Kajian Penggunaan Energi Surya Dan Energi Bayu Sebagai Penggerak Pompa Air-Tanah Untuk Pengairan Pertanian

Maidi Saputra, Andi Yusra, Ahmad Syuhada

Abstract


Pada saat musim kemarau para petani harus bersusah payah menyiram tanaman pertanian mereka, karena harus mengangkat air dari sumur. Untuk mengairi lahan pertanian dengan menggunakan tenaga badannya untuk mengangkat air ke lahan pertanian, hal ini sangat tidak efektif kerja petani dalam menghasilkan produk pertanian. Banyak dari mereka yang tidak dapat menggunakan pompa air karena lahan pertanian jauh dari sumber energi listrik. Teknologi pompa air tenaga angin adalah sebagai energi alternatif yang dapat mengatasi hambatan tersebut. Daya turbin angin diubah menjadi tegangan listrik yang mengaliri baterai untuk menggerakkan pompa air. Intensitas sumber daya angin di wilayah Aceh dan sekitarnya sangat berpotensi untuk mengerakkan pompa. Kecepatan angin maksimum menurut data yang dikumpulkan selama setahun, terjadi pada bulan Oktober dan Desember yaitu sebesar 5.8 m/s dan kecepatan angin minimum terjadi pada bulan September yaitu sebesar 3.4 m/s. Tegangan baterai yang dihasilkan bervariasi terhadap kecepatan dan rpm dari turbin angin, tegangan minimal sebesar 11 volt dan maksimal sebesar 18 volt. Debit air yang dihasilkan juga bervariasi terhadap tegangan yang keluar dari inverter untuk menggerakkan pompa, debit air minimal sebesar 0.09355 l/d serta debit air maksimal sebesar 0.37667 l/d.

Kata Kunci : Pengairan pertanian, Pompa pertanian, daya angin, listrik tenaga angin dan penyimpanan air


Full Text:

PDF

References


. Ahmad Syuhada , Hamdani, dan Razali, 2012, Simulasi dan Pengukuran Unjuk Kerja Sistem Pompa Air-Energi Surya, Jurnal Teknik Mesin Program Magister Teknik Mesin Unsyiah, pp.

. Hamdani, Irwansyah, Sarwo Edhy, 2009., Pembuatan Kincir Bayu Penggerak Pompa Air dan Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos Guna Mengatasi Rawan Kemiskinan di Gampong Labui Kabupaten Pidie., Laporan Akhir Program IbM, Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Unsyiah.

. Hamdani and Irwansyah, 2010, Wind Power Generator for Small Scale Ice Factory for Economy Development at Rural Area in Aceh, Indonesia, Journal of Energy & EnvironmentUniversiti Tenaga Nasional,Vol 2, No 1, pp-6-8.

. Omcon., 2006, Feasibility Assessment for the Replacement of Diesel Pumps with SolarPumps., Ministry Of Mines And Energy Barrier Removal To Namibian Renewable Energy.

. Razali Thaib, 2012, Perencanaan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Hibrida Energi Bayu-Surya Pada Unit Pengolahan Ikan Skala Kecil. Tesis Program Studi Magister Teknik Mesin Unsyiah Banda Aceh

. Yandra Shivrath, P. Badari Narayana, Srikanth Thirumalasetty, Dr.E.Laxmi Narsaiah, 2012, Design & Integration of Wind-Solar Hybrid Energy System for Drip Irrigation Pumping Application, International Journal of Modern Engineering Research (IJMER), Vol.2,Issue.4,pp-2947-2950.




DOI: https://doi.org/10.35308/jmkn.v3i1.860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.