Analisis Perbandingan Aerodinamika pada Struktur Lingkaran dan Segitiga Sama Sisi

Sudarmanto Jayanegara, Baso Riadi Husda

Abstract


Abstrak

Studi ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan aerodinamika antara struktur ruang berbentuk lingkaran dan segitiga dalam konteks aliran udara. Melalui simulasi Komputasi Dinamika Fluida (CFD) dan pengujian wind tunnel, penelitian ini menganalisis karakteristik aliran udara di sekitar kedua bentuk ruang tersebut. Dalam hal ini pula bertujuan untuk membantu dan memahami pengaruh bentuk geometris terhadap performa aerodinamika, termasuk distribudi aliran udara dan resitansi. Metodologi simulasi CFD dari kedua bentuk untuk mengetahui model kecepatan aliran yang terbentuk dan pengujian di wind tunnel dengan parameter kecepatan aliran udara yang ditetapkan untuk kondisi sesuai standar. Hasil simulasi menunjukkan variasi aliran udara di sekitar permukaan kedua bentuk dengan profil kecepatan yang berbeda tergantung pada geometri serta hasil pengujian di wind tunnel menunjukkan hasil perbedaan resistansi yang berbeda pula dari kedua geometri. Hasil analisis dari kedua cara tersebut dapat diterapkan dalam berbagai bidang termasuk desain kendaraan, struktur dan peralatan lain yang memerlukan performa aerodinamika yang optimal. Studi ini menunjukkan bahwa perbandingan aerodinamika antara bangun ruang lingkaran dan segetiga memiliki implikasi penting dalam pengembangan teknologi aerodinamika di masa depan.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alvarez. Antonio J., Felix Nieto., Kenny K.C.S. Kwok., Santiago Hernandez. 2023. A Simplified CFDApproach For Bluff-Bodyy Aerodynamics Under Small Scale Free Stream Turbulent Flow. Volume 24. Journal Of Wind Engineering And Industrial Aerodynamics.

Baghaei, Daemei et al. 2019. Study on wind aerodynamic and flow characteristics of triangular - shaped tall buildings and CFD simulation in order to assess drag coefficient. Ain Shams Engineering Journal 10 (2019) 541–548

Bertin, John J., dan Russel M. Cummings.Aerodynamics For Engineers Fifth Edition. ISBN-10: 0-13-235521-3. Pearson Education International. London.

Brown, C dan Davis, M. 2020. The Impact of Wind Tunnel Testing on Aircraft Desing. Preceedings of the International Conference on Aerospace Engineering, 45-53. New York.

Chandrala, Monir., Abhishek Choubey, dan Bharat Gupta. 2012. Aerodynamics Analysis Of Horizontal Axis Wind Turbine Blade. Vol 2, Issue 6. ISSN : 2248-9622. International Journal Of Engineering Research and Applications (IJERA).

D. Anderson, JR. John. 2017. Fundamentals of Aerodynamics, Sixth Edition. ISBN 978-1-259-12991-9. McGraw-Hill Education, 2 Penn Plaza, New York.

Derlyartha, dan Muhammad Ade. 2023. Analisis Aliran Fluida Variasi Model Ahmed Body Car Menggunakan Ansys Fluent. Universitas Islam Malang.

Hospodár, P., Drábek, A., Prachar, A. 2022. Aerodynamic Design and Strength Analysis of the Wing for the Purpose of Assessing the Influence of the Bell-Shaped Lift Distribution. Article Aerospace, 9, 13. https:// doi.org/10.3390/aerospace9010013

Husda. Riadi Husda, Sudarmanto Jayanegara, Muhammad Agung, Hasbullah. 2023. Pengaruh Variasi Kecapatn Aliran Fluida Terhadap Tekanan Pada Bangun Lingkaran Di Ruang Uji Wind Tunnel. Vo. 7. Issue 1. Patria Artha Technological Journal.

Sam, Jhon, Joshua., Tony Suryo Utomo. 2017. Analisis Aerodinamika Body Mobil Hemat Energi Antawirya Residual-Sat Dengan Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamics. Jurnal Teknik Mesin S-1, Vol. 5, No. 1

Tarakka, R. et al. 2022. Pengaruh Penerapan Kontrol Pasif Aliran Pada Analisis Komputasi Hambatan Aerodinamika Model Kendaraan. Prosiding SNTTM XX, 13 Oktober 2022

Yi Li., Yi Zhu., Fu-bin Chen., dan Qiu-Sheng Li. 2023. Aerodynamics Loads Of Tappered Tall Buildings : Insight From Wind Tunnel Test and CFD. Volume 56. Structures.

Zainul, Rahardian. 2018. Desain Geometri Sel PV. Pp. 1-161. ISBN 978-602-50881-7-9. Berkah Prima. Padang.




DOI: https://doi.org/10.35308/jmkn.v9i2.8409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.