemahaman peserta didik pada materi konsep hukum pascal. Sedangkan dalam aspek teknis diperoleh hasil validasi sebesar 83.29% yang dapat dikategorikan bahwa alat peraga sangat valid. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa alat peraga lengan hidrolik memiliki tingkat kevalidan yang sangat tinggi baik dari aspek edukatif maupun teknis. Hal ini menunjukkan bahwa alat peraga ini efektif dalam mendukung proses pembelajaran siswa dan memenuhi standar teknis yang diperlukan untuk penggunaan yang aman dan efektif. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan alat peraga lengan hidrolik yang efektif dan relevan dengan kebutuhan pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana..

Pangke, R., Rende, J. C., & Komansilan, A. (2021). Pengembangan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran Penerapan Konsep Hukum Pascal Untuk Peserta Didik Kelas Viii Di Smp Negeri 1 Sitimsel. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 75–82. https://doi.org/10.53682/charmsains.v2i2.110

Andi Rustandi, & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546

Hartini, T. I., & Ermawati, R. (2022). Pengujian Validasi Alat Peraga Instalasi Listrik 1 Phase dalam Perkuliahan Fisika Dasar 2. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah ( JIPFRI ). 6(2): 107–112.

Zaidah B.S., Susilawati., dan Sutrio. 2022.Validitas perangkat pembelajaran berbasis masalah berbantuan alat peraga suhu dan kalor untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik. Jurnal Kependidikan Fisika. 10 ( 2 ) : 40 – 41.

Alatas, F., dan W. Astuti. 2019. Developing Simple Teaching Aids On Static Fluid Material As A Learning Media For Physics. Jurnal Pendidikan Fisika. 7(2): 201 – 202..

Riduwan. 2011. Skala Pengukuran Variabelvariabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sumirat Dyah Wulandari, Undang Rosidin, dan Abdurrahman. 2013. Pengembangan Alat Peraga Fisika Pada Materi Viskositas Sebahai Media Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 1 (4).




DOI: https://doi.org/10.35308/jmkn.v9i2.7734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.