Perancangan Mesin Pendingin Inovatif untuk Cold Storage Kapal Nelayan Berkapasitas 4 Ton

Sudarmanto Jayanegara, Muh. Ridha Ali Kadir, Sungkono Sungkono, Baso Riadi Husda

Abstract


Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki potensi ikan sekitar 6,4 juta ton pertahun dan yang boleh ditangkap 80% atau 5,12 ton pertahun. Hasil tangkapan ikan oleh para nelayan memerlukan tempat penyimpanan yang memungkinkan ikan dapat disimpan lebih lama (1-2 minggu), sehingga dibutuhkan cold storage. Penelitian ini dirancang sebuah cold storage dengan kapasitas ikan sebesar 4 ton yang bertujuan untuk menghitung dan merancang beban pendinginan untuk cold storage kapal nelayan dengan kapasitas 4 ton ikan dan  menganalisis hasil rancangan cold storage. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data ukuran kapal nelayan sebagai dasar perhitungan dimensi cold storage. Mesin pendingin cold storage yang direncanakan mampu menampung 5184 kg ikan, dikarenakan bak terisi ikan sebanyak 60 %, dengan beban pendingin 16,65 kW untuk mencapai temperatur yang diinginkan yakni -1 °C. Dinding cold storage tersusun atas plat aluminium, pipa tembaga dan isolasi sehingga udara dingin mengalir ke bagian dalam bok cold storage, dengan kerja kompresor sebesar 33,5736 kJ/kg, kalor yang diserap evaporator sebesar 123,684 kJ/kg, kalor yang dilepaskan kondensor sebesar 157,2526 kJ/kg, daya kompresor yang dihasilkan sebesar 4,5197 kW atau sebesar 3,372 Hp dengan Coefficient Of Performance (COP) sebesar 3,684. Pada rancangan cold storage digunakan kompresor dengan daya sebesar 4 Hp sesuai dengan beban pendingin yang dilengkapi dengan sensor suhu (thermostat) yang berfungsi apabila suhu pada bak cold storage mencapai -1°C secara automatis mesin genset akan berhenti beroperasi dan bila suhu naik 1°C mesin akan kembali beroperasi, sehingga dapat menghemat penggunaan bahan bakar .


Full Text:

PDF

References


Gerungan, L.K. 2016. Penegak Hukum di Wilayah Perairan Indonesia. Lex et Socoetatis, 4 (5).

Nugraha, Aditya Taufan & Irman. 2014. Perlindungan Hukum Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) terhadap Eksistensi Indonesia Sebagai Negara Maritim. Jurnal SELAT, Vol 2. No. 1.

Khoirunnisah. 2016. Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Perikanan dan Kontribusi Subsektor Perikanan Terhadap Pdrb di Kabupaten Lumajang. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Selan, Rima Nindia. 2022. Desain Cold Storage untuk Pembekuan Ikan Laut Menggunakan Perangkat Lunak Coolselector®2. LONTAR Jurnal Teknik Mesin UNDANA. ISSN Print: 2356-3222 ISSN Online : 2407-3555.

Ir, Dr. Masyamsir, M,Eng Modul program keahlian budidaya Ikan. Mentri Perikanan. 2001 (Ernawati Jassin) kajian eksperimental nilai kondutivitas thermal dan panas spesifik beberapa jenis ikan.

J. P. Holman. (1984). Perpindahan kalor edisi kelima. Penerbit Erlangga. Jl. Kramat IV No.11 jakatra pusat.(Anggota IKPI).

Cengel, Yunus.A.2020. Heat Transfer and Mass 2nd Edition. Mc-Graww-Hill Education, New York, NY.

Himsar Ambarita. (2011). Kontak Perpindahan Panas Dari Pipa AC Dan Air Di Dalam Tangki. Universitas Sumatera Utara. From By : www.repository.usu.ac.id/Perpindahan Panas.pdf.




DOI: https://doi.org/10.35308/jmkn.v10i1.9287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.